Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!

Yakin enggak mau nonton serial peraih penghargaan di Emmy Awards ini?

Kamu sudah familier dengan Netflix, ‘kan? Salah satu penyedia layanan streaming digital yang mulai naik daun di Indonesia sejak akhir tahun 2017 ini memang menjadi alternatif untuk menonton film berkualitas.

Terlebih sejak pandemi COVID-19 melanda dan seluruh bioksop ditutup, Netflix menjadi andalan untuk streaming berbagai film dan serial dari berbagai negara. Netflix serta-merta menjadi raja streaming perfilman di Indonesia.

Di antara banyaknya film dan serial yang dirilis oleh Netflix, ada satu serial yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu La Casa De Papel, ‘Rumah Kertas’ atau dikenal juga dengan judul Money Heist dalam Bahasa Inggris.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Money Heist merupakan serial dari Spanyol yang mengusung tema drama dan kriminal. Serial yang diproduseri oleh Alex Pina ini pada awalnya dirilis di Spanyol pada 2 Mei 2017 hingga 23 November 2017. Baru kemudian Netflix memperoleh hak penyiaran global pada akhir 2017 dan mulai menayangkannya pada 20 Desember 2017.

Penasaran seperti apa keseruan serial Money Heist? Yuk, simak 5 alasan Money Heist wajib masuk list nonton kamu berikut ini, ya.

Alur cerita penuh plot twist yang cerdas

Money Heist bercerita tentang perampokan berencana yang dilakukan di Royal Mint of Spain atau ‘Badan Percetakan Uang Spanyol’. Perampokan ini melibatkan 8 orang perampok, dengan 1 orang kepala perampok yang disebut Profesor (Alvaro Morte).

Sebagai otak perampokan besar, Profesor bisa dibilang sangat jenius. Ia merencanakan segala detail yang harus dilakukan oleh kedelapan rekrutannya agar perampokan tersebut bisa berhasil. Kedelapan perampok ini memiliki nama kota besar di dunia sebagai panggilannya, yaitu Tokyo, Berlin, Nairobi, Rio, Denver, Moskow, Helsinki, dan Oslo.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Tentu saja, semua rencana Profesor tak bisa berjalan begitu sempurna karena berbagai faktor. Di sinilah plot twist berperan untuk membuat semua alur ceritanya menjadi sangat menarik untuk diikuti.

Jalan cerita yang cukup menegangkan mampu membuat penonton tak bisa lepas dan ingin terus mengikuti setiap episodenya. Ditambah adanya unsur romansa di dalamnya, yang juga ikut membangun ketegangan dan rasa greget saat menonton.

Dengan kata lain, Money Heist dikemas dengan alur dan plot twist yang sedemikian cerdas sehingga bisa mengaduk emosi penonton sekaligus memicu rasa penasaran di setiap jalan ceritanya.

Penggambaran karakter yang kuat

Sebuah film yang bagus tak lepas dari peran karakter, lengkap dengan character development atau ‘pengembangan karakter’. Begitu pula di serial Money Heist ini, setiap karakter terasa begitu kuat dan mampu menimbulkan kesan mendalam di mata penonton.

Di dalam cerita, Profesor memilih perampok berdasarkan kemampuan dan pengalaman yang sudah mereka lalui. Latar belakang yang berbeda pada setiap orang tentu menjadi gambaran karakter yang unik pada serial ini.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Tanpa kamu sadari, kamu akan menyukai atau bahkan jatuh cinta dengan satu atau banyak dari karakter tersebut. Bahkan, tak jarang pula penonton yang menaruh simpati, sekalipun apa yang mereka lakukan adalah tindakan kriminal.

Hal ini pula yang menjadikan Money Heist menjadi serial yang fenomenal. Karakter-karakter di dalamnya mampu membuat penonton, secara sadar tidak sadar, akan berpihak pada mereka. Berbagai tindakan yang dilakukan pada adegan di film pun didasarkan pada naluri sebagai manusia biasa.

Tak mau ketinggalan, peran karakter oposisi pun menjadi daya tarik tersendiri. Cerita tak akan seru jika Profesor tak menemukan lawan yang sepadan. Karakter Detektif Murillo (Itziar Ituno) yang menangani kasus perampokan ini juga tak kalah menarik dibanding dengan karakter Profesor dan para perampok di Money Heist.

Sinematografi dan scoring yang apik

Sinematografi dan scoring adalah dua hal yang tak kalah penting dari sebuah film. Film dengan kualitas pengambilan gambar yang sangat baik akan menghasilkan visual yang memanjakan mata penonton. Begitu pula dengan scoring, yang akan menambahkan efek sehingga perasaan dan emosi dalam film bisa sampai ke penonton.

Money Heist mengemas kedua elemen tersebut dengan sangat apik dan nyaris sempurna. Bak kebanyakan film yang ditayangkan oleh Netflix lainnya, serial ini menonjolkan unsur warna yang tegas. Suasana di dalam gedung perampokan juga bisa tervisualisasi dengan baik, yang diambil dari sudut yang tepat.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Sinematrografi yang ciamik ini juga didukung oleh kualitas scoring yang mumpuni. Pemilihan efek dan latar suara yang tepat dapat mengantarkan pesan film kepada para penontonnya. Terbukti, suasana hati penonton mampu dibawa naik-turun mengikuti rangkaian cerita. Tak jarang, rasa bahagia dan air mata turut menemani penonton dalam menikmati serial ini.

Pesan implisit yang kuat

Sejak penayangannya, Money Heist memunculkan banyak teori di kalangan para penggemar. Di antaranya adalah penggunaan seragam jumpsuit berwarna merah dan topeng Dali pada perampokan yang mereka lakukan.

Dalam filmnya, sang Profesor juga mengatakan bahwa perampokan yang mereka lakukan bukanlah hanya sekadar pencurian uang besar-besaran, namun juga sebagai bentuk resistensi atau perlawanan terhadap sistem yang ada.

Maka dari itu, penggunaan jumpsuit merah kemudian dihubungkan dengan lambang kebebasan. Dikutip dari oprahmag.com, warna merah digunakan sebagai lambang kebebasan berdasarkan sejarah panjang revolusi-revolusi yang ada di dunia. Merah juga bisa dimaknai sebagai lambang cinta, kematian, dan perlawanan.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Topeng Dali yang digunakan sebagai penyamaran juga kurang lebih memiliki makna yang sama dengan jumpsuit merah tersebut. Topeng ini memang terinspirasi dari Salvador Dali, lengkap dengan matanya yang bulat dan terbelalak, serta bentuk kumisnya yang mengarah ke atas.

Bukan tanpa alasan, Salvador Dali adalah seorang seniman terkenal asal Spanyol yang mendukung gerakan protes terhadap masyarakat kapitalis modern melalui karya seni surealis yang ia ciptakan. Jadi, sudah jelaslah bahwa penggunaan topeng Dali dan jumpsuit merah ini mengandung makna tersembunyi yang kuat untuk penonton.

Menyabet beragam penghargaan

Film yang bagus pasti akan mendapatkan beragam apresiasi yang bagus pula. Hal inilah yang didapatkan Money Heist di kancah perfilman dunia.

Money Heist berhasil memecahkan rekor sebagai film dengan penonton terbanyak di Netflix. Banyaknya penonton membuat serial ini mendapat julukan ‘salah satu film serial Netflix yang paling banyak ditonton sepanjang masa dalam berbagai bahasa, dan acara berbahasa non-Inggris terlaris yang pernah ada’.

5 Alasan “Money Heist” Wajib Masuk List Nonton Kamu!
Foto dari imdb.com

Para kritikus Rotten Tomatoes pun sampai berani memberikan rating 100% untuk serial ini. Money Heist juga berhasil mendapatkan 16 nominasi dan menyabet 18 penghargaan di berbagai ajang penghargaan. Salah satunya adalah memenangkan kategori Serial Drama Terbaik di ajang bergengsi International Emmy Awards 2018.

Streaming Money Heist tanpa gangguan?

Streaming film sambil menikmati serunya staycation? Kenapa enggak? Kamu bisa mendapatkan keduanya di Bobobox. Hotel kapsul ini memiliki jaringan internet yang stabil, sehingga kamu bisa bebas streaming serial Money Heist atau serial lainnya sambil bersantai di dalam podnya.

Pesan kamarnya juga sangat mudah, tinggal unduh aplikasinya di sini atau pesan melalui website Bobobox. Setelah memesan, kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci alias contactless.

Kamu juga bisa atur lampu pod dengan warna yang kamu inginkan karena sistem di dalam kamar menggunakan IoT. Jadi, segalanya akan lebih mudah karena kamu hanya perlu menggunakan smartphone-mu saja. Yuk, menginap di Bobobox!