Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berlibur ke Kota Kuda? Coba 7 Aktivitas Hits Kuningan 2021 Berikut Ini!

Pilihan aktivitas hits Kuningan 2021 buat mewarnai liburan kamu!

Kalau mendengar kata Kuningan, apa yang kamu pikirkan? Sebagian dari kalian mungkin langsung terbayang kawasan perkantoran yang diwarnai puluhan gedung tinggi di Jakarta Selatan. Mungkin ada juga dari kalian yang membayangkan perkakas berbahan kuningan. Dua-duanya nggak salah sih karena di Jakarta memang ada kawasan bernama Kuningan. Beberapa benda sehari-hari juga terbuat dari kuningan. Namun, kali ini Bob mau ngomongin soal Kabupaten Kuningan di Jawa Barat.

Kuningan adalah sebuah kabupaten yang tergabung dalam kawasan Ciayumajakuning, bersama Cirebon, Indramayu, dan Majalengka. Bertetangga dengan Cirebon, Kuningan menjadi rumah bagi sekitar 1,17 juta orang, dilansir dari data BPS Kabupaten Kuningan. Kuningan memiliki luas sekitar 1.194 kilometer persegi. Nggak sebesar kota-kota tetangganya memang. Meskipun demikian, Kuningan tetap punya berbagai hidden gem di Jawa Barat yang sayang untuk dilewatkan.

aktivitas hits kuningan 2021
Credit: Syam Ciremai via Mapio

Kalau kamu berencana berkunjung ke Kota Kuda, ada banyak aktivitas hits Kuningan 2021 yang akan mengisi kunjunganmu. Dalam satu dekade terakhir, Kuningan sudah mengalami banyak perubahan. Jadi, ada lebih banyak kegiatan yang kamu bisa coba. Dari mulai icip-icip kuliner hingga kunjungan ke tempat bersejarah, pilihan aktivitas hits Kuningan 2021 ini dijamin nggak akan ngebosenin! Penasaran apa saja yang kamu bisa lakukan di kota kelahiran Maudy Koesnadi ini? Check these out!

1. Naik Delman

Aktivitas hits Kuningan 2021 yang satu ini WAJIB kamu coba. Nggak afdol rasanya kalau berkunjung ke Kota Kuda tanpa naik delman. Kuda sendiri merupakan maskot kota Kuningan. Dilansir dari Bobo, zaman dahulu seorang adipati asal Kuningan bernama Ewangga selalu berperang dengan kudanya yang bernama Windu. Dalam setiap pertempuran, sang adipati dan kudanya selalu bisa mengalahkan musuh. Akhirnya, kuda pun jadi maskot kabupaten ini deh.

aktivitas hits kuningan 2021
Credit: cepot66 via Mapio

Untuk menikmati suasana Kuningan, kamu bisa naik delman yang melintasi ruas-ruas jalan utama. Di beberapa titik seperti kawasan alun-alun atau pusat perbelanjaan, delman juga bisa kamu temui dengan mudah. Karena menjadi moda transportasi umum, kamu terkadang bisa berbagi delman dengan orang lain. Oh, ya! Di beberapa delman, ada bel khusus yang ditempatkan di depan jok supir. Cara pakainya dengan diinjak. Kamu wajib coba deh!

2. Mencicipi Tape Ketan dan Jeniper

Buat urang kuningan, tape ketan dan jeniper bukan hal yang asing. Namun, kalau kamu baru berkunjung ke kabupaten ini, mencicipi keduanya jadi aktivitas hits Kuningan 2021 yang nggak boleh terlewatkan. Dilansir dari Kumparan, tape ketan atau peuyeum merupakan panganan yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi. Setelah diolah, beras ketan dibungkus daun jambu dan diwadahkan. Proses fermentasinya cukup lama sehingga kamu perlu menunggu sebelum peuyeum siap dinikmati.

aktivitas hits kuningan 2021
Sumber: Go Travelly

Selain peuyeum, ada juga jeniper alias jeruk nipis peras. Minuman ini juga dikenal dengan sebutan Jeniper Lopes alias Jeruk Nipis Peras Loba Pesenan, seperti dilansir dari Tempo. Waduh! J-Lo terkenal banget ya di Kuningan! Jeniper tersedia dalam bentuk sirop maupun minuman siap minum. Karena cuaca Kuningan relatif panas, minum jeniper dingin di siang hari pasti rasanya segar banget! Perpaduan asam dan manisnya sari jeruk nipis bikin haus kamu hilang!

3. Menikmati Wisata Air Panas di Sangkanhurip

Aktivitas hits Kuningan 2021 yang berikutnya berkaitan dengan kesehatan. Berada di kaki Gunung Ciremai, Kuningan dianugerahi sumber mata air panas. Daerah yang menjadi pusat wisata air panas adalah Sangkanhurip. Kawasan ini sendiri sudah sejak lama terkenal dengan kolam-kolam pemandiannya! Salah satu pemandian yang terkenal adalah Taman Rekreasi Sangkanhurip Alami. Pemandian ini terkenal dengan seluncuran naganya, lho!

aktivitas hits kuningan 2021
Sumber: Wisata Cirebon

Pemandian Sangkanhurip Alami menawarkan kolam renang air dingin, serta beberapa kolam air panas. Dilansir dari Wisata Cirebon, suhu air panas di sini mencapai sekitar 36 derajat Celsius. Jadi, nggak terlalu membakar kulit, ya. Ada juga kamar-kamar rendam yang disewakan di sini. Selain Pemandian Sangkanhurip Alami, ada banyak hotel dan resor yang kamu bisa kunjungi untuk menginap. Dengan pemandangan Gunung Ciremai yang indah, liburan di kawasan ini dijamin menyegarkan pikiran dan jiwa deh!

4. Menelusuri Sejarah di Gedung Naskah Linggarjati

Nggak hanya terkenal dengan kuda, Kuningan juga menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia, lho! Di kawasan Linggarjati, terdapat bangunan cagar budaya bernama Gedung Naskah Linggarjati. Gedung ini menjadi tempat diselenggarakannya Perundingan Linggarjati di tahun 1946. Dilansir dari Indonesia Kaya, bangunan ini pada awalnya merupakan sebuah gubuk yang dibangun di tahun 1918. Setelah itu, bangunan diubah menjadi rumah besar.

aktivitas hits kuningan 2021
Sumber: Travel Detik

Selain menjadi rumah, bangunan museum ini sempat berfungsi sebagai sekolah dasar dan hotel. Furnitur-furnitur asli seperti meja, kursi, piano, lemari, dan tempat tidur masih terjaga dengan baik. Kamu juga bisa melihat foto-foto yang dipajang di dinding ruang utama. Selain itu, Gedung Naskah Linggarjati juga punya halaman berbukit yang sangat luas, lho! Cocok buat berfoto deh! Aktivitas hits Kuningan 2021 ini cocok dicoba, terutama buat kamu yang tertarik dengan sejarah dan bangunan kuno.

5. Berenang Bersama Ikan di Cibulan dan Cigugur

Aktivitas hits Kuningan 2021 berikutnya yang unik adalah berenang bersama ikan. Buat sebagian besar urang Kuningan, kegiatan ini bukan hal yang asing. Namun, buat kamu yang belum pernah coba atau baru pertama ke Kuningan, ini bisa jadi tantangan unik! Kamu bisa berkunjung ke Objek Wisata Cibulan untuk berenang bersama ikan. Dilansir dari Suara Indonesia News, spesies ikan yang hidup di kolam-kolam ini merupakan spesies kancra dewa yang termasuk langka.

aktivitas hits kuningan 2021
Sumber: Travels Promo

Di Objek Wisata Cibulan juga terdapat tujuh sumber mata air. Dilansir dari Tribunnews, ketujuh sumber mata air ini dikenal dengan nama Sumur Tujuh dan merupakan peninggalan Kerajaan Pajajaran. Oh, ya! Selain di Cibulan, pengalaman berenang bersama ikan juga bisa kamu coba di Cigugur. Spesies ikan yang hidup di Cigugur pun sama dengan spesies ikan di Cibulan, lho! Dengan air alami yang sejuk, aktivitas hits Kuningan 2021 ini layak kamu tambahkan ke to-do list!

6. Menikmati Pemandangan di Tenjo Laut

Kalau Bandung punya Tebing Keraton, Kuningan punya Tenjo Laut. Destinasi wisata alam yang satu ini terbilang cukup baru, tetapi populer terutama di kalangan anak muda. Tenjo Laut berada di kawasan Palutungan, di sebelah barat pusat kota Kuningan. Dilansir dari Wisata Kuningan, Tenjo Laut berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Namanya diambil dari kata tenjo yang berarti melihat, dan laut yang berarti, well, laut. Konon, dari sini laut di kawasan Cirebon bisa terlihat.

aktivitas hits kuningan 2021
Credit: @atinsvian via Phinemo

Ada beragam aktivitas hits Kuningan 2021 yang kamu bisa jajal di sini. Lihat pemandangan sih sudah pasti. Ada beberapa dek yang tersedia untuk menikmati panorama Kota Kuda dari ketinggian. Kamu juga bisa berkemah di sini karena kawasan Palutungan sendiri sejak dulu dikenal sebagai lokasi kemah. Selain itu, hutan pinus yang ada di kawasan ini juga cantik banget! Mau foto-foto bebas sampai foto prewedding? Bisa dong!

7. Naik Perahu di Waduk Darma

Aktivitas hits Kuningan 2021 yang ini bakalan sayang banget untuk dilewatkan. Kuningan punya dam buatan yang dikenal dengan nama Waduk Darma. Dilansir dari KSM Tour, danau buatan ini memiliki luas sekitar 425 hektare dan bisa menampung air sebanyak sekitar 39 milyar meter kubik! Sejak dulu, Waduk Darma jadi objek wisata yang terkenal di Kuningan. Para pengunjung bisa piknik sambil melihat pesona danau. Fasilitas-fasilitas seperti warung, pondokan, kolam renang, dan tempat bermain anak juga tersedia.

aktivitas hits kuningan 2021
Sumber: Indonesia Kaya

Oh, ya! Waduk Darma juga dimanfaatkan oleh para warga setempat untuk bertambak, lho! Beberapa orang juga senang memancing di waduk ini. Kalau kamu ingin menikmati pesona Waduk Darma, kamu bisa naik perahu yang akan membawa kamu berkeliling danau. Apalagi saat matahari mulai turun, duh! Cantik banget! Dilansir dari Merdeka, pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mengembangkan Waduk Darma jadi destinasi wisata internasional. Wih! Keren!

Tertarik Coba Semua Aktivitas Hits Kuningan 2021?

Sebenarnya, ada lebih banyak aktivitas seru yang kamu bisa lakukan di Kota Kuda. Namun, ketujuh aktivitas hits Kuningan 2021 yang Bob rangkum di sini bisa dibilang yang lebih populer. Yang jelas, pastikan kondisi tubuhmu fit sebelum bepergian dan berlibur, ya. Jangan lupa tetap mengikuti protokol kesehatan dengan baik, dan selalu menjaga kebersihan diri. Jadi, liburanmu tetap bisa dinikmati dengan aman, tenang, dan nyaman! Nah! Untuk kamu yang belum bisa keluar kota, tapi ingin berlibur, jangan khawatir! Kamu bisa coba staycation di kotamu, dan Bobobox bisa jadi pilihan akomodasi yang nyaman, aman, dan terjangkau!

Nggak Bisa Keluar Kota? Staycation di Bobobox Aja!

Di Bobobox, kamu bisa menikmati pengalaman menginap di hotel kapsul yang unik. Setiap pod di Bobobox dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan aplikasi seluler. Interior pod bergaya futuristik yang luas dan nyaman dijamin bikin kamu betah pokoknya! Selain itu, kamu juga bisa mengatur sendiri pencahayaan pod sesuai mood. Ada juga Bluetooth speaker sebagai sarana hiburan. Dibarengi koneksi WiFi yang reliable, maraton drakor atau series Netflix makin asyik!

Sebagai fasilitas penunjang, Bobobox punya musala, shared bathroom, pantry, communal space, dan vending machine. Jadi, nggak bakalan garing deh waktu berlibur! Nah, sebelum menginap, pastikan kamu download dulu aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan tersedia untuk platform iOS dan Android. Kamu bisa melakukan reservasi secara langsung lewat aplikasi Bobobox, atau mendapatkan beragam promo menari yang sayang untuk dilewatkan!

You might also like