Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Antrean Bikin Paspor Bisa Lewat Online, Ini Caranya

Biar kamu tidak dibikin ribet

Bobobox.co.id — Salah satu barang wajib yang harus kamu urus untuk bisa berlibur ke luar negeri adalah paspor. Dengan paspor di tangan, kamu bisa langsung liburan ke negara yang kamu inginkan semisal Jepang, Australia, Inggris, dan masih banyak lainya.

Namun jika kamu belum memiliki paspor, tentu kamu harus bikin paspor terlebih dahulu. Sekarang ini, dengan teknologi yang semakin maju, kamu tidak perlu ribet lagi soal urusan bikin paspor. Pasalnya, untuk mendapatkan antrean bikin paspor, kamu bisa lewat online.

Ada tiga cara online yang bisa kamu lalui untuk mendapatkan antrean bikin paspor tadi yaitu melalui aplikasi, website, dan juga via WhatsApp. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak penjelasannya dari Bob berikut ini.

Lewat Aplikasi

Cara mendapatkan antrean bikin paspor online yang pertama adalah melalui aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Bagi para pengguna Android, kamu bisa mengunduhnya langsung dari Google Play dengan kata kunci ‘Layanan Paspor Online’.

Sedangkan, untuk pengguna iOS, hingga tulisan ini dibuat, aplikasi layanan paspor ini belum tersedia secara resmi di App Store. Semoga saja di waktu dekat-dekat ini, pihak terkait sudah membuat dan merilis aplikasinya di App Store. Sehingga, kamu bisa dengan mudah mengurus antrean bikin paspor lewat aplikasi.

Nah, sehingga, bagi kamu pengguna Android, yuk simak cara-caranya berikut ini.

Masukkan Kata Kunci

Saat membuka Google Play, masukkan kata kunci ‘Layanan Paspor Online’ pada kolom search. Setelah kamu menekan enter, unduhlah aplikasi yang dimaksud.

Buat Akun Jika Belum Punya

Setelah terunduh, kamu akan disuguhi dengan tampilan aplikasi seperti gambar di bawah ini. Jika kamu belum memiliki akun untuk bikin paspor, daftarkan dirimu dengan menggunakan email aktif yang sering kamu gunakan sehari-hari.

Isilah Data yang Dibutuhkan

Saat kamu melihat tampilan mengenai isian data yang harus kamu isi, isilah data tersebut dengan benar. Jangan lupa untuk memeriksa kembali apa yang sudah kamu isi sebelumnya. Bisa saja isian tadi ada typo yang harus kamu perbaiki.

bikin paspor antrean

Pilih Kanim yang Dituju

Selesai dengan mengisi data kamu akan menuju ‘Beranda. Di sini, kamu sudah bisa memulainya dengan menekan ikon ‘Antrian Paspor’. Kamu bisa menyesuaikan kantor imigrasi (kanim) yang dituju yang jaraknya dekat dengan rumah atau kantormu.

Pilih Jenis Permohonan dan Jadwalnya

Pada tahapan ini, kamu harus mengisi sejumlah data mulai dari jumlah, tanggal kedatangan, hingga jam untuk pembuatan paspor. Di sini, kamu bisa mengetahui jumlah kuota yang tersedia pada tiap harinya. Sehingga, jadwal pembuatannya bisa disesuaikan dengan kegiatanmu sehari-hari.

Setelah selesai, nantinya kamu akan mendapatkan QR code yang menjadi bukti kode booking untuk pengurusan paspor di kantor imigrasi yang kamu sudah pilih sebelumnya.

Lewat Website

Untuk cara selanjutnya, kamu bisa langsung mengunjungi situs resmi Direktorat Jendral (Dirjen) Imigrasi melalui https://antrian.imigrasi.go.id/. Jangan lupa untuk menggunakan peramban Google Chrome selama membuka situs tersebut. Kamu akan disuguhi dengan tampilan seperti ini.

Cara mendapatkan antrean online melalui website antrian imigrasi ini sebenarnya hampir mirip dengan cara yang kamu lakukan untuk mengambil nomor antrean via aplikasi Layanan Paspor Online. Hanya saja, untuk via website, kamu tidak perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Beberapa orang seringkali mengeluh terhadap space memori smartphonenya yang penuh dengan beragam aplikasi mulai dari media sosial hingga games pengusir bosan. Sehingga, cara yang hanya melalui situsnya saja bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu dengan kondisi seperti ini.

Nah, baik via aplikasi maupun website, yang terpenting adalah setelah kamu mendaftarkan akunmu, pastikan bahwa nomor telepon dan email yang kamu isikan pada formulir yang disediakan sering kamu gunakan. Sehingga, jika ada berita lanjutan terkait pengajuan nomor antrean untuk membuat paspormu bisa dengan mudah kamu cek secara berkala.

Tak hanya itu, kamu harus memperhatikan dengan benar informasi yang kamu isi pada formulir yang diberikan. Jangan sampai ada typo khususnya di bagian NIK. Karena satu nomor berbeda saja, NIK yang kamu cantumkan bisa saja merupakan nomor NIK orang lain yang tidak kamu kenal.

Via WhatsApp

Nah, cara terakhir yang kamu bisa lakukan untuk mendapat antrean online saat bikin paspor adalah via WhatsApp. Namun yang sangat disayangkan adalah cara satu ini masih hanya bisa dilakukan di beberapa kota saja seperti Jakarta Pusat, Tangerang, Batam, dan Bogor.

Bagi kamu yang tinggal di keempat kota tersebut, kamu bisa mengikuti tahapan-tahapannya berikut ini.

  • Pilihlah kantor imigrasi di antara keempat kota yang di mana kamu tinggal.
  • Simpanlah nomor operatornya di smartphonemu.
  • Setelah itu, bukalah aplikasi WhatsApp untuk kemudian membuat pesan baru.
  • Format pesan baru tersebut adalah #Nama#TanggalLahir#TanggalKedatangan untuk pembuatan paspor. Contoh: #Nita#10111994#10082019.

Untuk nomor-nomor operator kantor imigrasi ke empat kota tersebut ada di bawah ini.

  • Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam (0822 8886 2017)
  • Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat (0812 9900 4406)
  • Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang (0811 8119 000)
  • Kantor Imigrasi Kelas 1 Bogor (0811 1100 333)

Walaupun masih terkendala masalah hanya beberapa kota saja yang bisa mendapatkan antrean online via WhatsApp ini, tentu bagi kamu yang tinggal di luar keempat kota tersebut tentu menginginkan adanya pelayanan via aplikasi chatting ini di kotamu masing-masing.

Semoga saja dalam waktu dekat ini, beberapa kota lainnya bisa menyusul keempat kota tersebut untuk bisa melayani pengambilan nomor antrean dalam pembuatan paspor via WhatsApp.

Jadi cukup mudah bukan untuk mendapatkan antrean secara online tanpa harus membuatmu ribet? Kamu bisa memilih salah satu diantara ketiga cara di atas tadi. Cukup sesuaikan dengan kondisi yang ada karena ketiga cara tersebut sangat mudah untuk kamu lakukan di mana pun kamu berada. Selama ada koneksi internet tapi ya!

Butuh Penginapan Saat Liburan? Datang aja ke Bobobox

Setelah mendapatkan antrean online untuk membuat paspor, kamu tentu selangkah lebih siap untuk memulai liburanmu di akhir tahun nanti. Nah, hal lainnya yang perlu kamu perhatikan saat memulai liburanmu adalah dengan mencari akomodasi penginapan yang tepat untuk liburanmu.

Pasalnya, jika kamu salah dalam memilih akomodasi penginapannya, yang ada justru liburanmu jadi tidak menyenangkan karena energimu tidak terisi dengan baik saat beristirahat. Sehingga, tak salah jika kamu membutuhkan akomodasi penginapan yang siap menjaga kualitas tidurmu selama menginap di tempat tersebut.

Salah satu akomodasi penginapan yang direkomendasikan soal ini adalah Bobobox. Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul dengan konsep futuristik yang mengedepankan pelayanan terbaik untuk tamu-tamu yang datang. Jadi, tidak perlu khawatir dengan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan di sini. Pasti ciamik dan keren untuk kamu gunakan selama menginap di Bobobox.

So, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu melalui link ini untuk pemesanan tiap podnya ya!

business traveler bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.