Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Air Terjun Tumpak Sewu, Surga Dunia Favorit Netizen

Air terjun Tumpak Sewu berikut menawarkan keindahan yang menakjubkan!

Air Terjun Tumpak Sewu ini berlokasi di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, tepatnya di Jl. Raya Dampit-Lumajang No.16, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jika kamu hendak berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu kamu bisa melakukan perjalanan kurang lebih 52 kilometer dari pusat Kota Lumajang. Perjalanan ini dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam menggunakan mobil.

Air Terjun Tumpak Sewu ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata alam di sekitar Jawa Timur. Tempat wisata ini mulai ramai dibicarakan banyak orang karena kepopulerannya di media sosial.

Melalui internet banyak orang mulai mengenali Air Tejun Tumpak Sewu ini karena mendapatkan Anugerah Tempat Wisata Jawa Timur terbaik nomer 1 tahun 2018. Penghargaan ini diberikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Jawa Timur. Penasaran seperti apakah Air Terjun Tumpak Sewu yang terkenal itu? Yuk simak informasinya seperti berikut ini!

Panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari Atas Air Terjun

Saat memasuki kawasan Air Terjun Tumpak Sewu kamu bisa mengambil kesempatan mendaki ke bagian atas air terjun sehingga dapat menimati panorama air terjun dari atas. Panorma air terjun dari ketinggian tentunya memiliki sensasinya tersendiri. Tak hanya melihat air terjun dari atas kamu juga menyaksiakn pemandangan hutan yang menawan dari atas.

Jika kamu beruntung dan cuaca sedang cerah kamu juga memiliki kesempatan untuk melihat Air Terjun Tumpak Sewu dengan latar belakang pemandangan Gunung Semeru yang megah secara langsung. Untuk bisa menikmati pemandagan Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian kamu perlu berjalan kaki sekitar 400 meter dari loket tempat wisata. Merasa lelah untuk berjalan kaki? Kamu bisa membantu warga sekitar mendapatkan penghasilan dengan menggunakan jasa ojek setempat.

@CNN Indonesia

Panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari Bawah Air Terjun

Setelah menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian kamu pun bisa menikmati panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari bagian bawah. Panorama Air Terjun Tumpak Sewu dari bawah disebut juga dengan istilah spot bottom waterfall. Bagi kamu yang ingin menikmati segarnya Air Terjun Tumpak Sewu dari bawah kamu harus menuruni tangga sekitar 600 meter. Namun kamu perlu berhati-hati dalam perjalanan menuju bagian bawah Air Terjun Tumpak Sewu ini ya.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah untyk berhati-hati saat menuruni anak tangga. Perjalanan menuju ke spot bottom waterfall memang menjadi terasa mudah dengan tersedianya anak tangga di sini. Namun ada kalanya jalanan disekitarnya terasa agak licin. Oleh karena itu saran dari Bob bagi kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Tumpak Sewu adalah mengenakan alas kaki yang nyaman, aman, dan anti selip.

Tebing Nirwana, Spot Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Selain menikmati pemandangan air terjun kamu juga bisa menjelajahi tempat menarik lainnya di sekiar kawasan air terjun ini salah satunya adalah Tebing Nirwana. Tebing Nirwana merupakan titik wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi selepas menikmati pemandangan air terjun dari bawah. Jika kamu sedang berada di bagian atas ai terjun maka kamu harus menuruni anak tangga terlebih dahulu menuju ke bottom waterfall Tumpak Sewu.

Nikmati Segarnya Air di Telaga Biru

Tak jauh dari Tebing Nirwana kamu bisa singgah sejenak ke Telaga Biru yang tak kalah menarik menyuguhkan nuansa wisata alam yang sangat istimewa. Seperti yang mungkin kamu bayangkan, Telaga Biru ini merupakan genangan air yang berasal dari cucuran air dari Tebing Nirwana yang memenuhi tempat ini. Kamu bisa bermain air, berendam, dan bersantai sambil menikmati jernih sekaligus sejuknya air di sini. Kejernihan air disekitar Telaga Biru ini membuat kamu bisa melihat secara langsung dasar telaga yang begitu indah.

@Journey Era

Goa Tetes – Goa Stalaktit di Air Terjun Tumpak Sewu

Setelah mengunjungi Tebing Nirwana dan Telaga Biru kamu bisa melanjutkan eksplorasi kamu dengan berkunjung ke gua di sekitar tempat wisata ini. Bagi kamu yang senang berpetualang maka Bob sangat merekomendasikan kamu untuk mencoba aktivitas ini. Pejalanan menuju gua ini bisi dibilang cukup terjal dengan jalanan yang berair sehingga kamu perlu ekstra berhati-hati selama berjalan.

Perjalanan eksplorasi gua ini memang akan terasa melelahkan. Namun rasa lelah tersebut akan terbayarkan dengan rasa puas setelah kamu menaklukan jalanan terjal tersebut. Sesampainya di sana kamu bisa bisa berendam di sekitar bukit. Di sana terdapat kolam dengan air yang terasa sejuk untuk menghilangkan rasa lelah sejenak. Kamu pun bisa menikmati keindahan pemandangan bebatuan stalaktik yang menghiasi sekeliling gua yang telihat menakjubkan.

Rute Perjalanan Menuju Air Terjun Tumpak Sewu dari Malang

Bagi kamu yang akan berkunjung ke tempat wisata ini dari Kota Malang maka kamu dapat melakukan perjalanan dimulai dari Jalan Kyai Tamin menuju ke Jalan Raya Gadang. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Raya Lowokdoro – Jalan Raya Tambak Rejo – Jalan Raya Bululawang, lalu ke Jalan Raya Krebet.

Setelah itu ikuti terus jalan nasional menuju Turen – Dampit – Ampelgading hingga ke Lumajang yang akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Perjalanan menuju temat wisata ini dapat kamu tempuh dengan menggunakan sepeda motor, mobil, ataupun bus.

@Travel Kompas

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tumpak Sewu dan Kawasan Sekitarnya

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Tumpak Sewu ini baik itu untuk menuju panorama Tumpak Sewu atas dan bawah, kamu perlu membayar tiket terlebih dahulu. Tiket masuk ke tempat wisata ini dibanderol seharga Rp20.000,00 perorang dan untuk pengunjung WNA adalah Rp40.000,00 perorang.

Jika setelah mengunjungi Air Tejung Tumpak Sewu kamu berniat untuk berkunjung ke kawasan Tebing Nirwana, Telaga Biru, dan Goa Tetes maka kamu perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp10.000 perorang. Kamu perlu membayar biaya tambahan ini saat berada di kawasan bawah air terjun. Cukup terjangkau, bukan?

Nikmati Keseruan Menginap di Bobobox

Selain berwisata ke air terjun di kawasan Lumajang yang tersembunyi nan cantik ini, ada lagi lho destinasi yang menarik dan tak kalah seru untuk kamu kunjungi. Ya, menginap di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Kamu bisa menginap atau sekadar staycation di sini. Caranya, tinggal pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox.

Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu. Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi? Yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

promo bobobox

You might also like