Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa itu Terapi Seni? Cara Baru Atasi Stres dan Kecemasan

Apa itu terapi seni? Mungkin pertanyaan ini muncul di benak kamu saat mendengar kombinasi antara terapi secara medis dan juga seni. Terapi seni adalah salah satu bidang yang tergolong cukup baru dibidang medis. Seperti yang kita semua ketahui, membuat karya seni maupun menikmati karya seni sama-sama memiliki efek penyembuhan.

Hal inilah yang kemudian menjadi dasar diciptakannya terapi seni yang dapat digunakan untuk penyembuhan terutama sebagai perawatan paliatif pasien kanker. Terapi seni faktanya dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai apa itu terapi seni? Yuk kita pelajari besama apa itu terapi seni lewat penjelasan berikut ini!

Apa Itu Terapi Seni: Manfaat Terapi Seni untuk Pasien Kanker

@reoveme.com

Terapi seni adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk memberi dukungan emosional dalam membantu orang yang sedang menghadapi kondisi berat. Dalam hal ini terapi seni dapat membantu pasien pasien tang tengah melawan penyakit kanker, penyakit kronis lain, maupun pasien dengan gangguan mental.

Terapi kesenian yang umumnya digunakan untuk pasien kanker diantaranya adalah terapi seni visual seperti membuat gambar atau objek yang memiliki makna pribadi. Perlu untuk kamu ingat, terapi seni tak bertujuan untuk mendorong pasien kanker menciptakan karya seni yang cantik untuk dipamerkan.

Terapi ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang mengidap penyakit kronis dan memiliki masalah kesehatan mental yang kurang baik, salah satunya untuk pasien kanker. Terapi ini hadir untuk mengurangi masalah mental yang terjadi sehingga pasien bisa fokus dengan pengobatan penyakit utamanya.

Kegiatan seni ini umumnya dilakukan untuk membantu pasien dalam melepaskan emosi dalam dirinya. Oleh karena itu mereka yang menjalani terapi seni ini tak perlu ahli dalam bidang seni untuk dapat mengikuti terapi ini.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga; Salah Satunya Bisa Cegah Kanker

Penelitian Mengenai Terapi Seni

Sebuah penelitian yang tertulis di Journal of Psychosocial Oncology menjelaskan efek terapi seni pada wanita yang menjalani radioterapi untuk kanker payudara.

Studi ini mengungkapkan bahwa terapi seni faktanya mampu membantu meningkatkan kemampuan pasien dalam mengatasi beban maupun tekanan. Stres dan tekanan ini umumnya adalah sesuatu yang menimbulkan kecemasan selama proses medis sehingga proses pengobatan menjadi tidak maksimal.

apa itu terapi seni
@harianmetro.com

Hasil terapi seni memberi efek secara langsung terhadap pasien yang kemudian dapat meningkatkan kualitas hidup pasien pengidap kanker payudara tersebut.

Selain itu sebuah survei di Inggris tahun 2013 melaporkan bahwa 92% orang dengan kanker yang menggunakan terapi seni merasakan bahwa terapi seni ini sangat bermanfaat bagi mereka. Mayoritas dari pasien kanker ini menyatakan bahwa terapi seni berhasil membantu mereka dari berbagai perasaan yang tidak menyenangkan.

Terapi seni juga membantu memberi dukungan saat mereka merasa cemas dan jauh dari orang-orang yang mereka cintai. Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa melukis dapat mengubah pola gelombang, hormon, dan sinyal di otak.

Dalam beberapa penelitian tentang terapi seni, diketahui bahwa lanskap atau gambar mengenai pemandangan alam seperti gunung, lembang, sungai dan lain sebagainya merupakan tema seni yang paling banyak diekspresikan.

Selain pemandangan alam, banyak juga yang menyukai gambar abstrak dan juga melukis menggunakan jari langsung. Kesimpulannya tidak ada aturan ataupun ketetapan khusus mengenai bagaimana terapi seni dilakukan karena setiap individu memiliki ketertarikan yang berbeda.

Baca Juga: 7 Tumbuhan Obat yang Dipercaya Mencegah Kanker Payudara

Apa Itu Terapi Seni: Cara Melakukan Terapi Seni Untuk Pasien Kanker

Lalu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat terapi seni? Tak hanya terbatas pada menggambar dan melukis seperti penjelasan di atas, ada banyak aktivitas seni yang bisa dilakukan. Beberapa aktivitas seni ini diantaranya adalah aktivitas melukis, menggambar, atau memahat.

Melakukan kegiatan seni dengan fokus faktanya memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan perasaan, memahami perasaan, dan mengurangi stres. Seperti yang dijelaskan sebelumnya di atas, tidak ada teknik khusus yang direkomendasikan dalam menerapkan terapi seni untuk pasien kanker.

Penggunaan alat dan gaya dalam membuat seni seperti apapun bisa dimanfaatkan untuk mencapai rasa bahagia dan kedamaian.

Apa Itu Terapi Seni
via Freepik

Cara Melakukan Terapi Seni

Saat melakukan terapi seni, hal yang sangat penting diperhatikan adalah pemilihan tempat yang nyaman di rumah atau di sekitar kamu. Beberapa orang mungkin lebih menyukai melakukan terapi seni ini sambil mendengarkan musik atau menyukai melakukan kegiatan seni dengan kerabat untuk berkomunikasi.

Sebagian lainnya mungkin lebih menyukai mengerjakan karya seni di tempat yang sunyi tanpa adanya suara apapun. Lalu bagaimana cara terbaik untuk memulai terapi seni? Cara memulai terapi seni yang paling baik adalah dengan langsung memulainya tanpa harus membayangkannya dulu dalam pikiran detail gambar yang akan diekspresikan.

Hal ini menjadi cara paling ekspresif dalam terapi seni. Selain melakukan terapi seni ini sendiri di rumah, terapi seni juga bisa dilakukan bersama terapis atau teman-teman sekelompok yang memiliki tujuan yang sama. Jika kamu menggunakan terapis, terapis bukan akan mengajarkan kamu cara menggambar atau melukis.

Fungsi terapis hanya lebih untuk membantu menuntun kamu dalam mengeksplorasi perasaan, mengembangkan kepercayaan diri, dan kesejahteraan diri. Terapi seni ini bisa kamu lakukan minimal 60 menit selama beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan secara rutin.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like