Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Alasan Mengapa Desa Wisata Gamplong Bisa Bikin Kamu Semakin Betah di Jogja

Siap buat berlama-lama di Jogja jadinya!

Bobobox.co.id — Jika kamu sedang memiliki rencana untuk liburan ke Jogja, ada satu tempat wisata yang Bob rekomendasikan untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut adalah Desa Wisata Gamplong.

Dikenal dengan sebutan Studio Gamplong, tempat wisata ini sendiri bisa dibilang baru dan akan sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu yang terkenal sering berburu tempat wisata yang instagramable.

Tempat wisata Jogja ini semakin melejit namanya tak kala tempat ini dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk film Bumi Manusia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini sendiri dirilis tahun 2019 yang lalu.

Nah, bagi kamu yang masih ragu untuk mengunjungi Desa Wisata Gamplong, berikut ini merupakan 7 alasan mengapa tempat wisata ini wajib dikunjungi dan bisa membuatmu kerasan atau betah liburan di Jogja.

Harga Tiket Masuk Murah Meriah

Alasan pertama mengapa Desa Wisata Gamplong akan membuatmu semakin betah di Jogja adalah harga tiket masuknya yang begitu murah meriah. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan bagi kamu yang liburan bujet di Jogja.

Untuk bisa masuk ke set tempat yang digunakan untuk shooting Bumi Manusia, tidak ada patokan harga yang ditetapkan. Alhasil, harga tiket masuknya disesuaikan dengan seberapa besar kamu akan membayar untuk tiketnya.

Uang yang kamu bayarkan untuk masuk ke Desa Wisata Gamplong ini sendiri diperuntukkan untuk kebersihan tempat wisata Jogja ini. Walaupun sudah ada uang kebersihan, kamu pastinya tak boleh buang sampah sembarangan.

Jika kamu ketahuan buang sampah sembarangan di desa wisata ini, kamu akan dikenai denda. Oleh karena itu, membuang sampah pada tempatnya akan menjadi lebih berarti selain untuk menjaga lingkungan sekitarnya.

desa wisata gamplong harga tiket masuk
@kartikosss via nyero.id

Dekat dengan Tempat Wisata Seru Jogja

Eksplorasi Jogja tentu akan semakin menyenangkan jika destinasi wisata utamamu dekat dengan tempat wisata seru lainnya yang ada di Jogja. Hal inilah yang menjadi nilai tambah dari Desa Wisata Gamplong.

Pasalnya, lokasinya yang berada di Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman menjadi spot yang tepat untuk dikunjungi karena jaraknya dekat dengan beberapa tempat wisata Jogja lainnya.

Beberapa tempat wisata Jogja yang dekat dengan Desa Wisata Gamplong adalah Polaman River Tubing, Goa Payaman, Batu Tumpuk Kedung Watu Brongkol, dan Praon Cawan. Opsi yang menarik untuk disinggahi.

Buka mulai dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Kamu bisa menyesuaikan waktu berkunjung ke tempat wisata lainnya semaumu. Namun, jangan lupa juga untuk mengecek jam operasional tempat wisata Jogja lain yang ingin dikunjungi.

via datawisata.com

Daerah Pusat Kerajinan Tenun

Selain dekat dengan tempat wisata seru di Jogja, Desa Wisata Gamplong berada tak jauh dengan Pusat Kerajinan Tenun. Sebelum terkenal dengan tempat shooting Bumi Manusia, Gamplong terkenal sebagai desa penghasil kerajinan tenun.

Sudah hampir 70 tahun, atau sejak tahun 1950, Gamplong dikenal sebagai sentranya kerajinan tenun. Keterampilan menenun yang dimiliki oleh warga setempat ini diperoleh secara turun temurun dari generasi ke generasi lainnya.

Kamu pun bisa berbelanja aneka kerajinan tenun yang dihasilkan oleh warga setempat. Tak kurang dari 15 toko tenun bisa kamu kunjungi untuk mencari oleh-oleh terbaik yang bisa kamu bawa untuk keluarga atau sanak famili di rumah.

Tak hanya berbelanja saja, kamu pun bisa melihat secara langsung bagaimana telatennya warga setempat dalam menenun dan membuat kair lurik, stagen, dan kerajinan lainnya menggunakan alat tenun bukan mesin.

via gudeg.net

Tempatnya yang Instagramable Abis

Daya tarik dari Desa Wisata Gamplong adalah tempatnya yang dipenuhi oleh spot menarik yang begitu instagramable. Jangan heran jika banyak wisatawan yang sering berhenti dari satu spot ke spot lainnya.

Spot-spot menarik yang dimiliki oleh Desa Wisata Gamplong adalah hasil dari setting tempat yang digunakan oleh Hanung Bramantyo untuk membuat film Bumi Manusia. Film ini sendiri memiliki latar waktu di era kolonial.

Oleh karenanya, kamu bakal menemukan bangunan-bangunan yang mengusung arsitek ala Eropa seperti jalanan kota tua, rumah, dan bangunan lainnya yang Bob jamin membuatmu betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Selain menjelajah spot-spot menarik, kamu pun bisa mengunjungi tempat yang Bob rekomendasikan seperti Mirama Cafe, motel, hingga pertokoan Radjin. Jangan sampai ketinggalan ya untuk kamu kunjungi saat di Desa Wisata Gamplong.

via today.line.me

Bisa Mengenal Lebih Jauh soal Bumi Manusia

Bagi kamu para penikmat karya Bumi Manusia versi novel karangan Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia versi filmnya setidaknya memberikan gambaran setting tempat dan waktu yang menjadi latar belakang Bumi Manusia.

Untuk itu, mengunjungi Desa Wisata Gamplong pastinya menjadi destinasi wajib dikunjungi saat kamu liburan ke Jogja. Di sini, kamu bisa mengenal lebih jauh soal novel yang menjadi salah satu karya favorit dari Ananta Toer.

Mungkin spot Instagramable yang banyak menarik perhatian wisatawan lain, penikmat Bumi Manusia bisa langsung mampir ke Museum Bumi Manusia yang masih berada satu komplek dengan spot instagramable lainnya.

Museum Bumi Manusia ini sendiri dijadikan rumah Nyai Ontosoroh dan Annelies. Berdiri dengan sangat megah dan mewah, pilihlah selain hari Senin untuk datang. Pasalnya, hari Senin, museum ini biasanya tutup.

@Bambang Muryanto via thejakartapost.com

Suasana Asri dari Daerah Sekitarnya

Lokasi Desa Wisata Gamplong yang terletak di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman menjadikan tempat wisata ini pas untuk kamu yang ingin tempat yang jauh dari keramaian.

Berjarak sekitar 16 kilometer darei titik nol kilometer Jogja atau pusat Kota Yogyakarta, lokasi alamnya mampu memberikan kenikmatan yang jarang didapat di kehidupan sehari-hari yang penuh dengan kendaraan.

Kehidupan pedesaan yang asri dan tenang merupakan daya tarik yang begitu memikat untuk dikunjungi. Udara yang sejuk pastinya akan membuatmu semakin betah untuk berkeliling dan berlama-lama di tempat wisata Yogyakarta ini.

Untuk menikmati suasana asri Desa Wisata Gamplong secara optimal, Bob sarankan untuk mengunjungi tempat wisata ini di pagi atau sore hari. Hal ini dilakukan demi menghindari sinar matahari yang sedang terik-teriknya di siang hari.

@ghina_zerlina via nyero.id

Liburan Sekaligus Belajar

Alasan terakhir mengapa Desa Wisata Gamplong bisa membuatmu betah berlama-lama di Jogja adalah kamu bisa menikmati liburan sekaligus belajar. Hal ini jarang sekali bisa didapat di sebuah tempat wisata.

Destinasi paling umum untuk mengetahui informasi lebih jauh soal Bumi Manusia ada di museumnya. Satu hal yang harus diingat adalah museumnya sendiri hanya bisa dimasuki oleh 10 orang selama 30 menit saja.

Selain dari museum, kamu pun bisa belajar lebih jauh dari berbagai set yang sudah dibangun di Desa Wisata Gamplong ini. Kamu bisa memiliki gambaran bagaimana kehidupan masyarakat setempat zaman tahun 1600.

@Pito Agustin Rudiana via lokadata.id

Menginap sehabis Eksplorasi Desa Wisata Gamplong? Ya di Bobobox Malioboro

Setelah puas mengeksplorasi berbagai spot menarik di Desa Wisata Gamplong, kamu tentu perlu mengistirahatkan tubuhmu untuk bisa fit kembali di keesokan hari.

Tempat menginap yang pas bagi kamu yang sedang liburan bujet di Jogja adalah Bobobox Malioboro. Harga inap yang terjangkau ditambah fasilitas yang mumpuni jadi alasan utama Bob merekomendasikan hotel kapsul ini.

Tak percaya? Buktikan saja langsung dengan unduh aplikasi Bobobox di sini untuk melakukan pemesanan podnya.

bobobox malioboro

You might also like