Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Buah Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung saat Berbuka Puasa

Tidak perlu khawatir asam lambung naik.

Bobobox.co.id — Di saat berpuasa seperti sekarang ini, penderita asam lambung atau mag tentunya perlu memilih menu buka puasa dengan cerdas dan cermat. Memilih menu berbuka puasa yang salah justru membuat magmu nantinya kumat.

Beberapa menu makanan yang wajib dihindari antara lain gorengan, berlemak, dan yang bersifat asam. Sedangkan, untuk salah satu menu yang aman untuk dikonsumsi saat berbuka puasa adalah buah-buahan.

OLeh karena itu, jika kamu termasuk penderita asam lambung, buah-buahan yang aman dikonsumsi saat berbuka puasa rasanya wajib untuk diketahui. Hal ini demi menjaga kesehatan lambungmu juga.

Nah, tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak 10 buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa yang sudah Bob rangkum berikut ini.

Pepaya

Buah pertama yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa adalah pepaya. Hal yang membuat buah ini aman bagi penderita mag adalah enzim papain yang terkandung dalam pepaya.

Enzim tersebut bermanfaat untuk menyehatkan pencernanaan. Tidak hanya itu, enzim tersebut pun membantu tubuh untuk menyerap protein dengan mudah. Sifat inilah yang dapat mencegah naiknya asam lambung.

Selain enzim papain yang Bob sebutkan tadi, pepaya terkenal akan kaya serat dan kadar airnya. Keduanya sendiri berkhasiat untuk mencegah sembelit dan mengganti kebutuhan air yang hilang selama puasa.

Apel

Buah berikutnya yang aman dikonsumsi bagi penderita mag saat berbuka puasa adalah apel. Buah satu ini termasuk buah yang mudah sekali kamu temukan di pasar tradisional ataupun minimarket terdekat.

Apel sendiri merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalsium, magnesium, dan kalium yang baik. Beberapa kandungan ini yang membantumu dalam meredakan gejala refluks asam.

Oleh karenanya, saat mengonsumsi apel, asam lambung pun akan berkurang dan perut menjadi lebih tenang. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pastikan apel yang dimakan benar-benar matang.

apel berbuka puasa

Melon

Melon menjadi alternatif buah lainnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung saat berbuka puasa. Buah satu ini seringkali hadir sebagai buah yang digunakan untuk membuat es buah.

Kandungan airnya yang hampir mencapai 90 persen dan juga elektrolit seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalsium berguna untuk menghidrasi tubuh dengan cepat tanpa meninggalkan efek samping pada lambung.

Selain itu, kandungan lainnya seperti vitamin C, vitamin A, potasium. dan lycopene pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi secara rutin, tubuhmu akan terpelihara kesehatannya.

Pisang

Sama seperti halnya apel dan melon, pisang termasuk salah satu buah yang banyak dijual di pasaran dan aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang termasuk penderita asam lambung.

Pisang sendiri dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan stamina tubuh. Padahal, ada manfaat lainnya yang ditawarkan oleh buah berwarna kuning saat matang ini.

Manfaat lain dari pisang adalah menjaga kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi dalam tubuh. Tidak hanya itu, pisang pun mampu membantu dalam mencegah dehidrasi dan menurunkan kadar gula darah.

Kelapa

Kelapa menjadi buah selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita mag saat berbuka puasa. Selain segar untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, kelapa pun memiliki manfaat lainnya untuk penderita mag.

Air kelapa muda memiliki banyak mineral dan senyawa yang memiliki manfaat untuk menenangkan sistem percernaan dalam tubuh. Selain itu, air kelapa pun disinyalir mampu menghambat peradangan di lambung.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu memasukkan kelapa ke dalam daftar menu berbuka puasa. Apalagi air kelapa muda pun mampu menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang selepas beraktivitas selama seharian.

Semangka

Buah semangka memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengurangi keasaman di dalam tubuh. Tak pelak jika buah satu ini cocok untuk dikonsumsi untuk penderita asam lambung saat berbuka puasa.

Tingkar kadar keasamannya yang rendahlah yang dapat membantu dalam menetralkan asam lambung dalam perut. Kandungan lainnya yang ada di semangka anatara lain antioksidan, vitamin C, dan vitamin A.

Hampir mirip seperti melon, 92 persen dari buah semangka terdiri dari air. Tidak hanya itu, buah ini pun kaya akan elektrolit yang dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Pir

Jika kamu ingin mencoba buah lain selain yang sudah Bob sebutkan, kamu bisa memilih pir sebagai menu berbuka puasa. Pasalnya, buah ini termasuk yang aman untuk dikonsumsi bagi penderita mag.

Buah pir sendiri kaya akan folat, vitamin C, dan kalium. Selain itu, buah biar sering dikonsumsi karena menjadi sumber antioksidan polifenol yang baik untuk tubuh.

Sama seperti halnya semangka, buah pir pun memiliki kadar asam yang rendah sehingga aman untuk asam lambung. Kandungan pektin pada pir pun mampu meningkatkan kesehatan usus.

Aprikot

Buah lainnya yang bisa menjadi alternatif untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung adalah aprikot. Kamu bisa memilih buah aprikot dalam bentuk segar ataupun kering untuk dimakan.

Aprikot memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah namun menjadi sumber vitamin A dan C yang baik untuk tubuh. Hal tersebut menjadikan buah ini layak dikonsumsi oleh semua orang.

Apalagi, aprikot sendiri secara alama memiliki kandungan air yang tinggi. Hal tersebut pastinya penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, kalium pada aprikot pun mampu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Kurma

Buah yang satu ini termasuk salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berbuka puasa. Selain mampu menjaga stamina saat berpuasa, kurma pun baik untuk dikonsumsi penderita asam lambung.

Kurma sendiri kaya akan serat. Oleh karena itu, kurma dapat menjaga kesehatan pencernaan. Salah satuny adalah lambung. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang ditawarkan oleh buah kesukaan Nabi Muhammad SAW ini.

Beberapa manfaat lainnya dari kurma di antaranya adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan mengembalikan energi dengan cepat. Jadi, tidak usah ragu lagi dalam mengonsumsi buah kurma ya.

Blewah

Buah terakhir yang Bob rekomendasikan untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung saat berbuka puasa adalah blewah. Buah blewah sendiri tergolong unik karena hanya bisa dijumpai pada bulan puasa saja.

Buah blewah bisa memenuhi asupan air tubuh. Hal ini terjadi karena blewah memiliki kandungan air 90 persen pada buahnya. Oleh karena itu, buah ini mampu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama puasa.

Bagi penderita asam lambung, buah ini bebas dari sifat asam yang membuatnya aman untuk dikonsumsi. Selain itu, buah ini bisa dijadikan sebagai olahan es buah bersama buah lainnya seperti melon dan semangka.

Menginap dengan Nyaman? Datang saja ke Bobobox

Jika kamu merasa bosan setelah cukup lama berada di rumah saja, Bob sarankan untuk mencoba menginap di Bobobox. Pasalnya, kamu akan mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan pastinya berbeda dengan hotel pada umumnya.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut soal Bobobox bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.