Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kamu Menderita GERD? Hindari Aktivitas Pantangan GERD Ini Agar Kamu Lebih Sehat

Hindarilah secara perlahan jika dirasa sulit

Bobobox.co.id — GERD merupakan salah satu gangguan kesehatan yang menyebabkan dada terasa terbakar dan mual. Bagi penderita GERD, menghindari aktivitas pantangan GERD jadi solusinya.

Dengan menghindari aktivitas pantangan GERD, kemungkinan munculnya pun akan semakin berkurang. Risiko yang berkurang tersebut tentu baik untuk kesehatanmu dalam jangka panjang.

Pasalnya, berbagai gejala GERD yang terjadi lambat laun bisa berakibat fatal. Salah satunya adalah mengacaukan pola tidur yang berakibat tubuhmu bakal merasa lebih lelah dibanding biasanya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan daftar aktivitas pantangan GERD yang wajib kamu hindari jika kamu termasuk salah satu penderita GERD. Coba mulai kurangi hingga hindari secara total, ya!

Ini Dia Aktivitas Pantangan GERD Wajib Dihindari

1. Makan Berlebihan

Aktivitas pantangan GERD pertama adalah makan berlebihan. Salah satu contoh porsi berlebihan bisa dilihat pada gambar di bawah ini di mana jumlahnya kalorinya yang benar-benar tinggi.

Makan dengan porsi berlebihan seperti ini sendiri bisa menambah tekanan pada perut. Aktivitas pantangan GERD ini justru dapat memicu rasa nyeri sebagai salah satu tanda kemunculan GERD setelah makan berlebih.

Untuk mencegah kambuhnya GERD, ada solusi yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah dengan makan lebih rutin namun dengan catatan di mana porsi untuk setiap makannya sendiri lebih kecil dibanding biasanya.

Misalkan saja, enam porsi sehari namun porsi lebih kecil dibanding porsi makan biasa. Kebiasaa ini yang nantinya dapat membantu dalam mencegah produksi asam lambung secara berlebihan.

Porsi makanan berlebihan aktivitas pantangan GERD
Porsi makanan berlebihan via unsplash.com/@xz051571t

2. Makan Terlalu Cepat

Aktivitas pantangan GERD berikutnya adalah makan terlalu cepat. Hindarilah untuk makan terlalu cepat apalagi jika ditambah dengan makan makanan secara berlebihan seperti yang Bob sebutkan di atas.

Makan terlalu cepat ini bisa menyulitkan sistem percernaan dalam proses mengolah makanan. Hal ini tentunya berdampak pada meningkatnya risiko perutmu merasakan mulas setelah makan terlalu cepat.

Untuk itu, ada baiknya menghilangkan aktivitas pantangan GERD ini. Caranya adalah dengan mencoba mengunyah lebih lama. Mengunyah secara perlahan mampu mengontrol jumlah makanan yang masuk.

Bahkan, tak hanya itu saja manfaat dari mengunyah secara perlahan. Kamu bisa mendapatkan manfaat seperti optimalnya penyerapan nutrisi dan kerja enzim serta baik untuk kesehatan mulut.

Makan terlalu cepat aktivitas pantangan GERD
Makan terlalu cepat via flashpop/digital vision

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Asam Lambung Saat Bekerja Di Kantor


3. Makan Makanan Pantangan

Selain dua aktivitas yang sudah disebutkan, ada satu aktivitas berkaitan dengan makan yang wajib dihindari. Aktivitas pantangan GERD yang dimaksud adalah makan makanan pantangan.

Bagi para penderita GERD, ada beberapa jenis makanan yang wajib dihindari untuk dikonsumsi. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain makanan lemak tinggi, makanan pedas, minuman serta buah-buahan tertentu.

Makanan lemak tinggi yang justru mampu memicu GERD adalah kentang goreng, keripik kentang, susu, es krim, dan lainnya. Kamu bisa mencoba untuk setidaknya mengurangi konsumsi makanan tersebut.

Sedangkan minuman dan buah-buahan, ada beberapa yang pantang dikonsumsi berlebih. Mulai dari buah nanas, buah rasa asam, dan tomat untuk buah. Untuk minuman, kopi dan minuman berkarbonasi wajib dihindari.

Makan makanan pantangan aktivitas pantangan GERD
Makan makanan pantangan via unsplash.com/@tigerrulezzz

4. Langsung Tidur Sehabis Makan

Salah satu kebiasaan buruk yang banyak orang kerap lakukan adalah langsung tidur sehabis makan. Padahal, bahaya dari kebiasaan tersebut cukup mengerikan. Salah satunya adalah menggangu sistem pencernaan.

Saat seseorang tidur setelah makan, asam lambung dari perut rentan naik ke kerongkongan. Hal tersebut bisa menyebabkan orang tersebut merasa mulas dan dada atau perut bagian atas nyeri.

Kebiasaan ini pulalah yang sering menjadi penyebab GERD. Untuk itu, aktivitas pantangan GERD ada baiknya dihindari. Jika dirasa sulit, cobalah untuk menghilangkannya secara perlahan.

Cara yang paling mudah adalah dengan sabar menunggu. Tunggu setidaknya dua hingga tiga jam agar makanan yang sudah kamu konsumsi tercerna dengan baik oleh sistem percernaan.

Tidur sehabis makan aktivitas pantangan GERD
Tidur sehabis makan via unsplash.com/@tsujigimi

Baca Juga: 7 Kebiasaan Buruk Untuk Kesehatan Wajib Dihindari | Mungkin Sering Kamu Lakukan Tanpa Kamu Sadari!


5. Merokok

Sudah menjadi rahasia umum jika merokok merupakan kebiasaan buruk yang mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan. GERD menjadi salah satu kemungkinan yang bisa terjadi bagi seseorang.

Salah satu alasan kenapa merokok bisa memicu GERD adalah merokok dapat memicu perut untuk memproduksi lebih banyak asam. Hal ini tentu tak diinginkan oleh kamu yang menderita GERD.

Oleh karena itu, aktivitas pantangan GERD adalah merokok. Bahkan, tak hanya yang sudah disebutkan, merokok pun mampu memicu kemunculan GERD pada para penderita GERD.

Beberapa bahaya merokok antara lain merusak selaput lendir, memperlambat atau mencegah refleks otot di tenggorokan, mengurangi air liur yang dapat menetralkan efek asam, dan meningkatnya risiko terjadinya kanker esofagus.

Hindari merokok aktivitas pantangan GERD
Hindari merokok via pexels.com/@fotografierende

6. Minum Minuman Beralkohol

Aktivitas pantangan GERD adalah mengonsumsi minuman beralkohol. Alkohol sendiri merupakan salah satu minuman pantangan selain minuman yang sudah Bob sebutkan pada poin-poin sebelumnya.

Mengonsumsi minuman beralkohol ini sendiri dapat meningkatkan jumlah asam yang dihasilkan oleh lambung. Jika hal tersebut terjadi, maka perutmu akan sakit dan memungkinkan untuk GERD kambuh.

Untuk itu, bagi kamu penderita GERD dan masih sering mengonsumsi minuman beralkohol, ada baiknya untuk mengurangi. Bahkan, jika perlu, kamu bisa membatasi konsumsi alkohol.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara untuk berhenti total dari konsumsi alkohol. Pasalnya, masih banyak lagi dampak buruk yang ditimbulkan dari minuman beralkohol bagi kesehatanmu.

Minum minuman beralkohol aktivitas pantangan GERD
Minum minuman beralkohol via unsplash.com/@giisilveira

Baca Juga: Tidak Baik Untuk Kesehatan! Ini Berikut Bahaya Minuman Bersoda Bila Dikonsumsi Berlebihan


7. Tak Mampu Kontrol Stres

Aktivitas pantangan GERD terakhir adalah tidak mampu mengontrol tingkat stres. Untuk aktivitas pantangan GERD ini, stres memang belum terbukti benar-benar mampu memicu penyakit GERD.

Walaupun begitu, mengontrol tingkat stres adalah sebuah kewajiban untuk tiap orang. Jika stres tak dikelola dengan baik, hal tersebut justru bisa menyebabkan perilaku yang dapat menggangu kesehatan.

Misalkan saja, saat kamu stres, rutinitas sehari-harimu sangat rentan untuk terganggu. Bahkan, kamu bisa saja abai untuk mengonsumsi makanan sehat serta berolahraga. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kesehatan.

Untuk itu, mengingat efek tak langsung dari stres, alangkah baiknya jika kamu mampu mengatasi stres. Caranya bisa dengan melakukan hobi yang disenangi, liburan, ataupun nonton film feel good.

Tak mampu kontrol stres aktivitas pantangan GERD
Tak mampu kontrol stres via pexels.com/@olly

Menginap dengan Pengalaman yang Dijamin Menyenangkan di Bobobox

Dalam mendapatkan liburan yang menyenangkan, liburanmu perlu ditunjang dengan akomodasi penginapan yang nyaman dan aman. Hal ini biasanya akan membuatmu tetap senang saat menikmati liburanmu.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap tak terlupakan dan pastinya menyenangkan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

You might also like