Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa Itu Gluten dan Mengapa Banyak Orang Memilih Untuk Diet Bebas Gluten?

Pernah membaca label gluten free? Apa sih maksudnya?

Secara simple diet bebas gluten adalah salah satu cara mengatur pola makan dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung gluten. Lalu, terkandung dimana saja sebenarnya gluten dan apa gluten itu sebenarnya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Bob sudah merangkumkan informasi-informasi yang harus kamu pahami tentang diet bebas gluten. Mulai dari definisi gluten hingga arti diet bebas gluten, akan Bob bahas dalam artikel ini. Yuk kita pelajari bersama-sama!

Wheat dough – Unsplash / Nadya Spetnitskaya

Apa itu gluten?

Sebelum kita memasuki pembahasan mengenai arti diet bebas gluten, kita perlu mengetahui definisi dari gluten itu sendiri. Gluten adalah salah satu jenis protein yang terkandung dalam gandum. Gandum yang memiliki kandungan gluten adalah gandum biasa, gandum hasil persilangan, dan barley. Dengan definisi tersebut kita dapat langsung mengetahui bahwa makanan-makanan apa saja yang memiliki kandungan gluten. Makanan-makanan tersebut adalah  makanan turunan dari gandum, serta makanan-makanan lain yang terdapat hasil olahan gandum di dalamnya.

Wheat Bread – Unsplash / Wesual Click

Apa arti diet bebas gluten?

Arti diet bebas gluten secara mudah dapat diartikan dengan menghentikan mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung gluten. Diet bebas gluten sendiri sebenarnya ditujukan kepada orang-orang yang menderita penyakit celiac. Penyakit celiac sendiri merupakan suatu penyakit autoimun yang menyebabkan sistem imun tubuh penderita mendeteksi gluten sebagai ancaman bagi tubuh. Saat mengonsumsi gluten, sistem imun akan bereaksi dengan menyerang lapisan diding usus dan menyebabkan penyerapan nutrisi tidak sempurna hingga tidak dapat mencukupi kebutuhan tubuh penderita celiac.

Doctor and patient at hospital – Unsplash / Ali Yahya

Dampak yang akan dirasakan oleh penderita meliputi: diare, sakit perut, kembung, mudah merasa kelelahan, berat badan menurun, hingga menghambat pertumbuhan bagi anak-anak. Bila tidak ditangani dengan serius, dapat menimbulkan komplikasi seperti: Osteoporosis, risiko kanker usus, kekurangan zat besi, folat dan vitamin B12, hingga gangguan pada bayi bagi ibu hamil.

tired – Unsplash / Christian Erfurt

Tidak hanya bagi penderita celiac, diet bebas gluten juga disarankan bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap gandunm dan memiliki intoleransi gluten. Bagi mereka yang memiliki kondisi intoleransi gluten dapat merasakan gejala-gejala yang hampir mirip dengan celiac. Perbedaannya hanya terletak pada tidak adanya penolakan dari sistem imun yang menyerang usus.

Menerapkan diet bebas gluten

Melakukan diet bebas gluten dapat kamu mulai dengan mengukuhkan komitmen, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tiap tantangan yang akan kamu hadapi. Mengapa demikian? Karena, apabila kamu ingin melakukan diet bebas gluten kamu perlu lebih hati-hati akan kandungan dalam produk yang akan kamu konsumsi, dan menahan diri untuk tidak mengkonsumsi produk makanan yang mengandung gluten sama sekali. Kamu perlu mempersiapkan dirimu karena mungkin kamu tidak dapat lagi mengonsumsi makanan atau minuman favoritmu.

Cupcakes – Unsplash / Brooke Lark

Kamu juga perlu mencari substitusi dari makanan-makanan mengandung gluten dan biasa kamu konsumsi sebelumnya. Usahakan untuk mencari makanan-makanan yang alami seperti buah dan sayur-sayuran agar kamu menjadi lebih sehat. Namun, kamu tentunya dapat mencari varian gluten free dari prodak yang sama. Proses substitusi ini diperlukan agar kamu tidak malahan merasa lemas apalagi sampai kekurangan gizi. Diet bebas gluten juga akan memberikan dampak yang lebih signifikan bila dilakukan bersamaan dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara rutin, makan tepat waktu, hingga istirahat yang cukup.

Gluten Free Shop – Unsplash / Lubo Minar

Manfaat diet bebas gluten 

Setelah berkorban tidak mengonsumsi gluten dengan melakukan diet bebas gluten, kamu akan mendapatkan manfaat-manfaatnya. Manfaat yang pertama adalah meredakan masalah pencernaan. Dengan menerapkan diet bebas gluten kamu dapat meredakan dan mencegah kondisi kembung, sembelit, diare, hingga kondisi penyakit pencernaan lainnya secara signifikan. Manfaat berikutnya adalah peningkatan kualitas hidup.

Happy life – Unsplash / Helena Lopes

Dengan tubuh yang lebih sehat, tentunya kamu akan merasa lebih baik dan hari-harimu akan terasa lebih cerah dan membuatmu lebih bersemangat dalam beraktifitas sehari-harinya. Diet bebas gluten juga dapat berpotensi menurunkan berat badan karena asupan nutrisi dan kandungan-kandungan dala makanan yang kamu konsumsi tentunya akan lebih terkendali.

Tingkatkan kualitas hidupmu dengan tidur yang sempurna!

Bobobox menghadirkan hotel kapsul futuristik layaknya hotel-hotel kapsul di Jepang. Bobobox adalah pilihan penginapan yang sangat cocok buat kamu para milennial travellers! Lokasi Bobobox yang prima juga sangat mempermudah mobilitasmu untuk mencapai berbagai destinasi tanpa harus menempuh perjalanan jauh. Istirahat kamu juga akan sangat nyaman dan makin adem dengan fitur suara-suara alam yang dapat kamu dengarkan dari B-Pad di pod-mu!

Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Semarang. Kamu pasti mendapatkan kesempatan istirahat yang berkualitas tanpa gangguan karena Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan, keamanan dan didukung dengan integrasi dengan sistem berteknologi tinggi. Kamu bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker, mengubah warna lampu pod-mu sesuai mood, bahkan streaming film tanpa gangguan dengan koneksi internet super cepat!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk pesan pod kamu sekarang!

You might also like