Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Air Terjun Sungai Cikaso: Keindahan Istimewa di Tengah Sejuknya Sukabumi

Keindahannya bisa dicapai dengan trekking atau perahu

Sukabumi memang terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan, salah satu di antaranya adalah Air Terjun Sungai Cikaso. Nama asli air terjun ini sebenarnya adalah Curug Luhur, namun lebih dikenal sebagai Curug Cikaso. Cikaso sendiri disematkan pada nama air terjun karena sumber mata airnya yang berasal dari sungai tersebut.

Air Terjun Sungai Cikaso ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar 100 meter. Airnya sangat jernih dan dari kejauhan akan tampak biru kehijauan. Salah satu yang unik dari air terjun ini adalah alirannya yang terbagi menjadi tiga curug yang mengalir bersisian, yakni Curug Aseupan (kiri), Curug Meong (tengah) dan Curuh Aki (kanan dan agak tersembunyi).

Air yang mengalir dari ketiga curug tersebut berkumpul dalam satu kolam yang ada di bawahnya. Kolam tersebut memiliki air berwarna biru kehijauan dengan kedalaman sekitar 15 meter. Karena itu, pengunjung sangat tidak dianjurkan untuk berenang di kolam tersebut. Selain itu, kemungkinan ada pusaran air di bawahnya dinilai cukup berbahaya untuk kegiatan berenang.

Meski begitu, kamu tentu masih bisa menikmati keindahan dan kesejukan alam di Air Terjun Sungai Cikaso ini. Gemuruh airnya yang menenangkan, rimbunan pepohohan hijau di sekelilingnya yang menyejukkan, serta kabut air yang menghiasi air terjun tersebut akan membuat kamu betah berlama-lama di sana. Keindahan ini akan lebih terpancar saat musim hujan, dengan debit air yang lebih tinggi ditemani gemuruh air terjun yang makin menunjukkan kemegahannya.

Lalu, bagaimana caranya kamu bisa menikmati keindahan Air Terjun Sungai Cikaso ini? Yuk simak ulasan singkatnya!

Menikmati Keindahan Air Terjun Sungai Cikaso

@pryaji via Instagram

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Sunga Cikaso, kamu bisa memilih berjalan kaki atau menggunakan perahu. Keduanya sama-sama memiliki pesonanya tersendiri. Jika berjalan kaki, kamu harus menempuh jarak sekitar satu kilometer. Di sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani dengan pemandangan alam berupa hutan dan persawahan hijau.

Sementara itu, jika tidak ingin terlalu cape, kamu bisa memilih menggunakan perahu saja. Per perahu dapat disewa dengan harga Rp 70.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu) dengan kapasitas maksimal 10 orang. Pastikan kamu pergi berombongan agar bisa patungan dan menawar harga agar lebih murah. Kamu juga bisa berbagi dengan wisatawan lainnya untuk memperoleh tarif yang lebih terjangkau.

Sambil menyusuri Sungai Cikaso, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang menyejukkan mata. Ada hutan tropis serta tebing-tebing menjulang yang siap memanjakan kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk botram (makan bersama) di atas perahu dengan romobongan kamu.

Selain menikmati keindahan dan kesejukan Air Terjun Sungai Cikaso, kamu juga bisa mengabadikan keindahan tersebut lewat kamera kamu. Kamu juga bisa bermain air bahkan berenang tetapi di lokasi sekitar air terjun dengan air yang lebih dangkal.

Jika sudah puas bermain air, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancing kamu di kawasan Air Terjun Sungai Cisoka ini. Demi keselamatan, ada baiknya kamu tanyakan pada masyarakat setempat atau pemandu perihal tempat yang boleh digunakan untuk memancing.

Agar kamu lebih puas menikmati keindahan Air Terjun Sungai Cikaso, kamu juga bisa berkemah di camping ground yang tersedia kawasan air terjun tersebut. Kegiatan ini bisa kamu manfaatkan untuk menyaksikan matahari terbit di sekitar air terjun.

Tiket Masuk

@tian_abdulhanip via Instagram

Jika tertarik untuk menikmati keindahan air terjun ini, kamu perlu menyiapkan Rp 3.000,00 untuk tiket masuk dan Rp 2.000,00 untuk uang kebersihan. Kalau datang menggunakan mobil, per mobil akan dikenakan biaya Rp 27.000,00. Selain itu, kamu juga perlu membayar Rp 2.000,00 jika ingin menggunakan fasilitas toilet.

Selain toilet, kawasan wisata ini juga sudah dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas (Rp 6.000,00 untuk biaya parkir), ruang ganti, warung-warung penjual makanan dan minuman, serta toko oleh-oleh.

Setelah lelah berwisata, kamu sudah tentu perlu berisitirahat di tempat yang nyaman. Tidak usah pusing-pusing mencari pilihan. Soal kenyamanan, Bobobox ahlinya.

Di hotel kapsul ini, kamu akan ditemani dengan berbagai fasilitas berteknologi canggih. Semua sudah dimulai sejak kamu melakukan pemesanan. Unduh saja aplikasi Bobobox dan lakukakn pemsanan untuk kamar yang kamu mau.

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan QR code untuk akses masuk kamar kamu. Cukup pindai kode tersebut dan kamu bisa masuk tanpa perlu menggunakan kunci konvensional. Mudah dan anti ribet!

You might also like