Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berenang di Kolam Renang Umum, Amankah dari Penularan Virus COVID-19?

Agar kamu tetap aman dari virus corona.

Bobobox.co.id — Kebijakan new normal atau bisa juga disebut Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) membuat beberapa tempat umum akan kembali dibuka. Salah satunya adalah kolam renang umum.

Pasti dari kamu sudah merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja saat berada di rumah. Berenang di kolam renang umum dengan banyak wahana menjadi salah satu aktivitas yang bisa mengusir rasa bosan tersebut.

Namun, banyak di antaranya yang masih merasa ragu apakah berenang di kolam renang umum aman untuk dilakukan. Nah, berikut ini merupakan beberapa ulasan singkat seberapa amankah berenang dari penularan virus COVID-19.

Penelitian Penularan di Kolam Renang masih Dilakukan

Sejauh yang sudah kita ketahui bersama bahwa virus corona sendiri ‘berhasil’ mengubah kebiasaan manusia sehari-harinya. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah soal kebersihan dan kesehatan.

Anjuran menjaga jarak membuat olahraga yang dilakukan secara berkelompok seperti berenang di kolam renang umum menjadi hal yang tidak dianjurkan untuk dilakukan sekarang ini karena khawatir adanya potensi penularan COVID-19.

Nah, terkait hal ini, banyak ahli masih melakukan penelitian terkait risiko infeksi virus corona di kolam renang umum. Fakta yang sudah diketahui adalah penularan virus corona yang menular melalui droplet.

Sejauh ini, penelitian yang dilakukan oleh banyak peneliti menunjukkan belum adanya bukti konkrit bahwa virus corona bisa bertahan hidup di air. Jadi, hal tersebut bisa menjadi fakta yang melegakan.

Konsentrasi klorin dari perawatan dan disinfeksi di semua kolam renang umum yang sesuai standar cukup kuat dalam membunuh virus. Hal ini diperkuat dengan belum adanya bukti virus COVID-19 bisa menular melalui air.

Kemungkinan Virus Datang dari Luar Kolam Renang

Walaupun adanya fakta melegakan bahwa nihilnya bukti penularan virus corona di kolam renang tak membuat Bob menyarankan untuk kamu yang berencana berenang untuk berhati-hati dan tetap waspada.

Pasalnya, sulit sekali untuk menyangkal bahwa tidak ada permukaan di sekitar kolam renang yang tidak tersentuh oleh orang banyak. Kemungkinan tersebut bisa dipastikan sangatlah kecil persentasenya.

Untuk itu, beberapa ahli menyarankan untuk tetap berasumsi bahwa semua orang yang datang adalah carrier virus corona dan semua permukaan kolam renang sudah terkontaminasi dengan sentuhan orang-orang tersebut.

Kamu tentu bisa membayangkan permukaan yang akan kamu sentuh selama di kolam tentunya sudah disentuh oleh orang yang ada di kolam tersebut. Mulai dari gagang pintu hingga keran kamar mandi tidak luput dari sentuhan orang lain.

Virus corona sendiri diketahui bisa bertahan di permukaan keras seperti plastik dan besi dalam kurun waktu tiga hari. Tak hanya itu, virus tersebut pun masih bisa bertahan selama tujuh hari pada suhu kamar.

kolam renang penularan covid-19

Saran dari Para Ahli

Dengan berbagai pertimbangan yang sudah dijelaskan barusan, ada baiknya jika kamu mengurungkan niatmu untuk pergi kolam untuk sekarang ini. Jika pun terpaksa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Hal pertama adalah pilihlah kolam yang tidak terlalu ramai. Kamu bisa melakukan survei kecil-kecilan terlebih dahulu terkait hal ini. Pemilihan kolam yang tidak ramai bertujuan agar kamu bisa menjaga jarak dari orang lain.

Terapkan juga kebiasaan untuk menghindari fasilitas umum yang disediakan oleh pihak pengelola seperti loker dan kamar mandi. Kamu bisa segera pulang ke rumah jika kamu ingin membersihkan badan setelah berenang.

Hal terakhir adalah jangan memaksakan diri. Jika kamu merasa tidak enak badan, batalkan rencanamu untuk berenang karena daya tahan tubuhmu sedang menurun dan bisa meningkatkan risiko terkena virus corona.

via cnn.com

Menginap dengan Nyaman? Tentu saja di Bobobox

Setelah berenang, istirahat yang nyaman tentu menjadi hal yang akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. Jika sedang bosan di rumah, kamu bisa melepaskan melepas penat dan staycation di Bobobox!

Hotel kapsul bertema futuristik ini menawarkan fasilitas keren yang siap memanjakanmu saat menginap di podnya. Tak percaya? Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk mencoba langsung pengalaman menginap yang Bob maksud.

Lorong Pods bobobox bandung