Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa Itu Kunyit Putih, Kandungannya dan 10 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaatnya banyak, dari antikanker hingga pereda nyeri haid

Ketika mendengar kata kunyit, sebagian orang mungkin langsung teringat dengan bumbu rempah berwarna oranye yang biasa digunakan untuk memasak. Selain untuk memasak, bumbu dapur yag satu itu juga memiliki banyak manfaat kesehatan sehingga cukup digemari oleh banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa kunyit tidak hanya berwarna oranye? Ada juga lho tanaman bernama kunyit putih dan manfaat kunyit putih pun tak kalah hebat dari kunyit biasa.

Mau tahu lebih lanjut soal manfaat kunyit putih beserta kandungannya? Bob sudah merangkumnya di bawah ini!

Kandungan Dalam Kunyit Putih

Sebelum mengetahui manfaat kunyit putih, kamu juga perlu tahu kandungan apa yang ada di dalamnya serta beberapa informasi lainnya. Kunyit putih merupakan tanaman asli India dan Indonesia namun kini juga sudah dibudayakan di Eropa dan Amerika Serikat untuk diolah kembali.

Secara ilmiah, kunyit putih atau white turmeric dikenal dengan nama curcuma zedoaria. Bentuk, ukuran dan rasanya agak mirip dengan jahe namun ada rasa pahit di akhir. Baunya seperti campuran mangga yang belum matang dan jahe. Sementara itu, bagian luarnya berwarna coklat pucat dan akan menggelap jika semakin matang, sedangkan dagingnya berwarna krem hingga kuning muda.

Di negara-negara Barat, penggunaan kunyit putih sebagai bumbu telah digantikan oleh jahe karena kemiripan rasanya dengan tanaman tersebut. Sementara itu, di wilayah Asia kunyit putih masih sering digunakan misal untuk bumbu kari, bumbu salad, dan sebagainya.

Kunyit putih sendiri sangat bagus untuk tubuh karena kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan tersebut meliputi tianin, pati, kurkumin, minyak asiri, gula, saponin, resin, flavonoid, alkanoid, fenol, zat RIP (Ribosom Inacting Protein), dan masih banyak lagi. Mulai dari obat nyeri saat menstruasi hingga pencegahan kanker, manfaat kunyit putih sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

@National Cancer Institute via Unsplash

Mencegah Kanker

Seperti yang Bob sebutkan sekilas di atas, salah satu manfaat kunyit putih adalah mencegah kanker. Kandungan zat Ribosom Inacting Protein di dalamnya dipercaya mampu mencegah, merontokkan, memblokir hingga menonaktifkan perkembangan sel kanker. Meski begitu, zat tersebut tidak akan merusak sel-sel di sekitarnya. Selain itu, kunyit putih juga dianggap dapat menghambat metastatis kanker (penyebaran kanker dari satu organ ke organ lainnya).

Meski begitu, hal ini sebenarnya masih memerlukan penelitian lanjutan. Namun, kamu tetap bisa mencoba sebagai bentuk anitsipasi. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat mengolah sendiri kunyit tersebut hingga menjadi bentuk halus.

Siapkan dan bersihkan kunyit putih yang akan kamu pakai. Poton kecil-kecil membentuk dadu. Lalu, jemur potongan-potongan tersebut di bawah sinar matahari dan pastikan dijemur sampai kering. Setelah itu, giling sampai halus dan bisa kamu konsumsi sebagai obat.

Antialergi

Manfaat kunyit putih selanjutnya adalah sebagai obat antialergi. Zat kurkumin yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengurangi reaksi alergi. Zat tersebut berfungsi untuk mecegah tumbuhnya protein yang menjadi penyebab peradangan dan mencegah munculnya zat kimia pemicu reaksi alergi (histamin).

Obat Maag

Bagi kamu yang seringkali menderita sakit maag, kamu bisa menggunakan manfaat kunyit putih untuk mengatasinya. Kandungan seperti minyak asiri, gula, saponin, kurkumin, flavonoid, dan lainnya dapat membantu mengurangi keasaman cairan lambung sehingga risiko terserang sakit maag pun menurun.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan meminum air rebusan kunyit putih. Setelah cukup hangat, kamu bisa mencampur air rebusan tersebut dengan madu untuk mengurangi rasa pahitnya. Kamu bisa meminumnya dua kali sehari dengan takaran 50cc sekali minum.

Pereda Nyeri

Kunyit putih juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri pada persendian serta mengobati luka karena terdapat kandungan yang bersifat analgesik (antiinflamasi) di dalamnya. Kunyit putih juga memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengeluarkan zat beracun dari tubuh, terutama pada persendian.

Selain itu, kunyit putih juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam dan meningkatkan produksi keringat. Keringat sendiri merupakan reaksi alami tubuh untuk meredakan suhu kamu tinggi. Nah, sebelum pakai obat kimia, kamu bisa sedia kunyit putih untuk meredakan nyeri ataupun demam kamu.

@Racool_studio via Freepik

Bagus Untuk Kulit

Kamu memiliki masalah kulit kusam dan berjerawat? Kunyit putih juga bisa kamu andalkan untuk mengatasi hal-hal tersebut. Manfaat kunyit putih lainnya adalah membantu mencerahkan wajah karena adanya kandungan vitamin serta pati di dalam tanaman herbal tersebut. Kandungan tersebut dapat membantu mengangkat sel kulit mati serta mengatur produksi zat berminyak sehingga wajah kamu tidak kusam lagi.

Efek antiinflamasi kunyit putih juga bisa dipakai untuk mengobati jerawat sementara kandungan vitamin dan minyak asirinya dapat membantu mencegah penuaan dini. Untuk memperoleh manfaat kunyit putih bagi kesehatan kulit wajah, kamu bisa menggunakannya sebagai masker dan mengaplikasikannya dua kali seminggu untuk hasil maksimal.

Antimikroba dan Antijamur

Selain antialergi, manfaat kunyit putih juga meliputi sifat antimikroba dan antijamur. Esktrak dari kunyit putih dapat membantu melawan bakteri seperti E. coli (penyebab gangguan pencernaan), Staphylococcus Aureus (penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis dan osteomielitis), dan Corynbacterium (penyebab difteri).

Kamu juga bisa menggunakan kunyit putih sebagai obat kumur untuk mengurangi bakteri jahat dalam mulut. Selain itu, kunyit putih juga ampuh melawan infeksi jamur seperti Candida dan Aspergillus serta memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan jamur lainnya yang tahan terhadap obat.

Pereda Nyeri Menstruasi

Kalau kamu kerap kali dilanda nyeri dan tidak nyaman saat menstruasi, kunyit putih bisa jadi pilihan untuk meredakannya. Dengan mengonsumsi kunyit putih, kontraksi rahim yang menjadi penyebab kram perut dapat dilemaskan.

Penawar Racun

Manfaat kunyit putih lainnya adalah sebagai penawar racun ular. Ekstrak kunyit putih diyakini dapat menghambat penyebaran bisa ular. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat menekan pendarahan akibat gigitan ularnya. Kamu bisa menyediakan kunyit putih sebagai alternatif pertolongan pertama jika ada yang tergigit ular di sekitar kamu.

@wavebreakmedia via Freepik

Mengatasi Masalah Pernapasan

Kunyit putih juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan. Contohnya adalah asma, pilek, flu, batuk atau saat dahak dan lendir membuat kamu susah bernapas. Kamu bisa mencampurkan kunyit putih bubuk dengan segelas air atau susu hangat untuk mengobati masalah-masalah tersebut.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain masalah pernapasan, manfaat kunyit putih juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung, sembelit, kolik, cacingan, nafsu makan turun, hingga mencegah peradangan usu. Kamu bisa mengolah tanaman tersebut menjadi minyak esensial untuk merasakan manfaatnya.

Selain penggunaan bahan alami, kesehatan tubuh juga dapat diperoleh jika kamu tidur yang cukup dan berkualitas. Kalau belakangan ini kamu merasa jenuh dengan suasana kamar sehingga tidur kamu terganggu, kamu bisa melarikan diri sebentar ke Bobobox.

Hotel kapsul yang satu ini menawarkan akomodasi nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga semuanya terasa mudah dan simple saat kamu berada di Bobobox. Ada QR code untuk akses kamar jadi kamu tidak perlu repot meminta dan membawa kunci. Selain itu, Bobobox juga punya Wi-Fi kencang yang bisa kamu gunakan untuk berselancar di dunia maya, dijamin gak bosen deh!

Untuk membuat kamu lebih nyaman lagi, kamu bisa menggunakan fitur Bluetooth speaker di dalam kamar agar kamu bisa mendengarkan lagu-lagu favorit kamu. Manfaatkan juga fitur moodlamp agar pencahayaan dalam kamar terasa nyaman untuk aktivitas dan tidur kamu.

Gak akan menyesal deh kalau menginap di Bobobox! Yuk buruan unduh aplikasinya di PlayStore atau App Store dan pilih kamar yang kamu mau.

You might also like