Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Yuk Kenali Apa Itu Game Pump It Up, Permainan Musik yang Seru Buat Olahraga!

Bacaan pas buat kamu yang ingin tahu apa itu game Pump It Up dan coba main!

Waktu main ke mal atau pusat perbelanjaan, mungkin kamu pernah masuk atau melewati arena permainan. Suasana pusat permainan atau game arcade memang khas. Beragam mesin permainan dan dekorasi warna-warni tentunya menarik memenuhi area bermain. Kamu juga bisa menemukan berbagai jenis permainan, dari tembak-tembakan, balapan, basket, hingga mesin gacha. Bahkan, beberapa arena permainan juga dilengkapi wahana boom boom car!


Baca Juga: Liburan ke 5 Taman Bermain Terbesar di Dunia Ini Nggak Cukup Sehari!


Nah, di antara mesin-mesin itu, kalian mungkin pernah lihat satu mesin game yang biasanya ramai dimainkan. Kadang-kadang, antriannya bisa cukup panjang dan para pemain harus nunggu giliran cukup lama. Mesin ini terdiri atas satu kabinet besar yang terdiri atas layar dan speaker. Kabinet ini terhubung dengan dua dance pad. Di bagian atas kabinet, kamu bisa lihat tulisan “Pump It Up!”.

apa itu game pump it up
Credit: Arcade Heroes via YouTube

Kamu yang belum pernah main game ini atau jarang ke arcade, mungkin penasaran apa itu game Pump It Up. Kok bisa sih game ini ramai banget dimainkan? Ya, Pump It Up merupakan salah satu arcade game populer yang sudah ada sejak lama, lho! Cara bermainnya sebetulnya sederhana. Namun, level dan mode permainan yang bervariasi, serta pilihan lagu yang seru membuat game ini punya banyak penggemar.

Untuk kamu yang tertarik main atau ingin tahu lebih jauh apa itu game Pump It Up, baca terus artikel ini. Bob akan ulas game asyik ini. Yang lebih seru lagi, game ini bisa jadi media olahraga juga, lho! Pembahasan lengkapnya silakan simak di segmen berikutnya, ya!

Apa Itu Game Pump It Up?

Pump It Up adalah arcade game berbasis musik. Permainan ini memiliki konsep yang sama dengan Dance Dance Revolution, tetapi punya beberapa perbedaan. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah jumlah panah pada pad. DDR punya empat panah, yaitu kiri, kanan, atas, dan bawah. Nah, Pump It Up hadir dengan lima panah: kiri-kanan atas, tengah, dan kiri-kanan bawah. Panah-panah atas dan bawah pun diposisikan secara diagonal.

apa itu game pump it up
Sumber: Blowing Stuff

Dilansir dari Arcade History, Pump It Up lahir pertama kali di tahun 1999. Permainan ini merupakan besutan Andamiro, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang bergulat di bidang game. Pump It Up versi pertama dirilis dengan tajuk “The 1st Dance Floor”. Dilansir dari situs resmi Pump It Up, versi ini dirilis di Korea Selatan. Versi internasional pertama Pump It Up diberi tajuk “The Premier” dan dirilis pada tahun 2001.

Popularitasnya yang meledak membuat Pump It Up banyak disukai orang, terutama para remaja. Bahkan, dilansir dari situs resmi Andamiro, Pump It Up memenangkan penghargaan “World’s Best Product” di tahun 2006. Secara keseluruhan, ada 38 versi Pump It Up yang sudah dirilis, termasuk versi portabel. Versi terbarunya, Pump It Up XX dirilis pada tahun 2019 kemarin untuk merayakan ulang tahun Pump It Up yang ke-20.


Baca Juga: Ini Dia Highlight E3 2021 Pameran Game Terbesar di Dunia. Mulai Dari Sekuel, Judul Baru, Hingga Teaser Menarik, Lho!


Cara Main Game Pump It Up

Setelah Bob jelasin apa itu game Pump It Up, sekarang waktunya kita belajar cara bermainnya. Sebetulnya, di beberapa versi terbaru game, kita bisa menonton dulu tutorial di awal permainan. Namun, Bob akan kasih tahu caranya di sini supaya kamu nggak harus nunggu lama saat main. Karena Pump It Up merupakan game berbasis musik, kamu harus pinter-pinter memilih timing.

apa itu game pump it up
Sumber: Andamiro

Oh, ya! Permainan ini punya beragam mode game, tetapi aturan dasar permainannya tetap sama. Secara garis besar, ada dua moda: basic mode dan full mode. Di awal permainan, secara otomatis kamu akan masuk ke basic mode. Untuk mengakses full mode, kamu bisa memasukkan “cheat” menggunakan panah-panah di pad. Kalau kamu ingin tahu “cheatfull mode, kamu bisa baca artikel dari Kuliah Game. Ubah pilihan dengan panah kiri-kanan atas dan kiri-kanan bawah. Untuk mengonfirmasi pilihan, injak panel tengah.

apa itu game pump it up
Credit: Valius via YouTube

Setelah masuk ke lagu, kamu bisa melihat sebaris ikon panah berwarna abu-abu. bar nyawa, dan informasi stage. Semuanya ditampilkan di atas layar. Panah-panah berwarna akan muncul dari bawah dan bergerak ke atas. Nah, saat panah mencapai ikon panah abu-abu, kamu harus menginjak panel yang sesuai. Pergerakan panah-panah ini mengikuti irama lagu. Jadi, kamu bisa memanfaatkan beat lagu sebagai acuan untuk menginjak panel. Kalau timing-mu sempurna, kamu akan dapat nilai “Perfect”. Kalau terlambat, kamu dapat “Bad” atau “Miss“.

apa itu game pump it up
Credit: JUNTROLL via YouTube

Untuk yang baru tahu apa itu game Pump It Up, pada awalnya mungkin susah untuk dapat timing yang pas. Namun, dengan latihan, kamu bisa kok menguasai game ini. Oh, ya! Jangan lupa dengan bar nyawa di atas layar, ya! Makin sering kamu “Miss”, makin berkurang nyawamu. Sebaliknya, makin banyak kamu dapat nilai “Perfect”, “Great”, atau “Good”, makin cepat terisi bar nyawamu. Makin besar jumlah kombo skor positif, makin besar skor akhir yang kamu bisa dapatkan.

Makin Lengkap dengan Full Mode

Setelah tahu apa itu game Pump It Up dan menguasai dasar-dasarnya, kamu bisa coba beralih ke full mode. Untuk mengakses full mode, kamu bisa menggunakan “cheat” panah, seperti yang dijelaskan dalam video YouTube dari Bry_Fo LetsPlay. Main di full mode jauh lebih mengasyikkan, lho! Pasalnya, kamu bisa mengakses koleksi lagu lengkap Pump It Up, mencoba beragam mode permainan yang unik, hingga memodifikasi permainan.

apa itu game pump it up
Sumber: Andamiro

Untuk memodifikasi permainan, kamu harus menginjak panah kiri bawah, kemudian kanan bawah, dan mengulangi pola ini sebanyak tiga kali. Setelah itu, kamu bisa mengakses panel pengaturan untuk menyesuaikan kecepatan dan efek gerak panah, ikon panah, hingga tingkat penilaian. Tantang juga diri kamu dengan mencoba double play. Dalam mode ini, kamu harus bermain dengan dua pad sendirian! Namun, main berdua sama teman tentunya lebih seru dong!

Oh, ya! Buat yang masih penasaran dengan apa itu game Pump It Up, kamu bisa memanfaatkan game ini sebagai sarana olahraga! Karena membutuhkan gerakan kaki yang gesit, kamu seolah-olah seperti sedang joging atau sprint. Dilansir dari Whittier Daily News, seorang pemain Pump bernama Sergio Garcia berhasil menurunkan berat badannya lewat Pump It Up. Dalam setahun, beratnya turun dari 106 kilogram menjadi 84 kilogram, lho!


Baca Juga: Rekomendasi Game Multiplayer Nintendo Switch Untuk Game Night yang Asyik!


Pilihan Lagu yang Seru

Sekarang, kamu sudah tahu lebih banyak tentang apa itu game Pump It Up. Nah, game ini nggak lengkap tanpa koleksi lagu yang mantap jiwa. Untuk kamu penyuka K-Pop, siap-siap dimanjakan oleh lagu-lagu dari musisi-musisi kesayanganmu. Beberapa grup seperti iKon, MAMAMOO, Momoland, Seventeen, Big Bang, hingga 2NE1 menyumbangkan lagunya untuk Pump It Up.

apa itu game pump it up
Sumber: Andamiro
apa itu game pump it up
Credit: JUNTROLL via YouTube

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kpop Ini Wajib Masuk Playlist Liburan Kamu!


Nggak cuman K-Pop, Pump It Up juga menawarkan beragam genre lagu. Untuk penyuka musik klasik, beberapa karya klasik di-remix supaya lebih cocok buat “senam”. Suka EDM? Ada banyak lagu-lagu seru yang bikin kamu semangat saat bermain. Bahkan, lagu milik penyanyi dangdut Ayu Ting Ting dan rapper Saykoji pernah hadir di beberapa versi Pump It Up! Sik Asik!

Kompetisi Berhadiah Total Belasan Ribu Dolar!

Beberapa yang belum tahu apa itu game Pump It Up mungkin menganggap kalau game ini hanya hiburan. Padahal, seperti halnya game lainnya, Pump It Up juga punya komunitas yang akbar, lho! Hampir di setiap kota, kamu bisa menemukan komunitas pemain Pump It Up yang rajin ngumpul untuk main bareng. Buat kamu yang ingin mendalami game ini, nggak ada salahnya gabung dengan komunitas.

apa itu game pump it up
Credit: Fierza Hiro via YouTube

Pump It Up juga punya gelaran akbar bertajuk World Pump It Up Festival. Gelaran ini, dilansir dari situs resmi Pump It Up, dilaksanakan pertama kali di tahun 2005. Kompetisi yang paling baru diadakan tahun 2016 kemarin di Bali, lho! Nggak tanggung-tanggung. 39 pemain dari 10 negara, termasuk Indonesia datang untuk bertanding sambil membangun pertemanan. Total hadiah perlombaan ini mencapai 18 ribu dolar Amerika Serikat, lho!


Baca Juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Ubud Bali untuk Liburan Romantis Bersama Pasangan!


Tertarik Buat Coba Pump It Up?

Kamu bisa mengunjungi arena permainan di kotamu untuk main Pump It Up. Namun, karena pandemi belum membaik, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan, ya. Beberapa arena permainan juga mungkin masih tutup. Jadi, harap bersabar, ya. Yang jelas, permainan ini membutuhkan kesabaran dan latihan. So, jangan langsung berkecil hati kalau kamu kalah, ya!

Main Pump It Up juga bisa mengisi liburan kamu. Nah, biar liburan makin seru, coba staycation di Bobobox aja! Kamu bisa menginap bareng teman-teman komunitas Pump It Up kamu kalau mau. Selain pod-nya yang luas dan berdesain unik, Bobobox juga dilengkapi fasilitas seperti pantry, shared bathroom, dan musala. Ada juga communal space yang pas buat nongkrong sambil ngobrol bareng teman-teman.

Jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu sebelum berkunjung, ya! Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk mengakses pod, mengatur pencahayaan, hingga berinteraksi dengan para staf dan tamu. Ya, bisa sambil cari teman lah! Kamu juga bisa melakukan reservasi pod dari aplikasi. Ada banyak promo menarik yang tentunya sayang untuk dilewatkan!

You might also like