Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Makanan Goreng Tapi Khawatir Kolesterol? Kenali Apa Itu Air Fryer Beserta Berbagai Kelebihannya!

Makan gorengan tanpa rasa bersalah

Makanan yang digoreng merupakan salah satu makanan favorit banyak orang di dunia karena rasanya yang gurih, lezat, renyah dan cenderung lebih praktis. Beberapa yang mungkin sering kamu temui di antaranya adalah gorengan, kentang goreng, ayam goreng, ikan goreng, tahu tempe goreng, dan masih banyak lagi.

Namun, di balik rasa lezatnya kamu tentu tahu bahwa ada bahaya yang mengintai. Kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi kerap kali menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Untuk menyiasati masalah tersebut, terciptalah tren memasak lebih sehat dengan menggunakan air fryer. Lalu, apa itu air fryer serta hubungannya dengan kesehatan dan gorengan? Yuk simak informasi tentang apa itu air fryer beserta kelebihannya biar kamu tidak khawatir lagi dengan masalah kolesterol!

Apa itu Air Fryer?

@webshopoutletnl via Instagram

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, air fryer mungkin masih terdengar asing. Namun, air fryer sendiri sebenarnya sudah banyak digunakan oleh orang-orang di luar negeri. Penggunaannya pun kini semakin populer. Jika kamu menjelajahi media sosial kamu, kamu pasti akan menemukan berbagai tips dan trik untuk menggoreng dengan menggunakan air fryer. Nah, biar kamu tidak merasa asing lagi dengan istilah ini, yuk ketahui apa itu air fryer.

Air fryer merupakan sebuah jenis alat masak yang digunakan untuk menggoreng namun dengan sedikit bahkan tanpa minyak goreng. Karena kurangnya kandungan minyak dengan penggunaan air fryer, alat tersebut pun dianggap menghasilkan makanan yang lebih sehat ketimbang menggorengnya dengan cara konvensional.

Air fryer ini adalah alat yang dioperasikan menggunakan listrik. Alatnya sendiri ada yang berbentuk kotak atau oval seperti telur dengan ukuran kira-kira sebesar mesin pembuat kopi. Alat praktis ini dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan makanan layaknya menggunakan metode deep fry hanya dengan udara panas dan minim minyak.

Bagian atas alat tersebut terdiri dari pemanas dan kipas mekanik. Kamu tinggal memasukkan makanan yang akan kamu ‘goreng’ ke dalam wadah. Dalam pemakaiannya, kamu bisa menggunakan sedikit minyak (sekitar satu sendok makan) atau tidak sama sekali tergantung pada makanan apa yang akan kamu masak.

Air fryer kemudian akan bekerja layaknya oven dan memanggang makanan dalam wadah tersebut. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan dan menyebarkan udara panas (suhu bisa mencapai 200 derajat Celsius) dengan kecepatan tinggi yang kemudian mengitari makanan tersebut.

Dengan suhu panas tersebut, kandungan air dalam makanan akan menguap. Di bagian bawah wadah tersebut, biasanya terdapat wadah penampung tetesan. Nah, secara garis besar sirkulasi udara panas yang dihasilkan akan membuat makanan menjadi garing dan renyah layaknya digoreng dalam rendaman minyak panas.

Apa Saja yang Bisa Kamu Masak?

@airfryereats via Instagram

Setelah mengetahui apa itu air fryer, kamu juga perlu tahu kira-kira makanan apa yang bisa dan tidak bisa dimasak di dalam alat tersebut. Air fryer ini umumnya digunakan untuk memasak makanan beku, kentang goreng, mozzarella stick, ayam, ikan, steak, pizza, keripik, donat, nugget, cookies dan lainnya.

Hal yang perlu kamu perhatikan terkait bahan makanan adalah kamu tidak bisa menggunakannya untuk memasak adonan cair, kecuali kamu sudah membekukannya. Selain itu, pastikan juga makanan yang hendak kamu masukkan ke dalam air fryer tidak mengandung banyak air atau dalam keadaan kering. Terlalu kandungan air dapat membuat alat tersebut kesulitan untuk menghasilkan makanan garing.

Selain itu, kamu juga tidak bisa memasak dalam jumlah banyak dengan menggunakan air fryer ini. Wadah yang terlalu penuh akan memengaruhi kematangan sehingga tingkat kematangan makanan berbeda-beda. Maka dari itu, jika kamu akan memasak untuk keluarga besar, kamu harus menyicilnya sedikit-sedikit.

Kelebihan Air Fryer

@by.arisyaina via Instagram

Setelah mengenali apa itu air fryer, cara kerja serta makanan apa yang bisa kamu masak di dalamnya, sekarang saatnya kamu mengetahui apa saja kelebihan alat tersebut. salah satunya adalah durasi memasak yang lebih cepat. Panas yang dihasilkan oleh alat ini bertahan di dalam sehingga proses penggorengan sudah rampung dalam hitungan menit.

Selanjutnya, dari segi kesehatan makanan hasil air fryer jauh lebih sehat dari gorengan biasa. Penggunaan alat ini memotong sekitar 70-80% kalori serta mengandung sedikit lemak (mengurangi hingga 75%). Sebagaimana kamu tahu, kandungan lemak dan kalori tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi, obesitas dan penyakit jantung.

Selain mengurangi kadar lemak dan kalori, metode ini juga dipercaya menurunkan efek berbahaya lainnya dari menggoreng biasa. Salah satunya adalah adanya senyaawa akrilamida yang muncul jika kamu menggoreng makanan berpati seperti kentang. Kehadiran senyawa tersebut kerap kali dikaitkan dengan kemungkinan menderita penyakit kanker.

Air fryer sendiri dipercaya bisa menurunkan kadar senyawa tersebut hingga 90%. Nah, dengan menggunakan air fryer ini, kamu bisa menikmati makanan goreng tanpa merasa bersalah dan khawatir namun tetap dengan rasa gurih dan renyah yang memanjakan lidah.

Kelebihan lainnya dari alat ini adalah multifungsi. Kamu bisa menggunakannya untuk memanggang dengan hasil yang renyah di luar namun lembut di dalam. Selain itu, seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, ada berbagai makanan yang bisa kamu masak di dalam alat ini mulai dari kentang goreng hingga cookies.

Lebih lanjut, alat ini juga terbilang mudah digunakan. Kamu cukup mengatur suhu serta durasi untuk menggoreng dan meletakkan makanan yang kamu mau ke dalam wadah atau keranjang air fryer. Pada sebagian besar merek air fryer, wadah tersebut juga mudah dikeluarkan dan aman dibersihkan menggunakan dishwasher. Selain itu, sengan adanya pengaturan tersebut, tentu kamu tidak perlu khawatir makanan akan gosong jika sewaktu-waktu kamu memasak sambil melakukan pekerjaan lain.

Hotel Kapsul Bobobox

Selain tren memasak dengan air fryer, tren hotel kapsul kini juga mulai digandrungi oleh para wisatawan. Terhitung sejak tahun 2017, hotel kapsul mulai banyak bermunculan seiring dengan naiknya minat pelancong terhadap pilihan akomodasi yang hemat.

Nah, jika kamu termasuk yang ingin mencoba tren ini, datang saja ke Bobobox! Hotel kapsul berlogo koala ini sudah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Konsepnya futuristik dan minimalis dengan harga terjangkau tapi tidak murahan.

Ada banyak fasilitas menarik yang dijamin membuat kamu betah berlama-lama bersama Bob. Area bermural yang bisa kamu jadikan latar selfie, kamar mandi bersih nan estetik, communal area, Wi-Fi kencang, Bluetooth speaker, keyless access ke dalam kamar atau pod, dan pengaturan warna lampu sesuai mood kamu dalam pod adalah segelintir fasilitas yang akan menemani kamu selama berada di Bobobox.

Beberapa fasilitas tersebut dapat kamu atur melalui aplikasi Bobobox yang terinstall di ponsel kamu atau lewat panel yang tersedia dekat jendela di dalam pod. Nah, biar semakin mantap untuk mencoba tren hotel kapsul ini, unduh dulu saja aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store. Kamu juga akan mendapat notifikasi tentang promo serta giveaway menarik dari Bob.

You might also like