Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa Itu Detox Digital? Yuk Kenali dan Cari Tahu Mengapa Itu Penting

Jangan anggap sepele, detox digital baik untuk kesehatan kamu lho

Saat ini, dunia digital sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari seperti sosial media dan lain-lain. Melihat lamanya waktu yang dihabiskan di dunia digital, kamu membutuhkan digital detox. Namun, sebenarnya apa itu detox digital? Yuk simak sama-sama apa itu detox digital supaya kamu bisa mengatur waktu lebih baik dan hidup lebih sehat.

Apa itu detox digital?

apa itu detox digital
Photo by Maxim Ilyahov on Unsplash

Kamu mungkin sudah pernah mendengar apa itu detox digital sebelumnya, baik dari orang-orang maupun di internet. Seorang aktor ternama dan penyanyi Jared Leto juga pernah mengisolasi diri supaya jauh dari dunia digital.

Banyak ahli merekomendasikan melakukan detox digital karena manfaatnya. Namun, sebelumnya kamu harus mengetahui dulu apa itu detox digital.

Apa itu detox digital mengacu pada waktu tertentu ketika seseorang meluangkan diri untuk tidak menggunakan perangkat teknologi seperti smartphone, televisi, komputer, tablet, dan situs media sosial.

Detox digital juga dianggap sebagai cara untuk fokus pada interaksi sosial di kehidupan nyata tanpa gangguan teknologi, terutama sosial media.

Dengan menjauh dari perangkat digital untuk sesaat, setidaknya kamu bisa melepaskan stres yang disebabkan oleh perangkat digital tersebut.

BACA JUGA: Yuk Coba 7 Hal Positif Untuk Kesehatan Mental Yang Baik Berikut!

Beberapa manfaat detox digital

apa itu detox digital
Photo by Kinga Cichewicz on Unsplash

Menurut survei yang dilakukan American Psychological Associations Stress in America, satu dari lima orang dewasa di Amerika Serikat atau sekitar 18% menyebutkan penggunaan teknologi adalah sumber stres yang signifikan dalam hidup mereka.

Hal ini kemudian bisa menyebabkan kondisi kesehatan mental yang buruk. Selain itu, penggunaan gawai yang terlalu lama juga dapat menyebabkan gangguan tidur dan depresi.

Penggunaan gawai, terutama sebelum tidur, dapat mengganggu kualitas dan kuantitas tidur. Sebuah penelitian mengatakan bahwa menggunakan sosial media di tempat tidur memiliki efek buruk pada kualitas tidur dan suasana hati.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa 70% orang memeriksa media sosial di ponsel mereka saat sebelum tidur, dengan 15% menghabiskan waktu selama satu jam atau lebih. Hal ini dapat menimbulkan kemungkinan gangguan kecemasan, insomnia, dan durasi tidur yang lebih pendek.

Nah, sebagai solusi masalah di atas, kamu bisa melakukan apa itu detox digital. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Merasa tenang dan puas

Menurut beberapa eksperimen sosial, beristirahat sejenak dari menggunakan gawai dapat menurunkan tingkat stres. Karena kamu tidak lagi melihat dan membandingkan kehidupan orang lain, kamu bisa lebih ke dirimu sendiri. Alhasil, kamu jadi lebih tenang dan puas terhadap apa yang sudah kamu miliki.

Menjadi lebih produktif

Tanpa kamu sadari, bermain di sosial media menghabiskan banyak waktu. Padahal, kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk lebih produktif dan membuat progres terhadap tujuanmu.

Menjadi lebih sehat

Menatap layar selama berjam-jam dapat menyebabkan ketegangan mata, mata kering, penglihatan kabur, mata berkaca-kaca, dan sakit kepala. Selain itu, kamu juga bisa menderita masalah punggung dan leher bagian bawah. Melakukan apa itu detox digital bisa membantu tubuhmu beristirahat.

BACA JUGA: Tertarik Detoks Media Sosial Untuk Mental Lebih Sehat? Coba 7 Tips Detoks Media Sosial Ini Untuk Memulainya Yuk!

Bagaimana cara melakukan detox digital?

apa itu detox digital
Photo by Caroline Veronez on Unsplash

Banyak cara yang bisa kamu coba untuk melakukan apa itu detox digital. Kalau tertarik, berikut adalah beberapa di antaranya.

Meninggalkan ponsel

Coba ubah ponselmu ke mode pesawat atau tinggalkan di ruangan lain saat bekerja atau bermain. Meskipun hanya beberapa jam, cara untuk apa itu detox digital ini bisa membantu mengurangi stres.

Tetapkan jam malam

Jika kamu sering melihat-lihat Instagram atau Twitter sebelum tidur, sebaiknya kamu mulai menerapkan apa itu detox digital dengan jam malam. Setelah pukul sembilan masukkan ponsel ke dalam laci atau tempat lain yang terisolasi sampai kamu siap bekerja kembali esok hari.

Apa itu detox digital? Jangan cek ponsel ketika bangun

Hentikan kebiasaan mengecek ponsel setelah bangun tidur. Hal ini dapat menyebabkan otakmu tidak siap saat beraktivitas seharian. Mulai sentuh ponsel setelah kamu mampu menyelesaikan setidaknya satu kegiatan di hari itu. Jika kamu membutuhkan alarm, gunakan alarm lain selain dari ponsel.

Buat zona bebas teknologi

Selain mengatur waktu, kamu juga bisa menerapkan apa itu detox digital dengan mengatur tempat. Misalnya, jangan bawa ponsel ke meja, dan jangan keluarkan dari saku atau dompet saat makan bersama teman.

Apa itu detox digital? Cobalah untuk melambat

Kehadiran Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, dan lain-lain membuat waktu terasa berlalu lebih cepat. Waktumu habis dari satu konten ke konten berikutnya. Tanpa kamu sadari, kamu sudah menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk hal-hal yang kurang penting.

Untuk itu, cobalah untuk hidup melambat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan berjalan-jalan di pagi atau sore hari tanpa membawa ponsel. Nikmati cuaca yang bagus dan pepohonan yang rindang. Dengan demikian kamu bisa kembali segar saat harus kembali beraktivitas.

Pergi ke detox digital retreat

Banyak program apa itu detox digital yang bisa kamu ikuti. Inti dari program ini adalah untuk menjauh dari teknologi dan fokus terhadap kegiatanmu di program tersebut.

Kegiatan dari program ini bermacam-macam tergantung penyelenggara. Ada yoga, berkebun, melukis, dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti program apa itu detox digital, kamu bisa lebih disiplin. Selain itu, kehadiran orang lain juga bisa membantumu melupakan gawai dan alih-alih fokus dengan interaksi sosial.

Wah ternyata manfaat dari apa itu detox digital sangat baik ya. Kamu bisa terhindar dari stres dan gangguan kesehatan mental lainnya. Nah, sekarang kan kamu sudah tahu apa itu detox digital. Jangan lupa untuk mengurangi main gawi ya!

BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Kesehatan Mental Penting Saat Pandemi Dan Harus Menjadi Prioritasmu!

Mau liburan supaya nggak stres? Staycation aja di Bobobox!

Selain apa itu detox digital, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan mental. Salah satunya adalah dengan liburan. Enggak harus yang mahal-mahal. Staycation aja di Bobobox.

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like