Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Air Terjun Kapas Biru; Pesona Wisata Alam di Lumajang, Jawa Timur

Siapkan fisik dan staminamu untuk perjalanannya!

Bobobox.co.id — Tengah jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang hampir setahun penuh menderamu? Jika iya, inilah memang saat yang tepat untuk merencanakan liburanmu. Liburanmu kali ini tentunya yang jauh dari perkotaan. Bisa jadi salah satu yang tepat untuk itu adalah dengan wisata alam.

Untuk mencari tempat wisata alam yang tepat, tentu kamu perlu melakukan riset kecil di internet. Hal ini dilakukan demi mendapatkan pengalaman liburan di tempat wisata alam yang worth it dengan apa yang kamu keluarkan nantinya. Dari sekian banyak tempat wisata alam yang ada, bagaimana kalau kamu coba datang ke Lumajang, Jawa Timur.

Jadi, selain Malang dan Surabaya yang menjadi destinasi saat berlibur ke Jawa Timur. Lumajang pun mempunyai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Mulai dari Gunung Semeru hingga Puncak B29 menjadi beberapa destinasi favorit bagi para pelancong yang datang ke Lumajang.

Selain itu, di kota dengan penduduk sekitar 1 juta jiwa ini juga menawarkan keindahan alam lainnya yang patut kamu saksikan dengan mata kepalamu sendiri. Tempat yang dimaksud adalah Air Terjun Kapas Biru. Selain disebut dengan nama Air Terjun Kapas Biru, tempat wisata alam satu ini sering juga disebut Coban Kapas Biru.

Nah, jika kamu penasaran seperti apa keindahannya dan juga informasi menarik lainnya seputar Air Terjun Kapas Biru, yuk simak ulasan singkat dari Bob berikut ini. Ulasannya sendiri tidak boleh kamu lewatkan begitu saja ya!

Lokasi Air Terjun Kapas Biru

Lokasi tempat wisata alam satu ini berada di Desa Pronojiwo, Kecamatan Mulyoarjo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ada dua rute yang bisa kamu tempuh sesuai dengan titik awal perjalananmu yaitu dari Lumajang dan dari Malang. Jarak tempuhnya dari kedua tersebut berbeda 20 kilometer.

Jadi, tinggal sesuaikan saja dari mana awal perjalananmu. Apakah dari Malang ataupun Lumajang. Nah, bagi kamu yang ingin lebih mengetahui kedua rute tersebut, cek rute yang di bawah ini.

  • Via Lumajang: Dari pusat kota, ikuti Jalan Nasional Lumajang – Malang. Kemudian, kamu akan melewati daerah seperti Sumbersuko – Tempeh, Pasirian – Candipuro hingga akhirnya kamu tiba di Lapangan Pronojiwo. Tidak lebih dari 300 meter, kamu akan menemukan banner Air Terjun Kapas Biru. Setelah ini, kamu hanya tinggal mengikuti petunjuk yang ada di banner tersebut.
  • Via Malang: Dari pusat kota, tempuh perjalananmu menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading hingga akhirnya kamu sampai di Polsek Pronojiwo. Dari polsek ini, kurang lebih 100 meter, kamu akan menemukan banner yang menunjukkan rute selanjutnya untuk sampai ke Air Terjun Kapas Biru. Setelahnya, kamu hanya perlu mengikuti rute yang ada di banner tersebut.

Setelah sampai di parkiran Air Terjun Kapas Biru, perjalananmu menuju air terjunnya sendiri belum usai. Salah satu hal yang harus kamu siapkan adalah stamina yang prima dan juga minuman sesuai kebutuhan. Hal ini disebabkan karena medannya menuju lokasi air terjunnya tergolong curam dan menantang.

Namun, dibalik perjuanganmu dalam melakukan treking ke Air Terjun Kapas Biru, ada pesona alam yang siap memanjakanmu. Khususnya dalam membayar segala perjuangan yang kamu sudah lakukan untuk bisa sampai ke tempat wisata alam di Lumajang, Jawa Timur ini.

via ceritaeka.com

Aktivitas di Air Terjun Kapas Biru

Perjalanan panjang nan melelahkanmu akan terbayarkan sesampainya di sini. Suasa alamnya yang begitu sunyi dan tenang yang dikelilingi oleh hijaunya pohon-pohon yang ada akan sangat cocok untuk menenangkan diri. Apalagi ditambah dengan udaranya yang menyegarkan.

Dengan fasilitas yang cukup memadai, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas yang biasa para pengunjung lakukan selama di tempat wisata alam ini. Yang pertama tentu saja adalah mengabadikan momen liburan dengan berfoto yang dilatarbelakangi aliran air terjun yang begitu deras.

Jika itu saja belum cukup, kamu bisa berenang atau basah-basahan di kolam renang alami yang ada di sini. Airnya yang jernih dan segar siap memberikan sensasi dingin yang begitu mengasyikkan. Kalau kamu sedang tidak mood untuk melakukan banyak hal, kamu bisa bersantai di dudukan bambu yang tersedia hanya untuk menikmati dalam-dalam suasana alam yang bisa jadi jarang kamu temui.

Setelah melakukan aktivitas dan menikmati liburanmu di tempat wisata alam ini, usahakanlah untuk pulang sebelum malam menjelang. Semakin larut kamu pulang mengundang bertambahnya risiko terjadi sesuatu yang tidak kamu inginkan. Hal ini mengingat keadaan sekeliling Air Terjun Kapas Biru yang akan benar-benar gelap saat malam hari.

via phinemo.com

Fasilitas yang Kamu Dapat Selama di Air Terjun Kapas Biru

Fasilitas yang ada di sekitaran area tempat wisata alam Air Terjun Kapas Biru terbilang sudah cukup memadai. Mulai dari area parkir, pondok yang biasa digunakan sebagai tempat beristirahat, hingga warung yang menjajakan makanan maupun minuman bisa kamu temui di sini.

Ada juga kolam renang alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang ataupun sekadar bermain air. Kalau kamu memang berniat untuk melakukan kedua aktivitas tadi, usahakan untuk membawa baju ganti saat melakukan perjalanan ke air terjun ini. Kamu bisa mengganti baju di toilet yang disediakan.

via wisataalam.co.id

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru

Jika kamu pikir bahwa keindahan alam dan sejuknya suasana di Air Terjun Kapas Biru ini mahal, kamu harus pikir soal itu. Pasalnya, harga tiket masuk yang dipatok pun terbilang murah meriah. Bahkan, tidak akan membuat dompetmu tipis sehabis bersenang-senang di tempat wisata alam ini.

Kamu hanya perlu membayar 7 ribu rupiah per orangnya untuk tiket masuknya. Tambahannya adalah kamu harus membayar 5 ribu lagi sebagai tiket parkir untuk kendaraanmu. Di balik harga tiket yang murah ini, sebenarnya kamu turut membantu perbaikan sarana jalan menuju Air Terjun Kapas Biru ini.

wisata alam harga tiket
via beritagar.id

Menginap Tanpa Bikin Kantong Kering? Ya di Bobobox

Setelah bersenang-senang saat liburan, menginap di akomodasi penginapan menjadi hal selanjutnya dari daftar kegiatan selama liburan. Nah, memilih akomodasi penginapan ini tidak boleh sembarang lho. Jika kamu memilihnya secara asal, bisa-bisa kamu tidak mendapatkan istirahat yang kamu butuhkan selama liburan.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended untuk kamu singgahi adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung tema futuristik ini menawarkan fasilitas yang keren guna menunjang kualitas tidurmu. Beberapa fasilitas keren yang disediakan di antaranya adalah lampu led, pod yang relatif lega, pengeras suara Bluetooth, hingga kamar mandi yang terjaga kebersihannya.

Soal harga, dengan seabrek fasilitas yang ditawarkan, bukan berarti harga yang kamu bayarkan terasa membebani dompetmu. Justru, menginap semalamnya di sini tidak akan membuat kantongmu kering. Jadi, akan sangat cocok jika kamu sedang melakukan liburan bujet.

Pemesanan tiap podnya sudah bisa dilakukan secara online. Yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Bobobox di sini dan lewat aplikasi tadilah kamu memesan pod yang kamu inginkan.

penginapan di bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.