Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenali Apa Itu Gumiho, Siluman Rubah yang Banyak Diadaptasi di Drama Korea

Ternyata berasal dari legenda ratusan tahun lalu lho!

Kalau kamu menggemari K-drama, pasti kata gumiho sudah tidak asing lagi di telinga. Namun, apa itu gumiho sebenarnya? Makhluk sejenis rubah itu sering muncul di berbagai K-drama dan memiliki makna yang simbolik lho. Penasaran sama apa itu gumiho? Simak terus di sini ya bareng Bob!

Sebenarnya, apa itu gumiho?

apa itu gumiho
Photo by Ray Hennessy on Unsplash

Pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apa itu gumiho sebenarnya. Gumiho atau kumiho dalam bahasa Korea berarti rubah ekor sembilan. Makhluk ini sering muncul dan diceritakan di legenda-legenda Korea.

Ia digambarkan sebagai sosok rubah yang dapat berubah bentuk menjadi apa saja. Namun, paling sering apa itu gumiho berubah menjadi sesosok wanita cantik perayu laki-laki yang kemudian menerkam dan memakan jantung atau hati laki-laki tersebut. Cukup menyeramkan ya?

Gambaran ini tentunya tergantung dari legenda yang menceritakan apa itu gumiho. Sebagian besar legenda menyatakan bahwa meskipun gumiho mampu mengubah penampilannya, makhluk tersebut masih menyisakan tampilan rubahnya seperti wajah, telinga, atau ekornya.

Selain itu, meskipun gumiho berhasil berubah seutuhnya menjadi manusia, sifat rubah yang membuat apa itu gumiho tidak berubah.

Dikenal sebagai siluman rubah yang licik dan jahat

apa itu gumiho
Photo by Gary Bendig on Unsplash

Di samping sosoknya yang menggemaskan, rubah kerap kali dikaitkan dengan sifat-sifat licik dan jahat. Dalam literatur Korea yang lebih modern, apa itu gumiho sering digambarkan sebagai makhluk setengah rubah yang haus darah, sosok yang suka berkeliaran di kuburan saat malam hari untuk menggali hati manusia dari kuburan.

Masih belum jelas kapan sosok apa itu gumiho mulai dilihat sebagai makhluk yang jahat. Namun, sosok menyeramkan gumiho ini diperkirakan dipengaruhi oleh masa pendudukan Jepang di Korea. Padahal, di literatur yang lebih kuno, termasuk teks kuno Cina, apa itu gumiho diperlihatkan sebagai sosok yang baik hati yang suka membantu manusia.

BACA JUGA: Rekomendasi Mini Drama Korea Terbaru 2021 Yang Cocok Untuk Menemani Liburmu!

Mendambakan untuk hidup sebagai manusia seutuhnya dan berumur panjang

apa itu gumiho
Photo by Farid Askerov on Unsplash

Gumiho memangsa manusia bukan tanpa alasan. Menurut legenda, untuk bisa berumur panjang dan mendapatkan kekuatan, gumiho harus memangsa atau menyerap dan mengumpulkan energi dari seribu manusia.

Selain itu, apa itu gumiho juga harus mengikuti banyak sekali pantangan dan ritual seperti menjadi vegetarian dan tidak boleh memperlihatkan wujud rubahnya.

Di samping itu, jika gumiho tidak bisa memangsa 1000 manusia dalam waktu 1000 tahun, makhluk tersebut akan lenyap atau tidak bisa menjadi manusia seutuhnya.

Apa itu gumiho digambarkan cukup jelas salah satunya melalui drama tvN My Roommate is a Gumiho. Drama ini menceritakan kisah Lee Dam yang menelan manik-manik Shin Woo Yeo, seorang gumiho yang sudah berusia 999 tahun.

Karena tinggal selangkah lagi menuju 1000 tahun, Shin Woo Yeo mencari cara untuk mengeluarkan manik-manik tersebut dengan cara tinggal bersama Lee Dam. Jika dalam waktu satu tahun manik-manik dalam tubuh Lee Dam tidak bisa dikeluarkan, ia akan mati dan impian Shin Woo Yeo untuk menjadi manusia pun bisa gagal.

Mirip dengan legenda Jepang dan Cina

apa itu gumiho
Photo by Marvin Meyer on Unsplash

Legenda tentang sosok rubah ekor sembilan ini tidak hanya ada di Korea saja lho. Apa itu gumiho juga ditemukan di legenda-legenda Jepang dan Cina. Di Jepang, gumiho dikenal sebagai kitsune sedangkan di Cina gumiho dikenal sebagai huli jing.

Meskipun begitu, ada satu hal yang membedakan apa itu gumiho Korea dari kitsune dan huli jing, yaitu keberadaan yeowoo guseul atau sejenis manik-manik. Menurut mitologi Korea, manik-manik tersebut bisa memberikan kekuatan kepada apa itu gumiho dan pengetahuan kepada orang-orang jika mereka dapat mencuri dan menelannya.

Melalui yeowoo guseul, gumiho dapat menyerap energi manusia dengan cara memasukkan manik-manik tersebut ke mulut orang lain dan kemudian merebutnya kembali dengan lidah mereka. Namun, jika orang itu menelan yeowoo guseul, justru orang itulah yang akan mendapatkan kekuatan dan pengetahuan.

BACA JUGA: 10 Drama Korea Legendaris Tak Lekang Oleh Zaman. Pernah Tayang Di TV Indonesia, Lho!

Aapa itu gumiho dalam K-drama

apa itu gumiho
IMDB

Dari tahun ke tahun, sosok apa itu gumiho mengalami perubahan yang signifikan di dunia pertelevisian dan perfilman Korea.

Sosok di balik apa itu gumiho terus dikembangkan dan dimodifikasi agar para penonton bisa semakin menikmati kisah rubah ekor sembilan itu. Salah satunya adalah dengan mengubah gumiho menjadi sosok laki-laki.

Menurut legenda, jika gumiho berhasil hidup selama 500 tahun, makhluk tersebut bisa berubah menjadi manusia apa saja, tidak hanya menjadi perempuan.

Nah, seperti yang sudah Bob jelaskan sebelumnya, gumiho adalah sosok yang sering muncul di cerita-cerita Kora, baik di legenda ratusan tahun lalu hingga drama modern. Kalau kamu penasaran apa itu gumiho, kamu bisa cek daftar K-drama berikut ini:

  • The Fox with Nine Tails – 1994
  • Forbidden Love – 2004
  • Yobi, the Five Tailed Fox – 2005
  • My Girlfriend Is a Gumiho – 2010
  • Grudge: The Revolt of Gumiho – 2012
  • The Thousandth Man – 2012
  • Gu Family Book – 2013
  • Nail Shop Paris – 2013
  • Tale of the Nine Tailed – 2020
  • My Roommate Is a Gumiho – 2021

BACA JUGA: Nggak Cuma Boy Band Dan Girl Band, Ada Juga Rekomendasi Band Korea Selatan Yang Gak Kalah Keren!

Wah, ternyata apa itu gumiho diambil dari legenda Korea ya. Pantas saja makhluk yang satu ini sering muncul di berbagai drama Korea. Soalnya sangat banyak yang bisa dieksplorasi dari legenda rubah ekor sembilan ini, mulai dari sifatnya hingga penampilannya. Nanti kalau kamu ketemu cerita yang mirip dengan legenda rubah ini, kamu pasti bakal bisa nebak apa itu gumiho.

Bukan mitos, menginap di Bobobox itu nyaman dan terjangkau!

Siapa bilang menginap di hotel itu harus mahal kalau mau nyaman. Kan ada Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini enggak hanya terjangkau tapi juga bikin betah. Soalnya, Bobobox memiliki desain yang menarik dan teknologi yang canggih.

Hampir semua aktivitas menginap kamu di hotel capsule Jakarta ini terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like