@lokawisata_baturraden/Instagram

Gak Cuma Menikmati Keindahan Alam, Jangan Lewatkan Berbagai Aktivitas Seru Saat Mengunjungi Baturraden Berikut Ini!

Saat berkunjung ke Baturraden, ada banyak aktivitas seru di Baturraden yang bisa kamu lakukan sambil menikmati keindahan alamnya. Baturraden sendiri merupakan sebuah kecamatan di kaki Gunung Slamet yang ada dalam wlayah Kabupaten Banyumas. Meski sudah terkenal sebagai tempat wisata alam, sebagian orang masih berpikir bahwa Baturraden adalah nama sebuah tempat wisata. Padahal, Baturraden ini memiliki banyak tempat wisata menari, mulai dari wisata alam, seni dan budaya, kekinian dan kuliner. Lalu, apa saja aktivitas seru di Baturraden? Yuk, intip kegiatan serunya berikut ini!

Berenang dan Bermain Air

aktivitas seru di baturraden, renang

@lokawisata_baturraden/Instagram

Aktivitas seru di Baturraden yang bisa kamu lakukan adalah bermain air dan berenang di sejumlah tempat wisatanya. Salah satunya adalah Lokawisata Baturraden. Di tempat tersebut, kamu bisa menikmati pemandangan alam sambil bermain wahan sepeda bebek air serta memberi makan ikan di wahana Danau Air Mancur.

Lokawisata juga menyediakan sebuah kolam renang luas dengan latar belakang pemandangan alam Baturraden. Kolam renang tersebut juga dilengkapi dengan wahana permainan serta kolam kecil untuk anak.

Selanjutnya sekitar empat kilometer dari Lokawisata, kamu akan menjumpai Telaga Sunyi. Dikelilingi oleh hutan pinus dan damar yang lebat, Telaga Sunyi terkenal dengan airnya yang jernih dan berwarna toska.

Saat berada di Telaga Sunyi, kamu bisa bersantai di atas perahu karet atau berenang di air telaga yang dingin dan menyejukkan. Tidak hanya itu, airnya yang jernih memungkinkan kamu untuk berburu foto sambil snorkeling atau menyelam ke dasar.

Jika tidak membawa peralatan sendiri, jangan khawatir. Pihak pengelola telah menyediakan jasa penyewaan peralatan snorkeling dan pelampung. Selain itu, pastikan kamu berenang dan bermain air di area dangkal. Kolam yang dekat dengan aliran air sebaiknya tidak didekati sebab airnya cukup dalam dan arusnya juga deras.

Tempat lainnya untuk menikmati aktivitas seru di Baturraden ini adalah Curug Bayan. Pihak pengelola curug ini memberikan sekat khusus pada kolam air terjun sebagai pembeda kedalaman kolam. Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk berenang di kolam dengan kedalaman yang sesuai keinginan atau kemampuan kamu.


Baca Juga: Kenali Asal-Usul Baturraden, Tempat Berbagai Destinasi Wisata Hidden Gem Jawa Tengah!


Aktivitas Seru di Baturraden dan Menantang

aktivitas seru di baturraden yang memacu adrenalin

@bafadventure/Instagram

Bagi penyuka tantangan, aktivitas seru di Baturraden berikut ini tentu sayang untuk kamu lewatkan. Jika kamu berkunjung ke Lokawisata Baturraden, kamu akan menjumpai wahana menantang berupa ayunan dan sepeda gantung. Selain mendapatkan gambar menarik berlatarkan panorama alam, wahana sepeda tersebut cukup menguji adrenalin sebab kamu perlu melintasi seutas tali sambil menaiki sepeda gantung.

Selain Lokawisata, Baturraden Adventure Forest juga cocok banget buat kamu yang gemar petualangan sebab tempat satu ini memang menawarkan beragam wahana menantang. Di anatarnya adalah:

  • River boarding
  • Rappelling
  • High rope
  • Mountain bike
  • Water slide
  • Canyoning
  • Trampoline
  • Menjelajahi hutan
  • Sirkuit sepeda mini
  • Night adventure

Baca Juga: Liburan Ke Baturraden? Kunjungi Berbagai Destinasi Wisata Baturraden Berikut Ini!


Mandi Air Hangat

aktivitas seru di baturraden, mandi air hangat

via ksmtour.com

Di tengah sejuknya udara Baturraden, mandi air hangat adalah kegiatan yang tepat untuk menghangatkan kembali tubuh kamu. Aktivitas seru di Baturraden ini bisa kamu nikmati di kawasan Lokawisata Baturraden yang memang dilengkapi dengan pemandian air hangat dari Pancuran Telu dan Pancuran Pitu.

Sesuai dengan namanya, Pancuran Telu memiliki tiga pancuran dan Pancuran Pitu memiliki tujuh pancuran air panas yang bersumber dari dalam bumi. Air tersebut juga berbau belerang sehingga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk menikmati air hangat tersebut, kamu bisa sekadar mencelupkan atau membasahi kaki di bawah pancuran. Alternatif lainnya, kamu bisa berendam atau bermain air di kolam pemandian yang tersedia.


Baca Juga: Ingin Menjelajahi Hidden Gem Di Baturraden? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!


Wisata Curug

aktivitas seru di baturraden, ke curug

via itrip.id

Aktivitas seru di Baturraden tidak akan lengkap tanpa wisata ke curug-curug cantik yang rata-rata mengharuskan kamu untuk trekking terlebih dulu. Curug Bayan yang Bob sebutkan sebelumnya memiliki akses yang mudah sebab berlokasi di pinggir jalan. Selain Curug Bayan, Baturraden juga memiliki curug lain yang pasti bikin kamu terpukau. Di antaranya adalah Curug Bidadari, Gumawang (di Lokawisata), Carang, Kembar, Penganten, dan Jenggala.

Jalan-Jalan Sambil Wisata Edukasi

aktivitas seru di baturraden, wisata edukasi

via kebunrayabaturraden.id

Baturraden juga memiliki tempat wisata yang bisa membuat wawasan kamu tambah luas. Salah satunya adalah Kebun Raya Baturraden yang memiliki banyak tumbuhan dengan berbagai karakteristik. Ada tanaman merambat, pepohonan besar, anggrek hingga taman bunga yang indah. Buat kamu yang haus pengetahuan, Kebun Raya ini menawarkan layanan untuk menjelaskan berbagai macam vegetasi baik itu asli Indonesia maupun luar negeri.

Aktivitas seru di Baturraden semacam itu juga bisa kamu temukan di Taman Wisata Widya Kaloka, namun dalam bentuk fauna. Taman Wisata Widya Kaloka ini memang merupakan taman binatang mini dengan koleksi satwa unik dan langka dari Indonesia dan manca negara. Di antaranya adalah harimau Sumatra, buaya Irian, orangutan Kalimantan, rusa, macan dahan, kasuari, elang bondol, beruang madu dan masih banyak lagi.


Baca Juga: Bersantap Nikmat Setelah Bertualang Menelusuri Hidden Gem Baturraden Di 5 Tempat Kuliner Legendaris Berikut Ini!


Pertunjukan Seni Budaya

aktivitas seru di baturraden, pertunjukan seni

Loget Travellers/YouTube

Meski terkennal dengan wisata alamnya, Baturraden juga menawarkan beragam atraksi seni dan budaya tradisional. Aktivitas seru di Baturraden ini salah satunya bisa kamu jumpai di Lokawisata Baturraden berupa pertunjukan calung, yaitu alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu.

Selain di Lokawisata, pertunjukan seni juga bisa kamu nikmati di Desa Wisata Ketenger. Aktivitas seru di Baturraden ini berupa hiburan seperti kuda lumping, siteran, begalan, tarian lengger, calung, wayang kulit khas Banyumas, dan lainnya.

Berfoto di Spot Kekinian dan Instagrammable

Ilham Wahyu Alfian/Google Maps

Spot kekinian sekarang ini sudah menjamur di berbagai wisata di Indonesia, termasuk di Baturraden. Saat berkunjung ke Baturraden, kamu tentunya tidak akan kekurangan spot kekinian untuk menjadi latar foto kamu. Di tempat wisata hingga tempat makan, aktivitas seru di Baturraden ini dapat dengan mudah kamu jumpai. Beberapa di antaranya adalah:

  • Spot foto hati yang menghadap air terjun di Curug Jenggala
  • Miniatur ikon dunia seperti Menara Pisa, Patung Merloin, Menara Eifel, Piramida, Kincir Angin dan sebagainya di Small World (Taman Miniatur Dunia)
  • Hamparan bunga berbentuk hati, gapura dari tumbuhan, dan pohon eksotis di Kebun Raya
  • Ayunan dan sepeda gantung serta Cascade Alam Sendang Mulya  di Lokawisata Baturraden
  • Jembatan kaca, taman bunga, dan kerlap-kerlip lampu kota di Taman Langit
  • Bangunan segitiga di restoran Massapi

Wisata Kuliner

@watudungkul/Instagram

Aktivitas seru di Baturraden yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mencicipi kuliner-kuliner di kawasan tersebut. Jika kamu ingin suasan kekinian, Taman Langit dan Massapi bisa menjadi pilihan. Ingin makanan khas pedesaan dengan suasana yang asri dan hijau? Kamu bisa menyambangi Agathis Resto, Oemah Nyangku, Putri Gunung, Warung Makan Watu Dungkul, Warunge Dewek, dan berbagai warung makan yang tersebar di Desa Karangsalam.

Lepas Penatmu di Bobocabin Baturraden!

Interior Bobocabin

Setelah seharian menjajal berbagai aktivitas seru di Baturraden, Bobocabin menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi  Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam perbukitan Baturraden dalam balutan teknologi canggih.

Kabin-kabin yang tersedia pun telah dilengkapi dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu! Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga melengkapi diri dengan fasilitas campire & barbeque. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles