Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Panduan Lengkap untuk Itinerary Unik Liburan di Jogja Pada Akhir Pekan!

Untuk kamu yang mau menghabiskan akhir pekan di Jogja tanpa ribet!

Kamu berencana untuk menghabiskan akhir pekan dengan liburan di Jogja tapi tidak punya waktu banyak ataupun tidak mau pergi terlalu jauh? Mulai dari mencoba berbagai street food di Malioboro atau berkunjung ke salah satu museum terbaik Indonesia, panduan rekomendasi liburan di Jogja ala Bob ini mungkin bisa dijadikan inspirasi untukmu.

Menghabiskan Akhir Pekan dengan Liburan di Jogja ala Bob

Sarapan Ikonik di Gudeg Yu Djum

gudeg jogja
Sarapan Gudeg – Gudeg Yu Djum Pusat

Liburan di Jogja nggak akan lengkap tanpa makan hidangan ikoniknya. Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg yang paling enak seantero Jogja setelah gudeg legendaris buatan mendiang Mbah Lindu. Staple dish dari Jogja ini bisa dibeli dalam bentuk besek/kendil untuk dinikmati bersama-sama atau porsian. Harganya sekitar 15 – 35 ribu untuk seporsi paket nasi, 45 – 265 ribu untuk besek dan149-270 ribu untuk kendil. Variasi harga ini disesuaikan dengan isian gudegnya.

 

Mengintip Museum Terbaik Indonesia di Ullen Sentalu

Instalasi Ullen Sentalu – Museum Ullen Sentalu

Liburan di Jogja dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu museum yang dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia. Kata-kata Ullen Sentalu diambil dari frasa “Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” yang berarti nyala lampu blencong (lampu dalam pertunjukan wayang) merupakan petunjuk manusia untuk melangkah dan meniti kehidupan.

Di museum ini, pengunjung hanya diperbolehkan berswafoto di depan relief Candi Borobudur seperti pada gambar. Kamu bisa menemukan banyak artefak-artefak dari peninggalan Kerajaan Mataram di sini. Selain itu, menariknya adalah instalasi mereka berkonsep living museum. Jadi pengurus museum aktif mengubah layout instalasi secara berkala. Harga tiket Ullen Sentalu adalah Rp. 40.000,00 untuk pengunjung domestik.

 

Mencoba Lupis Legendaris Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem – diadona

Kembali ke kota, liburan di Jogja dilanjutkan dengan mencoba berbagai kuliner-kuliner khas. Salah satunya adalah Lupis Mbah Satinem yang legendaris ini. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000,00, kamu sudah bisa menikmati jajanan lupis, gatot, tiwul dan cenil buatan Mbah Satinem.

Belakangan ini, popularitas jajanan jalanan ini semakin naik setelah Mbah Satinem diliput oleh tayangan Street Food di Netflix. Namun, untuk bisa menyantap kudapan ini, kamu harus untung-untungan, karena biasanya jualan Mbah Satinem sudah ludes habis sebelum jam 9.

 

Melihat Keindahan Arsitektur Taman Sari

Tamansari – Good News From Indonesia

Selain terkenal dengan fungsinya sebagai tempat ritual mandi Kerajaan Mataram, Taman Sari ini punya banyak seluk beluk lainnya yang bisa kamu eksplor. Untuk memasuki salah satu ikon liburan di Jogja ini, kamu cukup membayar Rp. 2.000,00 saja. Lagi-lagi, untuk bisa menikmati penjelajahan di sekitar salah satu tempat liburan di Jogja ini, kamu harus untung-untungan karena seringkali tempat ini penuh oleh turis-turis lain.

 

Chill dari Panasnya Jogja di a cup of Tugu Lor

a cup of Tugu Lor

Liburan di Jogja kamu nggak akan lengkap tanpa merasakan kepanasan di siang hari. Jika kamu mencari tempat meneduh dan ngadem, a cup of Tugu Lor Java yang tersempil di tengah Jogja ini bak oasis di tengah gurun pasir. Dengan konsep tanaman rindang seperti hutan, dijamin kamu bisa segar kembali sebelum melanjutkan liburan di Jogja. Harga cafe ini standar, sekitar 20 – 30 ribuan per menunya.

 

Mencoba Mie Ayam Bu Tumini untuk Makan Siang

Mie Ayam Bu Tumini – Urbanasia

Jika perut mulai keroncongan, liburan di Jogja dilanjutkan dengan icip-icip street food mereka yang bermacam-macam. Untuk pencinta mie ayam, Mie Ayam Bu Tumini ini harus banget kamu cobain. Dengan harga Rp. 8.000,00 saja kamu sudah bisa menyantap soul food nikmat ini. Mie Ayam Bu Tumini juga banyak digemari berbagai kalangan karena pelayanannya yang cepat dan super ramah.

 

Mengejar Sunset di Candi Ratu Boko

Sunset di Ratu Boko – Keliling Indonesia

Jika kamu pernah menonton AADC 2, kamu pasti tau tempat di mana Cinta dan Rangga mulai terbuka lagi satu sama lain. Salah satu ikon liburan di Jogja ini sebenarnya bukanlah candi, melainkan sebuah reruntuhan sebuah kerajaan. Di situs ini kamu bisa menemukan beberapa prasasti seperti Prasasti Abhayagiriwihara.

Dengan timing yang pas, sunset di Ratu Boko ini bisa menjadi salah satu momen liburan di Jogja yang tidak akan terlupakan. Harga tiket masuk ke tempat liburan di Jogja ini adalah Rp. 40.000,00 untuk umur 10 tahun ke atas. Tersedia juga paket terusan jika kamu penasaran juga dengan Candi Prambanan.

 

Menonton Pertunjukan Raminten Cabaret Show

Raminten Cabaret Show – jalanbarengadit

Melanjutkan liburan di Jogja, kembalilah ke tengah kota karena kamu tidak boleh melewatkan pertunjukan yang satu ini. Raminten Cabaret Show yang terletak di atas House of Raminten ini merupakan sebuah pertunjukan kabaret yang menampilkan drag queen-drag queen keren yang meingimpersonasi ikon-ikon pop seperti Lady Gaga sampai Katy Perry.

Harga tiket untuk Raminten Cabaret Show ini bervariasi. Untuk jenis tiket on the spot yang di mulai dari jam 17.30 WIB, harga kursi biasa sebesar Rp. 50.000,00 dan Rp. 60.000,00 untuk kursi VIP. Raminten Cabaret Show diadakan setiap hari Jumat dan Sabtu pada pukul 19.00 WIB.

 

Liburan di Jogja Nggak Lengkap Tanpa Sate Klathak Pak Pong

Sate Khlatak Pak Pong – Tribun Travel

Tentunya, apalah arti liburan di Jogja tanpa sekalipun menyantap sate klathak yang terkenal itu? Meskipun beberapa tempat sate klathak yang enak seperti Sate Klathak Pak Pong ini terletak cukup jauh dari pusat kota, mereka worth to try banget. Yang membuat sate klathak ini unik adalah tusukannya yang dibuat dari besi. Konon katanya, tusukan ini dibuat dari jeruji sepeda. Kurang tau juga kenapa mereka segreget ini, mungkin agar daging kambingnya bisa lebih matang dari dalam kali ya?

Sate Klathak Pak Pong disajikan dengan kuah gulai yang gurih dan endeus. Untuk menikmati sate ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 22.000,00 per porsinya. Selain itu, di kedai ini terdapat juga hidangan lainnya seperti gulai kambing, tengkleng hingga tongseng kepala kambing lho!

 

Kembali ke Tengah Kota untuk Menyusuri Jalan Malioboro di Malam Hari

Malioboro at Night – Emmanuel Tegar

Banyak yang bilang, pasti ada sesuatu yang tertinggal di Jogja. Semoga bukan dompetmu sih, hehehe. Liburan di Jogja tidak akan lengkap tanpa menelusuri Jalan Malioboro pada malam hari, ditemani dengan iringan musik dari seniman jalanan jika kamu beruntung. Kamu bisa membeli berbagai macam cenderamata khas Jogja ataupun membeli jajanan yang teletak di pinggiran jalan legendaris ini. Setiap harinya, pasti kamu akan menemukan hal yang baru di Malioboro.

 

Menutup Liburan di Jogja dengan Kopi Arang Unik di Kopi Joss

Kopi Joss – Guideku

Jika kamu masih belum kapok berkeliling dan mengakhiri liburan di Jogja, coba cek angkringan yang menyediakan kopi joss. Kurang tau kenapa namanya seperti itu, mungkin ekspresi orang yang  langsung ingin teriak “Joss” setelah menegak kopi. Atau mungkin juga dari suara arang ketika menyentuh permukaan kopi.

Ya, angkringan ini terkenal dengan minumannya yang super duper edgy. Kopi hitam yang diberi arang. Terdapat beberapa angkringan yang menyediakan kopi joss, salah satunya adalah Kopi Joss Pak Agus Gedongtengen. Ternyata Jogja nggak mau kalah juga ya dengan menu charcoal coffee khas kedai kopi hipster. Kamu cukup membayar Rp. 15.000,00 per gelas saja untuk kopi ini.

 

Menghabiskan Malam Liburan di Jogja Bersama Bobobox Pods Malioboro

kualitas tidur
Bobobox Pods Hotel

Tutup sesi liburan di Jogja kamu dengan menghabiskan malam di Bobobox Pods Malioboro. Dengan adjustable light dan bluetooth speaker, istirahatmu akan lebih nyaman. Jadi kamu bisa melanjutkan liburan di Jogja atau kegiatan lainnya dengan energi yang fully recharged. Yuk download aplikasinya sekarang dan temukan promo menarik lainnya!

You might also like