Shopping

Pahami Apa Saja Hak Konsumen Agar Tidak Salah Kaprah!

Apa saja hak konsumen yang bahkan nilai-nilainya diperingati setiap tahun di berbagai negera di dunia? Untuk menjawab pertanyaan mengenai apa saja hak konsumen, Bob akan mengajak kamu kilas balik ke tahun 1962. Tak hanya di Indonesia, hari hak konsumen diperingati setiap tahunnya di tanggal 15 Maret yang sangat dipengaruhi oleh mantan Presiden Amerika, John F. Kennedy, pada tanggal 15 Maret 1962.

Disampaikan oleh Presiden Kennedy, konsumen adalah kelompok ekonomi terbesar yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh hampir setiap keputusan ekonomi publik dan swasta. Presiden Kennedy mengangkat isu tentang konsumen ini salah satunya karena konsumen adalah salah satu kelompok penting yang pandangannya seringkali tidak didengar. Consumers International, sebuah organisasi yang memperjuangkan hak-hak konsumen internasional kemudian menetapkan tanggal 15 Maret sebagai hari hak konsumen sedunia.

Dengan adanya peringatan hari hak konsumen sedunia ini menjadi pengingat sekaligus momentum untuk meningkatkan perlindungan konsumen di berbagai negara termasuk Indonesia. Tak hanya menjadi peringatan semata, penting juga bagi masyarakat untuk mengetahui apa saja hak konsumen yang mereka miliki agar tidak mudah diperdaya. Di kesempatan kali ini Bob akan kenalkan satu per satu apa saja hak konsumen yang kamu miliki. Yuk simak informasinya seperti berikut ini!

Apa Itu Konsumen?

Sebelum kita membahas apa saja hak kosumen, mari kita pelajari definisi dari kata pembeli. Konsumen adalah semua pihak yang menggunakan atau memakai barang atau jasa yang ada di masyarakat. Barang dan jasa tersebut dapat digunakan baik itu untuk kepentingan pribadi, orang lain, maupun lainnya dan tidak untuk dijual kembali. Oleh karena itu bisa dibilang jika pembeli merupakan pengguna akhir dari suatu barang ataupun jasa.

Jenis Jenis Konsumen

Agar mempermudah pembahasan mengenai apa saja hak pembeli, alangkah lebih baik untuk kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenis pembeli. Jenis pembeli ini terbagi menjadi dua bagian yaitu konsumsn perorangan dan konsumen organisasi.

Konsumen Perorangan

Jenis pembeli yang pertama adalah pembeli yang membeli atau menggunakan suatu produk baik itu barang maupun jasanya untuk keperluan diri sendiri atau juga dikenal dengan sebutan end user.

Konsumen Organisasi

Jenis pembeli yang kedua adalah pembeli organisasi yang memiliki karakteristik membeli atau menggunakan suatu produk baik itu barang maupun jasa untuk keperluan operasional organisasi tersebut. Pembelian barang dan jasa ini salah satunya adalah untuk memenuhi keperluan agar perusahaan atau organisasi tersebut dapat beroperasi.

Hak dan Kewajiban Konsumen

Di bagian ini Bob akan menjelaskan secara detail apa saja hak pembeli dan mengapa hak-hak pembeli ini begitu penting. Perlu kamu ketahui bahwa poin-poin mengenai apa saja hak pembeli ini pun sudah dijelaskan di dalam undang-undang perlindungan konsumen. Berikut adalah informasi lebih lengkap mengenai apa saja hak dan kewajiban pembeli.

Apa Saja Hak Konsumen:

  • Konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan serta keselamatan dalam penggunaan produk tersebut baik itu barang maupun jasa.
  • Konsumen memiliki hak atas pilihannya terhadap barang atau jasa sesuai dengan nilai tukar uang dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan informasi yang benar, jelas dan jujur terkait kondisi dan jaminan barang atau jasa yang dibeli.
  • Konsumen memiliki hak untuk didengar pendapat serta keluhan terkait barang atau jasa yang digunakan
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan atau upaya penyelesaian masalah atau sengketa perlindungan pembeli secara patut
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan pembinaan serta pendidikan
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan serta pelayanan yang baik dan jujur juga tidak diskriminatif
  • Konsumen memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi serta penggantian apabila barang atau jasa yang diterima tidak sesuai
  • Hak-hak yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan lainnya.

Pembahasan Mengenai Hak Konsumen

Dengan adanya penjelesan mengenai hak pembeli di atas, pembeli diharapkan dapat mengetahui apa saja informasi penting terkait produk yang dibelinya sebelum melakukan transaksi. Di sisi lain produsen atau penjual pun tidak diperbolehkan untuk menutupi beberapa informasi terkait produk maupun layanannya.

Selain itu pembeli pun memiliki hak penuh dalam memilih barang yang akan digunakan atau dikonsumsi dan memiliki hak untuk meneliti kualitas dan berbagai faktor lainnya. Pastikan juga sebagai sorang pembeli kamu mendapatkan produk dengan kondisi yang sesuai dengan kesepakatan di awal karena ini merupakan hak kamu sebagai pembeli.

Jika kamu menemukan adanya ketidakadilan terhadap pembeli yang dirugikan oleh produk-produk yang ternyata tidak sesuai standar atau kualitas maka kamu pun memiliki hak untuk meminta ganti rugi. Seringkali banyak pembeli yang sungkan dan ragu untuk melakukan beberapa tindakan di atas. Faktanya beberapa tindakan di atas merupakan hak seornag pembeli yang juga diatur dalam peraturan Undang-Undang.

Apa saja Hak konsumen

Apa Saja Hak Kosumen: Kewajiban Konsumen

Tak hanya hak pembeli, kamu juga bisa meemukan pembahasan mengenai kewajiban pembeli di dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 5 yang isinya seperti berikut ini:

  • Pembeli wajib membaca serta mengikuti segala petunjuk informasi maupun prosedur penggunaan atau pemanfaatan barang dan jasa, demi keamanan serta keselamatan.
  • Pembeli juga harus mempunyai itikad baik saat melakukan transaksi pembelian barang dan jasa.
  • Pembeli wajib membayar pembelian barang dan jasa sesuai dengan nilai yang sudah disepakati sebelumnya.
  • Pembeli juga wajib untuk mengikuti upaya penyelesaian hukum dari sengketa maupun permasalahan perlindungan pembeli secara patut.

Dengan adanya Undang-Undang perlindungan pembeli mengenai hak pembeli ini diharapkan semua hak pembeli di Indonesia dapat dilindungi. Namun selain hak pembeli, penting juga bagi seluruh pembeli di Indonesia untuk mengetaui kewajibannya agar baik itu pembeli dan pelaku usaha dapat mengetahui perannya masing-masing sehingga tidak ada yang dirugikan.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Bobobox adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin!

Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Kombinasi dari ketenangan alam yang dibalut dengan sentuhan teknologi membuat pengalaman menginap kamu menjadi tidak terlupakan. Dengan menyediakan aktivitas petualangan yang menarik sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat lokal, Bobocabin siap menjadi bagian dari gaya hidup baru kamu. Yuk segera pilih dan pesan tanggal menginap kamu lewat aplikasi Bobobox!

Interior Bobocabin

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles