apa itu smarthome

Apa Itu Smarthome? Ini Beberapa Device yang Kamu Butuhkan

Apa itu smarthome dan bagaimana konsep smarthome bekerja? Smarthome atau konsep rumah pintar adalah salah satu inovasi teknologi yang dapat mempermudah berbagai aktivitas di dalam rumah. Perkembangan teknologi banyak membawa kepraktisan dalam berbagai bidang kehidupan tak ketinggalan dalam urusan domestik alias rumah.

Kepesatan perkembangan teknologi menjadi tuntutan pengembang dalam membangun produk perumahan maupun apartemen baru yang modern dan ramah teknologi. Ingin mengenal lebih dekat apa itu smarthome dan apa saja kelebihan juga kekurangannya? SImakn penjelasan berikut ini!

Apa Itu Smarthome System?

Singkatnya smrathome merupakan penerapan konsep rumah berbasis teknologi. Dalam arti lain teknologi menjadi salah satu faktor pendukung yang disematkan dalam rumah dan memiliki fungsi untuk mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh, dari mana saja, dan kapan saja. Berbagai pengaturan rumah ini dapat dilakukan dengan mudah  mengandalkan koneksi internet dengan perangkat seluler (smarthphone) sebagai media/remotnya.

Beberapa pengaturan yang bisa diatur diantaranya adalah akses keamanan ke rumah, suhu ruangan, pencahayaan, mengaktifkan AC, mematikan TV bahkan home theater dari jarak jauh. Meskipun terdengar futuristik, smarthome secara tampilan tidak nampak berbeda dengan rumah konvensional pada umumnya.

Selain mempermudah pengaturan rumah, smarthome juga memiliki fitur dalam mempercantik ruangan dalam rumah dengan mudah. Contohnya penyematan fitur mood lamp di sistem smart home yang berfungsi untuk mengubah warna lampu di dalam ruangan. Selain mengubah warna lampu, kamu juga bisa mengatur seberapa terang atau redup lampu tersebut sesuai dengan kebutuhan si penghuni rumah. Seru dan praktis! Lalu apa sajakah fungsi dan tujuan pengaplikasian konsep smarthome?

Apa Itu Smarthome: Menghemat Energi dan Uang

Mengenal Kondisi Keuangan Pasangan Sebelum Menikah

Ilustrasi Uang / Foto oleh Micheile Henderson dari Unsplash

KSetelah membaca penejalan di atas kamu mungkin mengira bahwa pengaplikasian konsep smarthome ini akan banyak menghabiskan energi listrik dan juga boros secara materi. Faktanya pengaplikasian sistem smarthome ini memiliki fungsi utama menghemat energi dan uang dengan sistem pengatur suhu udara otomatis.

Smarthome umumnya memiliki termostat cerdas mengotomatiskan pendinginan rumah dengan cepat dan tepat yang bisa mengurangi tagihan listrik. Selain itu berbagai produk smarthome lainnya  seperti lampu dan peralatan yang terhubung bisa memakai lebih sedikit daya dengan mematikannya saat tidak digunakan. Dijamin hemat listrik!

Apa Itu Smarthome: Kenyamanan Ekstra

Selain menghemat energi listrik juga ramah di kantong, sistem smarthome juga memberikan kenyamanan ekstra bagi penghuni rumah. Kamu akan merasa dimudahkan dengan berbagai fitur smarthome yang sederhana seperti menggunakan smart lighting yang dapat dihidupkan dan dimatikan menggunakan perintah suara, penyetelan lokasi, deteksi sensor, atau bahkan timer sederhana.

Baca Juga: Percantik Rumahmu dengan Jenis-Jenis Sukulen Berwarna Merah Berikut Ini!

Apa Itu Smarthome: Keamanan dan Keselamatan

Apakah sistem smarthome aman untuk digunakan? Sistem smarthome faktanya menawarkan fitur keamanan dan kesalamatan tambahan yang dapat menambah kenyamanan dan ketenangan kamu saat berhuni. Kamu bisa mengaplikasikan sistem alarm untuk melindungi rumah kamu. Selain itu lampu, kamera, dan bahkan bel pintu dengan sistem smarthome dapat terhubung danmembantu membuat rumah lebih aman.

Apa Itu Smarthome: Menangani Tugas Rutin Rumah Tangga

Apa Itu Smarthome

Memiliki banyak pekerjaan rumah tapi tak ingin mempekerjakan asisten rumah tangga? Kamu bisa andalkan berbagai produk smarthome yang dapat membantu berbagai pekerjaan rumah kamu. Salah satunya adalah mengandalkan mesin cuci yang terhubung dengan sistem smarthome. Dengan begitu kamu bisa mencuci secara otomatis sesuai pengaturan dan waktu yang telah kamu tentukan.

Apa Itu Smarthome: Kelebihan Smarthome

Setelah membaca penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa smarthome menawarkan berbagai kelebihan unuk mempermudah aktivitas kamu sehari-hari di dalam rumah. Kamu bisa mengontrol beragam perangkat seperti lampu dan AC tanpa perlu mencari remotnya masing-masing. Cukup dengan mengandalkan smartphone semua hal bisa dilakukan secara cepat.

Selain itu kamu juga bisa mendapat keuntungan dari penghematan biaya yang signifikan. Dengan fitur smarthome gak ada lagi ungkapan lupa mematikan AC atau lampu saat penghuni sudah meninggalkan rumah.

Apa Itu Smarthome: Kekurangan Smart Home

Apa Itu Smarthome

Lau apakah pengaplikasian sistem smarthome memiliki kekurangan? Faktanya meskipun sistem smarthome dinilai mampu menghemat biaya listrik, terdapat beberapa kekurangan dalam pengaplikasiannya. Salah satu kekurangan sistem smarthome adalah risiko keamanan dan bug yang seringkali mengganggu penggunanya. Di masa serba teknologi ini semakin banyak hacker alias pereteas yang mahir.

Kehadiran hacker ini bisa menjadi ancaman karena mereka dapat saja memiliki kemampuan untuk memperoleh akses ke peralatan rumah pintar yang didukung internet. Namun meskipun demikian kamu bisa menyiasati risiko kemanan tersebut dengan melindungi pberbagai perangkat pintar dengan kata sandi yang kuat dan menggunakan enkripsi jika tersedia. Jangan lupa juga untuk memastikan hanya menghubungkan perangkat terpercaya ke jaringan salah satu penghuni rumah.

Baca Juga: Ingin Kurangi Tagihan Bulanan? Simak 10 Tips Menghemat Listrik di Rumah Ini

Selain itu poin kekurangan smarthome lainnya adalah biaya pemasangan perangkat smarthome yang relatif mahal. Pemasangan perangkat smarthome ini bahkan dapat mencapai puluhan juta untuk sistem nirkabel dan belasan juta untuk sistem kabel. Sistem smarthome harus didukung pula oleh kemampuan dan kondisi listrik yang baik. Sayangnya untuk di beberapa daerah di Indonesia kondisi listrik ini sering tidak stabil.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles