Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Main Ke Garut? Kunjungi Air Terjun Sanghyang Taraje yang Indah dan Asri!

Rasakan kesegaran dan kemegahan dari tangga para dewa

Selain terkenal sebagai daerah penghasil dodol, Garut juga memiliki pesona wisata alam air terjun yang layak kamu kunjungi apalagi kalau kamu membutuhkan kesegaran dan kesejukan alam untuk mengusir penat kamu. Salah satu yang paling indah adalah Sanghyang Taraje Garut.

Buat kamu yang penasaran dengan air terjun atau curug Sanghyang Taraje Garut ini, simak dulu yuk informasi dar Bob berikut ini!

Tentang Sanghyang Taraje Garut

@rizkisetiawant via Instagram

Curug Sanghyang Taraje Garut ini tepatnya beralamat di Kampung Kombongan, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Posisinya tersebut cukup tersembunyi karena berada di lembah yang dikelilingi oleh perbukitan hijau yang semakin membuat suasana terasa segar dan memanjakan mata.


Baca Juga: 7 Tempat Wisata Garut Favorit 2021 Yang Tak Boleh Terlewatkan!


Sanghyang Taraje Garut ini terdiri dari dua aliran air terjun yang berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan tinggi air mencapai 82 meter. Debit air yang besar terutama di musim hujan membuat tempiasnya tampak seperti kepulan asap yang keluar dari bawah. Berpadu dengan kabut, pemandangan air terjun ini akan semakin menawan dan tampak misterius.

Arti Sanghyang Taraje

@hens4m via Instagram

Dalam bahasa Sunda, Sanghyang memiliki arti sebutan kehormatan pada dewa/dewi zaman dahulu. Sementara itu, kata taraje dapat diartikan sebagai tangga.

Dengan kata lain, Sanghyang Taraje ini bermakna tangga bagi para dewa/dewi. Hal ini didukung oleh legenda setempat yang menyebutkan bahwa curug ini merupakan tangga yang digunakan oleh para dewa menuju kayangan. Mitos lainnya menyebutkan bahwa curug tersebut juga merupakan tangga yang digunakan Sangkuriang untuk mengambil bintang untuk Dayang Sumbi. Konon katanya, bintang tersebut masih ada di dasar air terjun tersebut.

Saat kamu menyaksikan kemegahan curug satu ini dari dekat, kamu mungkin bisa memahami mengapa curug ini dianggap sebagai tangga para dewa. Tingginya yang menjulang dipadukan dengan derasnya debit air membuatnya tampak menjulang menuju langit.

Kegiatan di Sanghyang Taraje Garut

@choepar98 via Instagram

Debit air yang tinggi, membuat kawasan tepat di bawah air terjun cukup berbahaya dan licin. Karenanya, berenang di sekitar aliran air terjun sangat tidak dianjurkan. Sebagai gantinya, kamu bisa cukup berfoto-foto, bermain air di tempat yang lebih tenang, atau berenang di kolam buatan yang menampung aliran air terjun.


Baca Juga: Manjakan Diri Dengan Keindahan Pesona 5 Leuwi Segar Di Garut


Di dekat kolam, kamu akan menjumpai taman berumput hijau yang disediakan pengelola sebagai tempat bersantai para pengunjung. Jika masih ingin berlama-lama di Sanghyang Taraje Garut, kamu bisa berkemah di sekitar lokasi tentu dengan biaya tambahan.

Harga Tiket

@arohanda via Instagram

Jika tertarik berkunjung, kamu bisa datang di jam-jam sekitar pukul 08.00-17.00. Harga tiketnya sendiri cukup terjangkau, yakni Rp 10.000,00 saja (bisa berubah sewaktu-waktu). Biaya masuk tersebut mencakup tiket masuk, penitipan motor, dan berenang di kolam yang tersedia di sana. Untuk berkemah, siapkan uang tambahan sebesar Rp 15.000,00. Fasilitasnya sendiri cukup memadai. Kamu bisa menemukan warung makan, area parkir, toilet, musala, bangku dan gazebo, dan kolam.

Rute

  • Dari kota Garut, ambil rute menuju Cikajang.
  • Sebelum memasuki kota Cikajang, kamu akan melihat pertigaan.
  • Ambil kanan yang menuju Bungbulang.
  • Dari Simpang Cikajang, ambil kanan lagi ke arah Cisandaan dan Pakenjeng.
  • Di perjalanan, kamu akan melewati Curug Orok dan Desa Cisandaan sampai bertemu pertigaan lagi.
  • Belok kanan menuju Kecamatan Pamulihan.
  • Masuk jalan yang cukup terjal menuju Sanghyang Taraje Garut
  • Disarankan menggunakan kendaraan prbadi karena jaraknya yang cukup jauh dan minimnya transportasi umum menuju Kecamatan Pamulihan.
  • Dari area parkir, kamu perlu berjalan melewati jalan setapa sekitar 15 menit.

Kesegaran di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Belum puas menikmati alam di Garut? Yuk coba produk terbaru berkonsep glamping dari Bobobox yang bertajuk Bobocabin Rancaupas. Sama halnya seperti Bobobox, Bobobocabin juga dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Meski berada di tengah alam terbuka dengan segala kesegaran dan ketenangannya, kamu akan tetap merasakan sentuhan teknologi modern sehingga segalanya tetap terasa mudah, aman dan nyaman.

Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk booking dan dapatkan informasi serta promo-promo terbaru dari Bob!

 

You might also like