Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Apa Itu Birthstone, Asal Usul, dan Maknanya

Apa itu birthstone? Untuk memahami apa itu birthstone Bob akan menjelaskan terlebih dahulu batu permata sebagai simbol dari 12 bulan yang ada dalam 1 tahun. Sejak zaman dahulu, batu permata tersebut atau yang disebut dengan birthstone atau batu kelahiran menjadi sebuah lambang bulan kelahiran seseorang.

Dikutip dari berbagai sumber, batu kelahiran atau birthstone ini awalnya berasal dari kutipan dalam Alkitab dimana 12 birthstone berasal dari 12 batu permata penutup dada milik Aaron (Harun). Setelah itu pada abad ke-1 dan ke-5 Masehi, para sejarawan kemudian menghubungkan batu-batu permata ini dengan tanda zodiak.

Asal muasal birthstone ini juga berkaitan dengan kepercayaan masyakarat pada zaman dahulu bahwa batu-batu ini menawarkan kekuatan khusus kepada pemakainya selama periode astrologi. Lalu apa itu birthstone yang melambangkan tiap bulan kelahiran tersebut? Berikut adalah daftar 12 birthstone yang sesuai dengan bulan lahir.

1. Apa itu Birthstone: Januari – Garnet

Birthstone yang pertama adalah batu kelahiran bagi mereka yang lahir di awal tahun yaitu di bulan Januari. Birthstone bulan Januari adalah batu permata bernama garnet. Garnet merupakan batu permata yang juga sering disebut dengan batu Biduri Delima atau Mirah Anggur.

Batu Garnet ini dikenal memiliki warna yang beragam. Warna batu Garnet yang paling umum ditemukan adalah warna ungu dan merah. Salah satu ciri khas dari batu Garnet adalah tingkat kekerasan yang tinggi dan cukup berat. Batu Garnet ini dipercaya dapat menentramkan pikiran, meningkatkan kecerdasan, menarik rasa simpati kepada orang lain dan juga mengusir hal negatif seperti ilmu hitam.

2. Apa itu Birthstone: Februari – Amethyst

Batu Amethyst dikenal juga dengan Kecubung adalah permata yang memiliki warna ungu cantik denga struktur kristal heksagonal dan umumnya dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi.

Batu ini dipercaya memiliki khasiat dalam menghilangkan stress, menyembuhkan insomnia, dan kerap digunakan sebagai penglaris atau penambah energi positif.

3. Apa itu Birthstone: Maret – Aquamarine

@Truly Experiences

Sesuai dengan namanya batu permata ini yang berwarna biru kehijauan yang jernih seperti air laut. Batu ini dipercaya dapat dapat menghilangkan stress, meningkatkan kasih sayang, pemikat hati, dan meningkatkan rasa percaya diri.

Baca Juga: Lucu dan Menggemaskan! Yuk Kenalan dengan Lithops, si Batu Hidup

4. Apa itu Birthstone: April – Diamond

Diamond atau berlian yang adalah batu permata paling populer di dunia yang dipercaya memberikan keberuntungan bagi pemiliknya dan dapat mengusir energi negatif. Batu ini sering dijadikan simbol pernikahan dan digunakan sebagai mata cincin kawin.

5. Apa itu Birthstone: Mei – Emerald

apa itu birthstone
@With Clarity

Batu Emerald atau Zamrud yang berwarna hijau ini dikenal sebagai simbol milik dewi Venus sang dewi Cinta. Batu ini dipercaya meningkatkan aura dan wibawa pemiliknya dan menjadi pemikat lawan jenis.

6. Apa itu Birthstone: Juni – Mutiara

Batu mutiara dipercaya dapat meningkatkan keharmonisan dan kebahagiaan dalam rumah tangga. Hal ini yang membuat mutiara banyak dipilih sebagai kado pengantin baru.

Baca Juga: Jarang Diketahui! 10 Aura Batu Permata Cantik Ini Dapat Membersihkan Auramu, Lho!

7. Apa itu Birthstone: Birthstone Juli – Ruby

Batu Ruby atau batu yang kerap disebut Merah Delima yang banyak digunakan sebagai aksesoris juga media pengobatan alternatif atau klenik.

8. Apa itu Birthstone: Agustus – Peridot

Peridot adalah batu yang memiliki warna hijau terang yang khas dan sering dijadikan alternatif pengganti Zamrud yang harganya relatif lebih mahal. Batu ini merupakan simbol peluang, kemakmuran, dan welas asih.

9. Apa itu Birthstone: September – Safir

Bicara mengenai batu Safir, batu ini memiliki banyak warna. Salah satu warna yang paling populer adalah warna biru terang yang disebut dengan blue safir. Beberapa manfaat yang diyakini dari batu ini adalah melindungi dari bahaya, menjernihkan pikiran, hingga menjaga kesehatan.

10. Apa itu Birthstone: Oktober – Opal

@Nikkei Asia

Mereka yang lahir di bulan Oktober memiliki simbol batu Opal atau Kalimaya yang menjadi simbol kejujuran dan kebijaksanaan.

Terdapat satu jenis batu Opal yang paling langka di Indonesia yang disebut dengan Black Opal yang berasal dari Banten. Batu Opal ini umumnya digunakan sebagai jimat pengasih dan meningkatkan kestabilan jiwa.

11. Apa itu Birthstone: November – Topaz

Bagi kamu yang lahir di bulan November maka batu kelahiran kamu adalah batu Topaz. Batu Topaz ini di Indonesia juga seringkali disebut dengan nama batu akik. Pada dasarnya batu Topaz yang murni berwarna bening. Namun saat dalam proses pembentukannya berbagai zat dapat mempengaruhi warnanya sehingga ada berbagai macam warna batu ini.

Merea yang memakai batu Topaz dipercaya akan memiliki ketajaman pemikiran dan terlindungi dari bahaya. Sejarah Yunani Kuno juga mencatat bahwa batu Topaz ini juga kerap digunakan sebagai alat penyembuhan dan dapat meningkatkan energi positif.

12. Apa itu Birthstone: Desember – Turquoise

Batu kelahiran yang terakhir untuk mereka yang lahir di akhir tahun bulan Desember adalah batu Turqouise atau juga sering disebut dengan batu Pirus.

Sesuai dengan namanya batu ini memiliki ciri khas warnanya yang seperti biru langit dan kehijauan. Batu Turquoise ini cukup terkenal pada zaman Mesir Kuno sehingga banyak digunakan sebagai perhiasan raja dan anggota kerajaan karena kecantikannya.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like