Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tidak Hanya Dari Indonesia, Ini Dia Aneka Ragam Bakso dari Penjuru Dunia

Hidangan berbentuk bulat dengan perbedaan cita rasa dan penyajian

Selain Indonesia, negara-negara lain di dunia juga memiliki kuliner serupa bakso dengan cita rasa beragam. Aneka ragam bakso dunia ini juga memiliki cara memasak dan penyajian yang berbeda-beda.

Ada yang menggunakan metode merebus, menggoreng, membakar hingga memanggang. Penyajian pun bisa bersama dengan nasi, saus, pasta, kuah kaldu atau bersama roti. Dari segi bahan, aneka ragam bakso dunia umumnya terbuat dari bahan dasar yang sama, yaitu daging.

Hanya saja, bahan tersebut sama beragamnya tergantung pada selera dan kebiasaan masyarakat setempat. Ada yang memakai daging sapi, ikan, babi, ayam, kalkun hingga udang. Apapun jenis protein yang dipakai, ragam bakso dunia ini umumnya sama-sama memiliki bentuk yang bulat atau menyerupai bola.

Nah, berikut ini adalah ragam bakso dunia dari sejumlah negara di Asia hingga Eropa.

Ragam Bakso Dunia – Asia

Kofta

via turkishfoodtravel.com

Kofta merupakan salah satu dari beragam bakso dunia yang populer di kawasan Timur Tengah dan Asia Selatan seperti Turki, Bangladesh, India hingga Maroko. Melansir Serious Eats, kofta ini merupakan cikal bakal bakso yang kini sudah menyebar ke seluruh dunia.

Kofta mulanya berasal dari orang-orang Persia yang memperkenalkannya kepada budaya Arab. Orang-orang Arab kemudian membawanya ke Italia dan dari sana, bakso pun menyebar ke seluruh dunia.

Karena tersebar di berbagai negara, variasi olahan kofta pun tak kalah banyaknya. Kofta sendiri umumnya terbuat dari daging sapi, domba atau ayam dengan campuran berbagai rempah seperti ketumbar, bawang putih, bawang bombay, kunyit, jintan, pala, kapulaga.

Di negara-negara Timur Tengah, mereka kerap kali menambahkan roti basah, gandum dan beras agar adonan lebih lembut dan tidak terlalu padat. Mereka kemudian membentuk adonan seperti bentuk rokok lalu memanggangnya dengan tusukan.

Sementara itu, di India, kamu bisa menjumpai kofta berbahan seafood hingga sayuran. Orang India, biasanya menggunakan metode rebus, kukus dan panggang dengan memakai tusukan.


Baca Juga: Suka Makan Seafood? Pastikan Kamu Olah Dengan Benar Sebelum Dikonsumsi Ya!


Bakso

@vimilkvimin/Freepik

Bakso di Indonesia umumnya terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Adonan itu kemudian dibentuk bulat-bulat dengan berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga jumbo. Bakso besar biasanya terbagi lagi ke dalam beberapa jenis. Yang paling umum adalah bakso urat, bakso cincang dan bakso telur rebus.

Seperti yang kamu tahu, bakso di Indonesia umumnya kamu santap bersama dengan kuah kaldu gurih serta mi, bihun, sawi hijau dan tauge. Selain bakso sapi dan kuah, Indonesia juga memiliki ragam bakso lainnya yang tak kalah lezat. Di antaranya adalah bakso ikan, bakso ayam, bakso goreng hingga bakso bakar.

Bo Vien

via runawayrice.com

Ragam bakso dunia lainnya bisa kamu jumpai di negara Vietnam. Serupa dengan Indonesia dan Tiongkok, bo vien kerap kali disandingkan dengan pho atau sup daging khas Vietnam. Sup tersebut biasanya terbuat dari kaldu sapi, ketumbar, jahe, daun bawang, merica dan rempah-rempah lainnya.

Sementara itu, baksonya sendiri umumnya terbuat dari daging sapi. Namun, ada juga yang menggunakan babi atau ayam sebagai bahan dasarnya.

Luk Chin Ping

via witvlogs.com

Luk chin ping merupakan salah satu jajanan kaki lima populer di Thailand. Makanan satu ini berupa bakso goreng atau bakar yang ditusuk bambu. Kamu kemudian bisa menikmatinya dengan tambahan saus manis pedas.

Lion’s Head

via pbs.org

Lion’s head merupakan salah satu dari ragam bakso dunia yang bisa kamu jumpai di Tiongkok. Bakso ini cukup besar dan lembut dan terbuat dari daging babi. Orang Tiongkok umumnya menyajikan bakso ini dengan kuah chestnut dan sawi putih rebus. Perpaduan bakso besar seukuran bola tenis di atas sawi putih membuat lion’s head terlihat seperti kepala singa dengan bakso sebagai kepala dan sawi putih rambutnya.

Tsukune

via seriouseats.com

Beralih ke Jepang, kamu bisa menjumpai ragam bakso dunia lainnya yang tak kalah lezat bernama tsukune. Tsukune ini merupakan bakso ayam khas Jepang yang ditusuk layaknya satai lalu dibakar dan diberi olesan kecap serta sedikit wijen.

Gogi Wanja Jorim

via koreanbapsang.com

Di Korea, bakso memiliki sebutan gogi wanja dan biasanya dapat kamu nikmati dalam hidangan sup, hotpot, campuran telur, atau gorengan dengan sedikit minyak. Nah, gogi wanja jorim ini termasuk hidangan yang digoreng terlebih dulu dengan sedikit minyak lalu diolesi saus. Hasilnya adalah hidangan bakso dengan cita rasa manis pedas.


Baca Juga: 9 Menu Sarapan Seluruh Dunia Untuk Makan Pagimu Selanjutnya


Ragam Bakso Dunia – Eropa

Köttbullar

via carolinescooking.com

Olahan lainnya dari ragam bakso dunia adalah köttbullar, bakso khas Swedia yang seringkali tersaji dengan saus krim lezat. Menurut sejarah, bakso Swedia ini pertama kali mucul dalam buku memasak karya Cajsa Warg pada athun 1755.

Setelah itu, köttbullar pun menjadi hidangan favorit masyarakat. Selain berbalut saus krim, hidangan köttbullar juga bisa kamu nikmati dengan kentang rebus atau puree kentang serta saus buah lingonberry.

Frikadeller

danishfoodlovers.com

Frikadeller merupakan salah satu kuliner populer Denmark yang umumnya terbuat dari bahan dasar daging babi cincang dan bawang bombay. Bakso ini berbentuk lebih pipih dibandingkan dengan ragam bakso dunia lainnya. Dimasak dengan metode pan-fry, Frikadeller bisa kamu nikmati dengan kentang rebus, roti, roti bakar dan mayones.

Konigsberger klopse

via affordable.cooking

Bakso dalam kuliner Jerman dikenal dengan nama konigsberger klopse. Olahan bakso ini biasanya terbuat dari campuran daging babi dan sapi cincang, namun bisa juga menggunakan daging sapi muda dan domba. Untuk penyajiannya, orang Jerman kerap menambahkan saus krim atau saus jamur serta kentang rebus dan acar bit.

Italian Meatballs

via food.com

Pasangan spageti dan bakso merupakan hal yang lumrah di Amerika, namun tidak berlaku di Italia. Tidak seperti Amerika, bakso Italia merupakan makanan rumahan dan biasanya dihidangkan terpisah. Makanan satu ini bisa kamu nikmati dengan saus tomat melimpah serta keju Parmesan dan roti sebagai tambahan.

Chiftele

via venturists.net

Chiftele merupakan salah satu dari ragam bakso dunia yang bisa kamu jumpai di Romania. Olahan yang dari kofta ini biasanya terbuat dari daging cincang (biasanya gabungan dua daging seperti sapi, babi, domba dan ayam) dan sayuran mentah.

Adonan bulat itu kemudian digoreng dengan sedikit minyak. Orang Romania biasanya menyantap bakso ini dengan tambahan saus tomat atau zacusca (saus paprika merah dan terong).

Bitterballen

via learndutch.org

Berbeda dengan olahan dalam ragam bakso dunia lainnya, bitterballen memiliki tekstur luar yang renyah lalu empuk di dalam. Hal ini sebenarnya tidak mengherankan sebab bitterballen merupakan bakso yang terbuat dari campuran tepung dan daging yang digoreng dalam minyak panas. Di Belanda makanan satu ini bisa dengan mudah kamu jumpai di kafe atau bar sebagai teman minum bir.


Baca Juga: Yuk Kita Kulineran! Ini Dia Beragam Makanan Indonesia Dari Belanda!


Faggot

via thespruceeats.com

Berbeda dengan ragam bakso dunia lainnya, faggot merupakan olahan yang mulanya terbuat dari jeroan babi. Namun, sekarang ini, faggot lebih sering menggunakan hati atau jantung sebagai bahan dasarnya.

Faggot ini termasuk makanan yang sudah kuno atau tradisional yang berasal dari kawasan Inggris Barat. Orang Inggris biasanya menyantap faggot dengan kacang polong lembek serta mashed potato dan saus bawang bombay.

Ragam Bakso Dunia – Amerika

Italian-American Meatball

via paesana.com

Italian-American meatball cukup populer di Amerika Serikat dengan ukuran yang lebih besar dengan yang ada di Italia. Bakso ini biasanya terbuat dari daging sapi, babi, kalkun atau campuran beberapa daging. Orang Amerika biasanya menikmati bakso ini dengan saus tomat dan pasta.

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, kombinasi pasta dan bakso merupakan salah satu makanan populer di negeri Paman Sam tersebut. Kebiasaan ini bermula dari para imigran Italia Amerika.

Albondigas

mylatinatable.com

Olahan selanjutnya dalam ragam bakso dunia adalah albondigas. Bakso satu ini sebenarnya berasal dari Spanyol namun lebih dikenal sebagai makanan khas Meksiko. Karena itu, makanan ini juga populer di negara-negara berbahasa Spanyol.

Bakso satu ini biasanya dapat kamu nikmati dengan kuah tomat berisi kentang dan wortel. Jika ingin memakannya sebagai makanan utama, albondigas bisa kamu santap dengan nasi khas Meksiko atau tortilla.

Hotel Strategis? Bobobox Jawabannya!

Indonesia terkenal dengan berbagai kuliner khas yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Untuk bisa menikmatinya, luangkanlah waktu untuk berlibur sambil berburu kuliner khas di berbagai kota di Indonesia.

Jangan lupa siapkan akomodasi yang strategis agar tidak kesulitan dalam mengeksplorasi berbagai wisata kuliner dengan bebas namun tetap dalam jangkaun. Salah satu hotel yang menawarkan lokasi strategis dengan harga terjangkau adalah Bobobox.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang dan Medan. Yuk unduh dulu aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

You might also like