Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa itu Saffron? Kenali Rempah Termahal di Dunia Asal Timur Tengah

Kenali apa itu saffron dan mengapa harganya dibanderol selangit.

Apa itu saffron? Saffron adalah salah satu jenis rempah yang berasal dari sebuah bunga yang umumnya tumbuh dan dapat kamu temukan di negara bagian timur tengah. Bunga saffron ini bukan sembarang bunga. Bunga ini memiliki beragam keistimewaan yang membuatnya menjadi primadona dan diburu oleh banyak orang. Untuk menjawa pertanyaan mengenai apa itu saffron, Bob akan menjelaskan sedikit mengenai karakteristik bunga ini.

Kuma-kuma yang merupakan nama lain dari saffron adalah nama untuk rempah-rempah dari bunga bernama crocus sativus (bunga pacar). Bunga kuma-kuma ini umumnya memiliki jumlah tiga kepala putik yang terletak di luar bunga. Bagian kepala putik inilah yang kemudian akan dikeringkan dan seringkali disebut dengan saffron. Awal mulanya bagian putik atau saffron kering hanya dikenal sebagai salah satu bumbu masakan atau bahan pewarna.

Saat ini saffron sudah banyak dikenal di seluruh penjuru dunia sebagai salah satu bagian bunga yang berharga. Lebih dari bunga-bunga lain pada umumnya, saffron sebenarnya memiliki banyak manfaat dan kegunaan lainnya. Penasaran apa itu saffron, kegunaan, dan harganya yang dikenal spektakuler? Simak informasi mengenai apa itu saffron berikut ini!

Apa itu Saffron: Harga Saffron

Bicara tentang apa itu saffron, Bob akan coba bisikin harganya yang dijamin bikin kamu kaget. Siapa yang bisa menyangka jika bagian putik bunga cantik asal timur tengah ini dibanderol dengan harga yang spektakuler yaitu berkisar antara US$ 2.000 hingga US$ 10.000 atau sekitar Rp 54 juta – 270 juta per kilogramnya!

@Photo by Mohammad Amiri on Unsplash

Mengapa harganya bisa semahal itu? Harga saffron ini bisa melambung tinggi dikarenakan proses pengolahannya yang rumit dan memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dilansir dari laman Business Insider, petani saffron umumnya harus memperkerjakan banyak orang hanya untuk bisa memanen 1,8 kg saffron per hektarnya. Jika sudah demikian maka bisa disimpulkan bahwa untuk mendapatkan 0,5 kg saffron petani membutuhkan 170 ribu bunga crocus sativus untuk dipanen.

Apa itu Saffron: Saffron Untuk Bumbu Masak

Apa itu saffron dan bagaimana saffron bisa digunakan menjadi rempah untuk memasak? Saffron kering memang dikenal sejak lama menjadi salah satu rempah masakan terutama dalam pengolahan nasi briyani agar memiliki warna kuning yang menarik. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, para pakar dan peneliti menemukan bahwa saffron memiliki banyak sekali kegunaan yang tak terbatas sebagai rempah masakan saja.

Selain digunakan untuk memasak nasi briyani, saffron juga dikenal menjadi salah satu bahan untuk membuat kue-kue dan permen. Saffron sendiri memiliki beberapa ciri khas diantaranya adalah warnanya yang merah terang, Dari segi rasa saffron memiliki rasa sedikit pahit dan berbau harum seperti rumput kering yang disebabkan zat kimia bernama picrocrocin dan safranal. Saffron dapat memberi warna kuning keemasan pada olahan masakan nasi briyani karena mengandung crocin yang merupakan salah satu bahan pewarna karotenoid yang membuat makanan menjadi kuning keemasan.

Apa itu Saffron: Saffron Untuk Kecantikan

Apa itu saffron dan hubungannya dengan kecantikan? Canggihnya teknologi dan pesatnya ilmu pengetahuan membuat saffron melebarkan manfaatnya bahkan ke dalam dunia kecantikan. Tak kalah dengan bahan skincare yang umumnya kamu temukan di pasaran, saffron memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat tinggi, lho. Saffron pun dikenal memiliki sifat terapeutik dan kalium yang dapat membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah.

Bagi kamu yang mimiliki masalah kulit seperti kulit yang iritasi, maka perawatan kulit menggunakan saffron bisa menjadi salah satu pilihan. Saffron memiliki manfaat anti-inflamasi yang dapat menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan sekaligus kemampuan anti-jamur yang dapat dimanfaakan untuk mengurangi jerawat. Tentunya agar hasilnya maksimal kamu bisa coba memilih saffron dengan kualitas terbaik.

Saffron juga mengandung senyawa bernama crocin yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Saffron pun bisa kamu gunakan bersamaan dengan bahan lainnya untuk kemudian diaplikasikan ke kulit. Beberapa bahan yang bisa kamu gunakan bersamaan dengan saffron diantaranya adalah madu dan air mawar. Campuran bahan-bahan alami tersebut akan membuat kulit wajah menjadi cerah bersinar dan lembab.

Apa itu Saffron: Manfaat Menangkal Radikal Bebas

Setelah membahas mengenai manfaat saffron terhadap kesehatan kulit selanjutnya Bob akan bahas apa itu saffron dan hubungannya dengan kesehatan tubuh. Saffron faktaya memiliki kemampuan menangkal radikal bebas karena kandungan komponen antioksidannya yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Apa itu Saffron: Menurunkan Nafsu Makan dan Mengurangi Berat Badan

Punya masalah dengan berat badan berlebih? kamu bisa coba saffron untuk menjawab masalah kamu. Apa itu saffron dan khasiatnya terhadap penurunan berat badan? Sebuah penelitian dilakukan terhadap sekelompok wanita yang mengonsumsi suplemen saffron selama 8 minggu. Setelah mengonsumsi saffron selama periode tersebut mereka mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi suplemen saffron.

Apa itu Saffron: Meningkatkan Mood dan Membantu Pengobatan Depresi

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, saffron pun memiliki kemampuan untuk membantu depresi. Dilansir dari  beberapa hasil penelitian yang dilakukan pada pasien depresi faktanya suplemen saffron dapat menjadi tambahan dalam pengobatan depresi ringan hingga sedang. Pengobatan saffron pun dikenal minim efek samping.

Apa itu Saffron: Meringankan Nyeri Haid dan Gejala PMS

Apa itu saffron dan hubungannya dengan kesehatan wanita? Sebuah penelitian menunjukan bahwa kelompok wanita yang mengonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali sehari mengalami gejala fisik dan emosional premenstrual syndrome (PMS) yang lebih ringan dibandingkan kelompok wanita yang tidak mengonsumsi kapsul berisi saffron tersebut.

Apa itu Saffron: Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes

Masih belum cukup puas dengan manfaat dan penjelasan tentang apa itu saffron? Berdasarkan berbagai penelitian, konsumsi saffron sebanyak 30 mg per hari faktanya akan memberikan manfaat bagi kesehatan salah satunya terhadap para penderita penyakit diabetes. bagaimana sudah terjawabkan pertanyaan atas apa itu saffron? Semoga informasinya bermanfaat ya!

Pasti Happy Staycation di Bobobox!

Kamu perlu berpikir panjang untuk membeli saffron karena harganya yang fantastis, namun masalah menginap di Bobobox, kamu tidak perlu pikir panjang. Dijamin nyaman, aman dan tidak menyesal. Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi minimalis dengan harga terjangkau namun penuh dengan fasilitas yang terpadu dengan teknologi canggih. Aksesnya saja contactless. Kamu tidak perlu menggunakan kunci konvensional seperti hotel pada umumnya.

Cukup gunakan QR code yang ada di aplikasi Bobobox di ponsel kamu. No ribet-ribet! Selain itu, kamu juga akan ditemani fasilitas lainnya yang membuat kamu semakin betah berlama-lama di Bobobox. Ada Wi-Fi kencang, Bluetooth speaker, moodlamp, communal area yang bersih, shared bathroom yang rapi dan higienis, serta kawasan bermural yang cocok buat background foto kamu. Tunggu apa lagi? Yuk segera unduh aplikasinya dan dapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan!

bobobox aplikasi

You might also like