Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mobil Pribadi Jadi Alat Transportasi Aman dan Nyaman di Era New Normal

Alat transportasi aman ini dapat membuat kamu tenang bepergian ke tempat umum,

Alat transportasi aman menjadi salah satu hal yang menjadi bahan pertimbangan banyak orang saat akan bepergian ke tempat umum. Pasalnya di tengah situasi pandemi Covid-19 ini terdapat banyak perubahan terhadap cara beraktivitas masyarakat. Salah satunya adalah kebiasaan untuk menghindari keramaian. Perubahan kebiasaan masyarakat dalam beraktivitas ini akan terus berlangsung sampai vaksin virus corona ditemukan.

Oleh karena itu muncullah istilah new normal atau tatanan kenormalan baru. Transportasi umum sebelumnya menjadi primadona karena harganya yang terjangkau dan aksesnya yang strategis. Keberadaan transportasi umum tentu sangat membantu terutama bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Namun, dalam kondisi pandemi ini transportasi umum membuat masyarakat sedikit gelisah karena keramaiannya hingga rentan terjadi penularan virus corona.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memasuki era new normal adalah kesiapan transportasi untuk mendukung aktivitas masyarakat. Saat new normal dimulai maka akan terjadi pengaktifan kembali roda ekonomi yang tentu memicu banyak orang untuk keluar rumah. Hal ini memungkinkan terjadinya kepadatan di area transportasi umum yang harus ditanggulangi dengan baik agar tidak memperpanjang rantai penyebaran infeksi virus corona.

Di tengah situasi ini masyarakat diprediksi akan lebih memilih menggunakan alat transportasi aman seperti mobil pribadi untuk menghindari keramaian transportasi umum. Namun ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar mobil pribadi memenuhi kualifikasi sebagai alat transportasi aman seperti kebersihannya yang terjamin. Yuk kita simak informasi mengenai mobil pribadi sebagai alat tansportasi aman di era new normal seperi berikut ini!

@mytdrive

Mobil Sebagai Alat Transportasi Aman

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan terjadi perubahan regulasi transportasi umum di era new normal Indonesia yang mengacu pada standar protokol kesehatan yang berlaku. Pemberlakukan standar protokol kesehatan ini membutukan kerjasama antara pengguna dan operator transportasi untuk dapat mencegah penularan infeksi virus corona. Beberapa bentuk prosedur baru ini berbasis pada aturan kesehatan, kebersihan, serta jaga jarak.

Penggunaan masker akan menjadi sebuah budaya baru yang harus dipatuhi terutama saat berada di tempat umum termasuk saat bertransportasi. Selain penggunaan transportasi umum, banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan mobil pribadi yang dinilai sebagai salah satu pilihan alat transportasi aman di era new normal. Penggunaan mobil pribadi dirasa lebih nyaman karena penggunanya dapat terhindar dari kontak dengan banyak orang.

Protokol Kesehatan Alat Transportasi Aman

Sekalipun mobil pribadi dirasa sebagai salah satu pilihan alat transportasi aman yang tepat namun penggunaan alat transportasi aman ini pun tidak boleh dilakukan secara asal. Sebagai seorang pemilik atau pengguna alat transportasi aman berupa mobil pribadi ini faktanya terdapat beberapa protokol kesehatan yang mesti dijalankan. Dengan mengikuti standar protokol kesehatan maka pengguna akan merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah untuk selalu memastikan bahwa kabin mobil dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk selalu membuang semua sampah dan menurunkan barang yang tidak terpakai di dalam mobil sebelum berkendara. Setelah memastikan mobil tidak dihuni sampah, kamu bisa menyedot debu-debu interior mobil menggunakan vacuum cleaner.

Bersihkan juga selipan-selipan di dasbor, kisi-kisi AC, cup holder, door trim, jok mobil, juga bagian karpet dan lantai mobil yang rentan dihuni serangga dan debu halus. Selalu siapkan masker di laci dashboard mobil yang sewaktu-waktu akan kamu butuhkan saat bepergian. Siapkan juga hand sanitizer di panel pintu agar mudah dijangkau. Jika mobil akan di parkir, pastikan kamu membawa keluar hand sanitizer milik kamu agar kandungannya tidak rusak karena suhu mobil yang berubah.

Alat transportasi aman

Menggunakan Jasa Salon Mobil

Jika kamu merasa kesulitan untuk membersihkan mobil secara mandiri kamu bisa mengandalkan jasa salon mobil untuk melakukannya. Beberapa salon mobil dan bengkel bahkan sudah memiliki layanan khusus yang berfokus pada perawatan interior mobil agar tetap sehat lewat treatment khusus berupa sterilisasi kabin.

Bob yakin kamu pun pasti bisa melakukan proses pembersihan mobil seacara mandiri asal tahu bagian interior mobil yang mana saja yang harus selalu dijaga kebersihannya. Oleh karena itu Bob akan memberi tahu bagian mana saja yang harus kamu perhatikan kebersihannya seperti bagian setir, door handle, tuas transmisi, dan juga tombol-tombol pada panel. Jangan lupa juga untuk membersihkan panel layar sentuh, head unit, dan arm rest (sandaran lengan).

Interior mobil lainnya yang sering disentuh oleh tangan dan perlu dibersihkan adalah seat adjusters atau tuas pengatur posisi jok, tuas penggerak wiper, dan juga tuas lampu sein. Cara membersihkannya cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan disinfektan ke bagian-bagian interior di atas kemudian lap menggunakan handuk microfiber yang lembut.

Cek Keprimaan Mobil Kamu

Selain interior mobil, penting juga bagi kamu untuk memeriksa bagian mesin agar mobil kamu layak digunakan sebagai alat transportasi aman di era new normal. Alat transportasi aman ini harus memiliki kondisi tekanan angin ban dan kondisi oli mesin yang prima. Pastikan semua komponen alat transportasi aman ini dalam kondisi normal agar alat transportasi aman ini dapat digunakan dengan maksimal.

Bila kamu merasa kebingungan kamu bisa membaca buku manual atau pedoman kendaraan. Dengan begitu kamu dapat memastikan tekanan angin dan posisi cairan oli yang ideal. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan prinsip mengemudi yang aman. Jangan sampai alat transportasi aman ini malah merugikan sesama pengguna jalan lain karena digunakan secara agresif.

Hasil Kajian Mobil Sebagai Alat Transportasi Aman

Menurut hasil kajian Praxis Global Alliance, masyarakat lebih memilih menggunakan mobil sebagai alat transportasi aman untuk melakukan aktivitas selama new normal. Mobil pribadi dianggap sebagai alat transportasi aman karena dirasa lebih nyaman dan lebih aman dibandingkan dengan alat transportasi umum. Mengutip data hasil kajian di Tiongkok, permintaan konsumen terhadap kendaraan pribadi roda 4 sebagai alat transportasi aman meningkat tajam.

Jika kamu sudah memiliki alat transportasi aman berupa mobil pribadi jangan lupa untuk rawat dan jaga kebersihannya ya. Mobil yang terawat tentu akan menunjuang kesehatan, keamanan, dan kenyamanan kamu saat berkendara. Dengan memiliki alat transportasi aman berupa mobil pribadi setidaknya kamu merasa tenang saat akan bepergian. Setelah sekian lama berdiam diri di rumah mungkin ini saat yang tepat bagi kamu untuk sejenak menghilangkan kepenatan dengan melakukan staycation yang seru.

Kamu bisa coba menginap di hotel kapsul Bobobox yang dijamin aman dan nyaman! Bobobox adalah salah satu penginapan berkonsep hotel kapul yang sejak awal telah menerapkan konsep contactless yang praktis. Kamu tak perlu ragu menginap di Bobobox karena Bob telah menjamin keamanan, kenyamanan, dan kebersihannya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Yuk unduh aplikasi Bobobox segera untuk bisa mendapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan!