mendengarkan musik

Mengenal Apa itu Pop Culture: Definisi, Fakta dan Berbagai Bentuknya

Apa itu pop culture atau budaya pop (cultural popular), diambl dari bahasa Spanyol dan Portugis yang memiliki arti kebudayaaan yang bersumber dari rakyat. Kebudayaan popular ini punya kaitan yang erat dengan masalah keseharian yang dapat dinikmati oleh semua orang. Berdasarkan penuturan dari Ben Agger, sebuah budaya yang akan masuk dunia hiburan maka budaya itu umumnya menempatkan unsur popular sebagai unsur utamanya.

Kebudayaan pop ini diproduksi secara komersial dan tidak ada alasan tertentu untuk berpikir bahwa tampaknya ia akan berubah di masa yang akan datang. Oleh karena itu budaya populer ini sangat bergantung pada berbagai aspek, seperti konsumsi, fashion, politik, dan lain-lain.

Apa itu Pop Culture: Ciri-ciri Budaya Populer

rekomendasi film fashion

Sumber: https://letterboxd.com/film/the-devil-wears-prada/

Tren pop culture adalah sebuah budaya yang menjadi tren dan diikuti atau disukai banyak orang sehingga berpotensi menjadi budaya populer. Tentu saja, tidak semua bentuk budaya atau tren dapat dikatakan sebagai pop culture. Ada beberapa ciri dan karakteristik yang membuat pop culture berbeda dibandingkan bentuk budaya lainnyal.

Ciri-ciri dari pop culture mencakup:

  1. Keseragaman bentuk: saat sesuatu sudah menjadi sebuah tren maka pada akhirnya sesuatu tersebut akan diikuti oleh banyak penjiplak. Dalam pop culture, beberapa karya yang dijiplak ini salah satu diantaranya adalah musik pop (diambil dari kata popular). Musik pop ini memiliki ciri khas notasi nada yang tidak terlalu kompleks dengan lirik lagu yang sederhana dan mudah diingat
  2. Adaptabilitas: umumnya budaya populer mudah dinikmati dan mudah untuk diadopsi oleh masyarakat
  3. Durabilitas: budaya populer akan dilihat berdasarkan durabilitas menghadapi waktu dalam mempertahankan dirinya setelah banyak pesaing kemudian muncul. Oleh karena itu penting bagi sebuah budaya untuk memiliki keunikannya tersendiri.
  4. Profitabilitas: ciri terakhir dari budaya populer adalah memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang besar bagi industri yang mendukungnya

Baca Juga: Kenali Seni Tato Budaya Asli 3 Suku Indonesia Berikut Ini!

Jenis Pop Culture

1) Televisi adalah media eletronik yang berkembang pesat dalam kehidupan masyarakat dan menjadi salah satu ikon budaya populer yang sangat digemari. Televisi tanpa disadari banyak mempengaruhi kehidupan dari berbagai sisi.

2) Fiksi adalah cerita yang dikembangkan dari imajinasi atau secara tersirat. Hal ini membuat budaya populer umumnya menciptakan ribuan fiksi yang dikonsumsi masyarakat.

3) Film adalah serangkaian gambar diam yang ditampilkan pada layar lebar atau sinema kemudian menciptakan ilusi gambar bergerak yang menggabungkan aspek seni dan industri.

4) Surat kabar dan majalah adalah salah satu media cetak yang disajikan untuk menyuguhkan beragam informasi kepada masyarakat lewat bentuk tulisan. Surat kabar dan majalah sangat digemari masyarakat luas dalam menggali berita maupun informasi.

5) Musik pop adalah salah satu genre musik yang sangat populer di kalangan masyarakat. Musik pop ini sangat banyak digemari oleh masyarakat. Sebagai salah satu bentuk budaya populer, musik pop ini sangat mudah dicerna dan diterima oleh kebanyakan masyarakat pada umumnya.

Contoh Budaya Populer

Apa itu Pop Culture

@Korean Dramaland

Budaya populer dapat digambarkan melalui berbagai tindakan sebagai berikut,

1) Pertama, dalam bentuk shopping yang merupakan aktivitas pengisi waktu luang yang paling populer dilakukan oleh masyarakat modern.

2) Demam Korea (Korean wave) merupakan salah satu contoh dari pop culture. Ada banyak sekali komponen- komponen budaya populer Korea ini memiliki pengaruh yang cukup besar pada negara-negara Asia tak terkecuali negara kita Indonesia. Di Indonesia, penyebaran budaya nasional yang bersifat popular Korea atau bermula dari penanyangan beberapa drama Korea pada awal tahun 2000 an.

3) Korean Pop (K-Pop) setelah demam Korea berhasil menguasai berbagai pasar di negara lain termasuk di Indonesia, pada akhirnya banyak masyarakat yang terpikat dengan budaya tersebut. Korea pun kemudian mulai mengembangkan  penciptaan musik Korea yang saat ini dikenal dengan Korean Pop (Musik Pop Korea) disingkat K-pop. Sesuai dengan namanya, Korean Pop music ini adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan

Bobobox Maximum Comfort Banner

Dampak dari Kemunculan Pop Culture

Tidak dapat dipungkiri bahwa pop culture membawa dampak tersendiri bagi perkembangan budaya lain di masyarakat. Tentu saja, sama seperti banyak hal lainnya, pop culture juga memiliki sisi positif dan juga negatif. Berikut ini adalah penjelasannya:

Dampak Positif

a. Kehadiran pop culture memberikan beberapa dampak positif salah satunya membuat masyarakat bergerak maju dari masyarakat tradisional menjadi masyarakat yang modern

b. Budaya populer membuat beragamnya kemunculan model berpakaian. Hal ini kemudian berkontribusi terhadap beragamnya model berpakaian bagi masyarakat. Masyarakat dapat memilih dan menyesuaikan model berpakaian yang mereka inginkan

c. Pop culture membantu masyarakat Indonesia mengetahui budaya lain sehingga masyarakat dapat mengetahui bagaimana budaya yang ada dan berkembang di negara lain

Dampak Negatif

Ada beberapa dampak negatif yang disebabkan oleh budaya popular ini. Pop culture tentunya merupakan kebudayaan baru. Jika intensitas masyarakat mengandopsi budaya popular ini berlebihan maka akan menimbulkan beberapa masalah di tengah masyarakat. Budaya baru tersebut berpotensi untuk bersinggungan dengan budaya asli setempat yang mendorong anak-anak muda untuk lebih mengikuti budaya yang dianggap lebih modern tersebut. Namun di sisi lain budaya populer atau pop culture juga dapat dikolaborasikan dengan budaya dan nilai-nilai asli setempat sehingga menciptakan suatu budaya yang kaya dan sangat beragam.

Pop Culture di Indonesia

Apa itu Pop Culture

Dua Garis Biru via Popbela

Budaya popular di Indonesia sangat beragam dan seringkali berubah setiap waktu. Perubahan ini dan di pengaruhi oleh media massa. Tanpa disadari, generasi muda Indonesia sekarang banyak mengadopsi budaya populer yang diberikan oleh media massa. Beberapa contoh produk dari budaya popular ini diantaranya adalah banyak gaya berpakaian, cara berbicara, cara berpenampilan, dan dalam kehidupan kesehariannya.

Baca Juga: Perkaya Wawasan Dengan Kunjungi Destinasi Wisata Budaya Toba Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles