Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Merasa Kurang Semangat? Yuk Kita Pelajari Tentang Mars Retrograde dan Efeknya di Kehidupan Kita!

Mungkin ini yang bikin kamu jadi cepet marah belakangan ini!

Belakangan ini, banyak berterbaran di media sosial tentang apa itu Mars retrograde dan kenapa hal ini sangat memengaruhi kondisi kita semua secara kolektif. Banyak yang menanyakan apa itu Mars retrograde yang berlangsung dari 9 September sampai 12 November ini mendapatkan jawaban seperti kondisi yang memberi pengaruh pada amarah, produktivitas, gairah dan pace kerja. Untuk kamu yang masih bingung, yuk kita cari tahu apa itu Mars retrograde dan apa itu Mars retrograde effect!

 

Apa Itu Mars Retrograde Secara Ilmiah?

Apa itu Mars Retrograde via NASA

Secara ilmiah, apa itu Mars retrograde bisa dijelaskan dengan perputaran planet ini yang berbalik arah. Jika kamu melihat ke atas di langit timur pada waktu yang sama setiap malam dan memperhatikan di mana Mars ketika dibandingkan dengan konstelasi bintang, kamu bisa menemukan planet tersebut sedikit lebih jauh ke timur pada setiap pengamatan. Artinya, Mars tampak bergerak dari barat ke timur dari satu malam ke malam berikutnya.

Setiap dua tahun sekali, ada beberapa waktu ketika posisi Mars dari malam ke malam tampak berubah arah dan bergerak dari timur ke barat. Perilaku aneh ini sangat membingungkan para pengamat langit pada zaman dahulu. Apakah planet benar-benar berhenti, mundur, berubah pikiran dan kemudian terus bergerak maju? Apakah itu memiliki makna yang aneh dan mistis? Pergerakan planet yang cukup aneh inilah bukti apa itu Mars retrograde.

 

Apa itu Mars Retrograde yang terjadi setiap dua tahun sekali?

Apa itu Mars Retrograde via NASA

Apa itu Mars retrograde? Kenapa kejadian ini terjadi setiap dua tahun sekali? Bumi dan Mars merupakan dua planet seperti mobil balap yang berada pada sebuah trek berbentuk oval. Nah Bumi punya trek pada bagian dalam yang bergerak lebih cepat daripada Mars. Bahkan, Bumi bisa berputar lebih cepat dua kali lipat dibandingkan planet merah ini.

Kira-kira setiap 26 bulan, Bumi muncul dari belakang dan mengambil alih Mars. Saat kita melewati planet merah tahun ini, kita akan melihat Mars bergerak naik turun. Kemudian, saat kita bergerak lebih jauh di sepanjang orbit melengkung dan melihat planet dari sudut yang berbeda, ilusi akan menghilang dan kita akan sekali lagi melihat Mars bergerak dalam garis lurus. Nah gerakan tidak menentu yang tampak jelas pada Mars inilah yang disebut dengan apa itu Mars Retrograde.

 

Apa itu Mars Retrograde Secara Astrologi?

Apa itu Mars Retrograde via Allure

Dalam astrologi, apa itu Mars retrograde bisa dijabarkan sebagai suatu kondisi di mana planet yang mengontrol dua zodiak intens, Aries dan Scorpio, mengalami transits secara balik arah dari biasanya. Retrograde ini biasanya berlangsung selama dua bulan setengah, setiap 26 bulan sekali. Mars, yang pada kisah mitologi merupakan Dewa Ares (Dewa Perang) dan kebalikannya dari Venus, adalah planet yang berhubungan dengan energi maskulin, gairah dan aksi.

Dalam birth chart kita, Mars menggambarkan dorongan dan kemampuan untuk bertindak. Mars pun sering dikaitkan proses mementingkan diri sendiri. Beda dengan Venus, Mars dapat dengan mudahnya untuk beraksi dan fokus kepada “aku”.  Mars sering kali dikaitkan dengan emosi kolerik seperti kemarahan dan frustrasi.

Venus mengontrol sifat-sifat “feminin” seperti perasaan, kecantikan, dan cinta. Sebaliknya, Mars mengontrol sifat-sifat “maskulin” seperti agresi, gairah, tindakan, dan hasrat. Ketika Mars retrograde, area kehidupan kita yang tadi disebutkan jadi lebih sensitif dan mudah terganggu.

 

Apa itu Mars Retrograde Effects?

Siavash Ghanbari via Unsplash

Apa itu Mars retrograde effects untuk kita semua mungkin bisa dilihat dari penjelasan astrologis di atas. Di tempat kerja, kamu mungkin merasa stagnan dan seperti kehilangan motivasi dan produktivitas ketika mencoba untuk bergerak maju. Sederhananya, Mars retrograde ini sangat membuat kepala semua orang pusing tujuh keliling.

Akibatnya, orang jadi lebih mudah untuk marah dan kesal. Bahkan, nggak aneh ketika kamu melihat perkelahian hebat saat Mars retrograde. Akibat kehilangannya keseimbangan ini, seperti karakter Mars, banyak yang mudah kehilangan kesabaran dan mengakhiri banyak hal, seperti hubungan kerja atau bahkan hubungan personal.

Ketika Mars sedang retrograde, sangat mudah untuk merasa kehilangan momentum pada banyak aspek-aspek kehidupan. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini, kondisi mental banyak orang pun sedang berada di badai ombak, naik turun secara drastis. Misalnya kamu merencanakan sebuah acara secara daring, tapi ternyata banyak masalah teknis yang membuat orang-orang harus menunda. Karena semua orang menjadi sensitif, sangat mudah untuk kita semua malah jadi terlibat ke percekcokan yang nggak penting.

Selain itu, Mars juga seringkali dikaitkan dengan benda-benda tajam. Untuk itu, segala hal yang berhubungan dengan benda tersebut seperti potong rambut, menato tubuh atau bahkan akupuntur saja lebih baik di reschedule sampai Mars retrograde ini berakhir.

 

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mengetahui Apa itu Mars Retrograde?

Kevin Laminto via Unsplash

Banyak hal yang bisa kita lakukan setelah mengetahui apa itu Mars retrograde. Karena Mars retrograde kali ini jatuh pada zodiak Aries yang merupakan zodiak pertama, tema besar yang perlu diingat adalah fokus kepada diri sendiri. Daripada makin stres karena kamu kehilangan kesabaran dan marah-marah, ada baiknya kamu mengalihkan fokus tersebut kepada self-care.

Akan banyak konflik yang membuatmu jadi merasa tidak produktif, tapi ini memang bukan waktunya. Melainkan, yang perlu kamu perhatikan adalah introspeksi diri. Jika kamu takut terhadap efek dari Mars retrograde, maka kamu perlu fokus kepada apa yang kamu inginkan dan yang memang kamu butuhkan.

Coba mendekat kepada sisi Venusmu. Mungkin semuanya terasa chaotic. Mungkin kamu terlibat pertengkaran dengan teman dekatmu, atau bahkan pasanganmu. Biarkan perasaan itu mengalir dan perhatikan dirimu sendiri. Coba melakukan berbagai self-care yang seringkali kamu lewatkan seperti merawat rambut, berolahraga atau sekedar mendapatkan istirahat yang cukup.

Gunakan retrograde ini untuk mengatur kembali aspek kehidupanmu yang diatur oleh Mars. Cobalah untuk merencanakan aktivitas yang tenang dan aman bersama orang terdekatmu, seperti quarantine dates. Setelah retrograde ini selesai, kamu jadi dapat mencoba untuk menerapkan perubahan yang kamu pelajari untuk mencapai apa yang kamu mau. One step at a time, ya. Jangan mendorong diri terlalu keras. Semangat!

 

Mumet? Coba Atasi dengan Staycation Bersama Bobobox Yuk!

Makin pusing setelah mengetahui apa itu Mars retrograde? Mungkin itu waktunya kamu untuk santai sejenak. Memang, kadang untuk mendapatkan istirahat di sela kesibukan yang kian hari makin meningkat dan ditambah berita buruk yang sepertinya tidak kunjung habis bisa membuatmu burnout. Untuk itu, coba luangkan waktu di akhir pekan untuk staycation singkat di Bobobox! Dengan beristirahat, tubuh dan otakmu jadi bisa recharged dan siap untuk menghadapi rutinitas kembali! Yuk download aplikasinya sekarang, dapatkan promo menarik dan cek virtual tour Bobobox di sini!

You might also like