@Antaranews

Apa Itu Radang Usus? Waspadai Gejalanya dan Penyebabnya!

Apa itu radang usus? Di kesempatan kali ini Bob akan membahas tuntas mengenai pfakta-fakta, penyebab, diagnosis, dan cara pengobatan penyakit radang usus dengan cukup detail. Apendisitis yang merupakan nama lain dari radang usus buntu merupakan salah satu kondisi darurat medis yang harus ditangani secepatnya agar tidak menyebabkan komplikasi berbahaya.

Penyakit yang satu ini oleh semua orang terutama orang dewasa harus diketahui gejala-gejalanya sehingga bisa mengantisipasi dan mencari bantuan medis jika sewaktu-waktu timbul. Disebut dengan istilah apendisitis atau peradangan usus buntu dikarenakan penyakit ini terjadi saat bagian dalam apendiks atau usus buntu tersumbat. Penyumbatan usus ini bisa disebabkan oleh berbagai infeksi baik itu infeksi dari virus, bakteri, atau parasit di di saluran pencernaan.

Selain itu susus buntu juga bisa terjadi ketika saluran yang menghubungkan usus besar dan usus buntu tersumbat atau terperangkap oleh tinja. Adanya tumor di bagian usus pun dapat menyebabkan radang usus buntu yang membuat area bagian perut bawah akan terasa sakit dan bengkak. Radang usus ini kemudian bisa mengakibatkan peritonitis yang merupakan infeksi serius pada bagian usus.

@KlikDokter

Fakta Radang Usus

Sebelum membahas panjang lebar mengenai apa itu radang usus, Bob akan menjelaskan beberapa fakta umum mengenai penyakit yang satu ini. Apendisitis ini tak hanya bisa dialami orang dewasa tapi dapat dialami semua usia mulai dari anak-anak yang berusia lebih tua hingga orang dewasa usia 30-an. Kondisi ini biasanya paling sering terjadi pada dekade kedua kehidupan. Dalam kasus buruk radang usus dapay membuat pecahnya usus buntu dan menyebabkan infeksi dalam perut atau peritonitis.


1. Apa Itu Radang Usus: Sakit Perut di Area Pusar

Langsung Tidur Setelah Sahur? Lebih Baik Jangan Deh!

Dilansir Health, nyeri radang usus buntu kadang muncul di perut bagian kanan bawah. Namun, tanda awal pertama biasanya berupa ketidaknyamanan dekat area pusar, yang lalu bisa berpindah atau menjalar ke bagian bawah perut. Nyerinya juga akan memburuk bila kamu menggerakkan kaki atau perut, batuk atau bersin, atau saat mengalami goncangan (misalnya selama perjalanan di mobil yang melewati jalanan rusak).

2. Apa Itu Radang Usus: Nyeri Memburuk dengan Cepat

Merasa sakit di bagian perut kamu terasa tidak normal karena tak kunjung hilang? Jika sakit perut kamu tak kunjung hilang maupun timbul mendadak dan memburuk dengan cepat maka kamu harus waspada. Faktanya rasa sakit yang dialami di perut bagian bawah biasanya akan menimbulkan nyeri yang sangat intens dengan cepat dalam hitungan jam.

3. Apa Itu Radang Usus: Demam Ringan dan Menggigil

Apa itu radang usus dan apakah gejalanya hanya berupa sakit di area perut? Faktanya radang usus tak hanya memberikan gejala berupa adanya rasa sakit atau tidak nyaman di bagian perut saja. Pada sebagian besar orang, mereka yang mengalami radang usus juga dapat menunjukkan gejala berupa demam ringan dan juga tubuh yang menggigil.

Jika kamu mengalami sakit perut dengan demam 37,7 derajat Celcius maka kamu tidak perlu khawatir. Namun jika demam mencapai 39,4 derajat Celcius dan kamu merasakan sakit perut cukup parah sampai membuat kamu kesulitan berdiri tegak maka itu mungkin apendisitis.

4. Apa Itu Radang Usus: Mual, Muntah, dan Hilang Nafsu Makan

Apa Itu Radang Usus

Selain dari beberapa gejala yang menjelaskan apa itu radang usus di penjelasan atas, mual dan muntah pun seringkali dihubungkan dengan radang usus buntu. Selain itu penurunan nafsu makan atau menghilangnya nafsu makan bahkan saat ditawari makanan favoritnya juga bisa menjadi hal yang patut diwaspadai. Biasanya gejala ini terjadi karena rasa sakit yang dirasakan hingga menyebabkan hilangnya selera makan.

5. Apa Itu Radang Usus: Konstipasi atau Diare

Gejala yang timbul untuk menunjukkan apa itu radang usus yang sedang kamu alami adalah gejala berupa konstipasi atau diare. Diare ini umumnya tidak parah dan mungkin muncul setelah gejala sakit perut dirasakan. Jika kamu mengaami diare ringan, khususnya bila melihat banyak lendir dalam feses, selain merasakan gejala nyeri perut bagian bawah maka segera periksa ke dokter.

6. Apa Itu Radang Usus: Perut Kembung dan Bergas

Banyak orang yang menyepelekkan perut yang terasa kembung dan bergas dan menganggapnya sebagai penyakit maag atau karena gangguan pencernaan yang biasa. Padahal gejala tersebut bisa menjadi pertanda apa itu radang usus yang sedang kamu alami. Waspadalah jika kamu mengalami perut kembung lebih dari dua hari dan memiliki banyak gas yang disertai dengan sakit usus atau kesulitan mengeluarkan gas.

7. Apa Itu Radang Usus: Nyeri Lepas Tekan

Untuk mengetahui apa itu radang usus yang sedang kamu alami kamu bisa menekan bagian kanan bawah perut. Nyeri lepas tekan atau rebound tenderness terjadi saat kamu menekan bagian kanan bawah perut dan kemudian meninggalkan rasa sakit saat melepaskan tekanan. Jika terasa sakit maka segera periksakan diri ke dokter terutama jika disertai demam, mual, atau gejala lainnya.


Apa Itu Radang Usus: Diagnosis Radang Usus Buntu

Apa itu radang usus dan seperti apa tahapan dokter dalam melakukan diagnosis penyakit ini? Berdasarkan keterangan dari National Health Service, diagnosis penyakit radang usus ini dapat sulit didiagnosis kecuali jika timbul gejala khas. Gejala khas ini biasanya hanya ada pada sekitar setengah dari semua kasus. Dokter umumnya akan menanyakan seputar gejala, memeriksa perut, dan melihat seperti apa itu radang usus yang sedang diderita. Setelah itu akan ditanya apakah nyeri yang dirasakan memburuk setelah area sekitar usus buntu ditekan.

Apa Itu Radang Usus: Pengobatan Radang Usus Buntu

Apa itu radang usus dan bagaimana cara pengobatannya? Berdasarkan keterangan dari Johns Hopkins Medicine,  radang usus buntu merupakan kondisi darurat medis karena angat mungkin usus buntu akan pecah dan menyebabkan infeksi serius yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu pada hampir semua situasi, dokter akan merekomendasikan operasi untuk mengangkat usus buntu. Usus buntu ini mungkin akan diangkat lewat operasi terbuka atau menggunakan laparoskopi.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Sedang gelisah dalam mencari akomodasi penginapan yang nyaman untuk diinapi selama mewabahnya virus corona di Indonesia? Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengunjungi Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini setiap harinya melakukan penyeterilan terhadap fasilitas-fasilitas. Hal ini demi menjaga kenyamanan selama menginap di Bobobox. Tertarik mencoba? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan pod, ya!

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles