Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Alasan Kenapa Orang-Orang Memilih Ikut CPNS

Kamu termasuk yang mana?

Bobobox.co.id — Beberapa hari yang lalu, baru saja diadakan tes CPNS bagi yang sudah mendaftar pada bulan Desember dan dinyatakan lolos secara administrasi. Hampir ribuan pelamar berbondong-bondong ke tempat tes guna berharap tes ini menjadi pembuka jalah guna menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dari sekian ribu pelamar yang memilih ikut CPNS, tentu banyak sekali alasan dibalik keinginan mereka untuk menjadi PNS. Maksudnya adalah ribuan pelamar ini memiliki masing-masing alasan kenapa mereka akhirnya memutuskan untuk memilih ikut CPNS.

Pasalnya, kabar-kabarnya, ada pelamar yang merelakan posisinya di sebuah perusahaan swasta demi menjadi seorang abdi negara (civil cervant). Sehingga, pastinya pelamar tersebut mempunyai alasan kuat kenapa dia memilih ikut CPNS dan melepas pekerjaannya di perusahaan dia bekerja.

Di sini, Bob merangkum kurang lebih 7 alasan kenapa orang-orang memilih ikut CPNS. Dari 7 alasan ini, bisa jadi merupakan alasanmu kenapa memilih ikut CPNS. Yang harus diingat, ada beberapa alasan yang terrangkum ini ada yang semi-serius. Jadi, jangan terlalu dibawa terlalu serius ya! Langsung, check these out!

Jenjang Karir yang Jelas

Alasan pertama kenapa orang-orang memilih ikut CPNS adalah soal jenjang karirnya yang jelas dan panjang. Tak sedikit yang menginginkan jenjang karir yang jelas dan pasti. Menjadi seorang PNS tentu membuka lebar-lebar peluang tersebut untuk menjadi sebuah kenyataan.

Pasalnya, semisalkan kamu masuk sebagai PNS, eselon awal yang kamu tempati sendiri disesuaikan dengan tingkat pendidikan terakhirmu. Nah, tingkat eselon tersebut akan meningkat secara berkala. Jadi, tidak perlu khawatir kamu akan stuck di tingkat saja.

Bahkan, jika kamu termasuk salah satu yang berprestasi di tingkat eselon yang kamu tempati, bukan tidak mungkin kamu akan dipercaya menduduki jabatan fungsional atau struktural. Dengan begitu, nantinya tunjanganmu pun akan bertambah seiring semakin lamanya kamu menjadi PNS.

Tak Perlu Khawatir dengan Masa Depan

Rasa-rasanya, setiap orang tentu menginginkan sebuah kepastian. Selain soal hubungan bersama sang pacar, soal pekerjaan pun menjadi salah satu yang banyak orang ingin mendapatkan stabilitas. Memilih ikut CPNS ini membuka peluangmu untuk mendapatkan stabilitas atau kepastian pekerjaan.

Selepas kamu diterima menjadi seorang abdi negara, maka pekerjaan tersebut akan menjadi pekerjaanmu seumur hidupmu. Tidak perlu khawatir akan pemecatan secara tiba-tiba lagi seperti halnya di perusahaan swasta. Jadi, asalkan kamu tidak melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik, kamu tidak perlu khawatir lagi soal pekerjaan di masa depan.

alasan memilih ikut cpns

Diminta Oleh Orang Tua

Nah, bisa jadi yang satu ini banyak dari kamu-kamu yang memilih ikut CPNS dengan alasan ini. Yap, salah satu permintaan yang tidak bisa ditolak oleh seorang adalah permintaan dari orang tuanya. Dengan karir yang jelas dan panjang, banyak orang tua yang meminta anak-anaknya untuk memilih ikut CPNS.

Karena takut menolak permintaan orang tua, akhirnya kamu memutuskan untuk mengikuti tes CPNS. Untuk alasan memilih ikut CPNS satu ini, ada dua golongan yang muncul yaitu yang ingin membahagiakan kedua orang tuanya dan ada juga yang ikut CPNS untuk sekadar formalitas saja.

Golongan yang pertama ini, walaupun merasa terpaksa dan harus mengubur cita-cita yang ingin mereka capai, namun demi menjadi PNS yang diidamkan oleh orang tua mereka, mereka rela memilih ikut CPNS. Sedangkan golongan kedua, biasanya memilih ikut CPNS agar tidak mendapat omelan dan pertanyaan setiap hari soal sudah atau belumnya mereka mendaftar CPNS.

Memiliki Kesempatan Lebih untuk Lanjut Studi

Bagi yang kamu ingin menapaki studi magister ataupun doktor, seorang PNS sendiri memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk bisa menempuh pendidikan di kedua jenjang tersebut. Apalagi yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri Pasalnya, ada beasiswa yang memang ditujukan khusus bagi abdi negara ini.

Ada dua skema yang bisa ditempuh oleh seorang PNS untuk melanjutkan studi yaitu beasiswa instansi pemerintah dan beasiswa dari lembaga donor. Tinggal terus jaga kinerjamu selama bekerja di instansi di mana kamu bernaung, jika terlihat berprestasi, bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan tugas belajar.

Untuk beasiswa dari lembaga donor, stasusmu sebagai PNS nantinya bisa jadi lebih menjual saat melamar di beasiswa yang dinaungi oleh lembaga donor tersebut. Hal ini disebabkan oleh saat pulang nantinya, tentu komitmen dari pelamar yang merupakan PNS akan jauh lebih untuk memajukan bangsa.

Iseng-Iseng Berhadiah

Bisa jadi ada saja orang-orang dengan alasan ini saat memilih ikut CPNS. Asal daftar saja, soal hasil bagaimana rezekinya menjadi alasan yang sering ditemukan dari ribuan hingga ratusan ribu yang menjadi pendaftar CPNS dari tahun ke tahunnya. Walaupun banyak yang memiliki alasan seperti ini, tidak terlalu baik sebenarnya. Apalagi bagi yang memang benar-benar mempersiapkan untuk mengikut tes CPNS.

Prinsip dari orang-orang yang iseng-iseng berhadiah ini biasanya nothing to lose. Pasalnya, mereka biasanya tidak memiliki beban atau pressure yang membebani mereka saat memilih ikut CPNS. Tinggal datang, kerjakan, dan lupakan. Jika lolos, mereka akan senang, sedangkan jika tidak lolos, ya bukan rezekinya.

Berkesempatan Bertemu Orang Penting di Indonesia

Memilih ikut CPNS berarti memperbesar kesempatan untuk bertemu orang-orang penting di Indonesia khususnya para menteri yang sedang menjabat. Misalkan saja, kamu memilih ikut CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan dinyatakan lolos.

Dengan bekerja langsung di bawah kementrian Nadiem Makarim, kamu pun nantinya mempunyai kesempatan untuk bertemu bahkan memiliki agenda rapat yang satu ruangan dengan menteri Kemendikub ini. Tentu, kesempatan yang jarang dimiliki oleh orang banyak.

via antaranews.com

Ingin Mengubah Citra PNS Dari Dalam

Nah, alasan terakhir memilih ikut CPNS adalah untuk mengubah citra PNS dari dalam. Seperti yang banyak orang ketahui bahwa seringkali PNS diidentikkan dengan citra yang relatif kurang baik di mata masyarakat awam. Mulai dari yang terlihat bisa keluyuran di jam kerja dan masih banyak lainnya.

Sehingga, banyak anak muda yang ingin merubah citra tersebut. Salah satunya adalah tentu menjadi seorang PNS guna bisa mengubah citra yang kurang baik dari dalam. Dengan semangat seperti itu, tentunya anak-anak muda tersebut tidak sembarang hanya mengkritik citra kurang baik tersebut tapi juga memilih untuk mengubahnya dengan menunjukkan bahwa PNS bertugas dengan sepenuh hati guna memajukan bangsa.

via okezone.com

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Ya di Bobobox

Mau kamu seorang PNS ataupun bukan, mendapatkan akomodasi penginapan saat liburan tentu menjadi hal yang wajib didapat. Karena itulah, memilih Bobobox sebagai akomodasi penginapanmu menjadi salah satu keputusan yang baik saat liburan.

Selama menginap di Bobobox, kamu bisa beristirahat dengan nyaman dan aman. Hal ini pastinya karena fasilitas-fasilitas keren yang disediakan oleh hotel kapsul berlogo Koala ini. Untuk pemesanan pod, kamu bisa memesan lewat aplikasi Bobobox yang bisa diunduh melalui link ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.