Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini dia 5 Air Terjun di Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

Bukan hanya pantainya saja, wisata air terjun Bali ini juga nggak boleh kamu lewatkan!

Pulau Bali memang sangat terkenal dengan wisata pantainya yang memukau. Namun, tidak hanya wisata pantai yang bisa kamu nikmati saat berlibur ke pulau dengan julukan “Island of Gods” ini, lho. Kamu juga wajib mengunjungi beberapa wisata air terjun Bali yang nggak kalah memukau dan sayang banget jika kamu lewatkan.

Berikut sudah Bob rangkum untuk kamu, 5 tempat wisata air terjun Bali yang akan memberikan pengalaman seru, beda, dan berkesan untuk liburan kamu. Check these out!

1. Air Terjun Kanto Lampo

wisata air terjun Bali

(Photo by: pinterest.com)

Air terjun Bali pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Kanto Lampo. Air terjun ini berada di wilayah Gianyar Bali, atau sekitar 30 kilometer dari Denpasar. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang biasanya berada di dataran tinggi seperti kawasan pegunungan, Air Terjun Kanto Lampo terletak di dataran rendah.

Lantaran lokasinya yang terletak di daerah dataran rendah, menjadikan air terjun Bali satu ini tidak terlalu sulit untuk kamu capai. Kamu hanya perlu sedikit menuruni sekitar 500 anak tangga dan bebatuan yang berundak. Selain itu, air terjun Bali yang satu juga biasanya akan bersuhu panas pada siang hari.

Penduduk sekitar daerah Air Terjun Kanto Lampo ini biasa menggunakan air yang berasal dari air terjun ini sebagai air minum. Namun, penduduk tidak bisa langsung mengambil dan menggunakan airnya, melainkan harus menghaturkan sesaji terlebih dahulu.

Hal tersebut dikarenakan Air Terjun Kanto Lampo ini juga merupakan tempat yang dikeramatkan (Beji) untuk mencari air suci (Mendak Toya Ning) dari desa untuk kegiatan upacara Dewa Yadnya ataupun Pitra Yadnya.

Untuk bisa menikmati air terjun Bali yang indah ini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Dengan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Kanto Lampo yang sangat memukau.

2. Air Terjun Banyumala

wisata air terjun Bali

(Photo by: pinterest.com)

Air terjun Bali selanjutnya yang wajib banget ada di itinerary kamu adalah Air Terjun Banyumala. Air terjun yang berlokasi di Buleleng Bali ini sebenarnya masih jarang dikunjungi atau belum banyak diketahui oleh wisatawan karena letaknya yang cukup tersembunyi.

Air terjun Bali nan indah ini terletak di dasar sebuah lembah dengan tiga buah sisi air terjun. Air terjun yang terbesar dan tertinggi berada tepat di tengah, sedangkan air terjun yang lebih kecil berada di sisi kanan dan kirinya.

Bukan hanya keindahan air terjunnya saja yang bisa kamu nikmati, namun cantiknya kolam alami yang terbentuk tepat di bawah Air Terjun Banyumala ini juga bisa membuatmu berdecak kagum. Airnya yang sangat jernih dan tenang juga akan menjadi daya tarik bagimu untuk berenang di dalamnya.

Saking jernihnya air kolam di dasar air terjun Bali satu ini, kamu bahkan bisa melihat dasarnya meski kedalamannya bisa mencapai 2 meter. Meskipun areanya tidak terlalu luas, yakni hanya sekitar 20 meter, namun kamu akan merasa betah karena dimanjakan oleh keindahan, suasana yang asri dan udara yang sejuk dari air terjun Bali yang cantik ini.

Untuk bisa memasuki kawasan air terjun Bali satu ini kamu akan dikenakan biaya untuk tiket sebesar 10 ribu rupiah saja.

3. Air Terjun Aling-Aling

wisata air terjun Bali

(Photo by: pinterest.com)

Meski tidak sepopuler Air terjun Bali lainnya seperti Air Terjun Gitgit atau Air Terjun Sekumpul, namun keindahan Air Terjun Aling-Aling ini tidak boleh kamu lewatkan. Air terjun yang berlokasi di daerah Buleleng Bali ini memiliki ketinggian 35 meter.

Keindahan air terjun Bali satu ini juga dipercantik dengan sebuah kolam yang ada di bawahnya, dan tebing-tebing tinggi di sekitarnya. Air Terjun Aling-Aling juga terbagi menjadi dua bagian air terjun yang letaknya bersandingan, dengan debit air yang lebih besar pada air terjun sebelah kanannya.

Meskipun letaknya agak jauh dari pusat kota Denpasar, yaitu sekitar 80 kilometer, namun semuanya akan terbayar dengan keindahan yang akan kamu dapati. Kabar baik lainnya adalah, kamu tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke kawasan air terjun Bali yang satu ini. Kamu cukup mengeluarkan uang untuk membayar biaya parkir kendaraan saja, ya.

4. Air Terjun Tukad Cepung

 

wisata air terjun Bali

(Photo by: pinterest.com)

Air terjun Bali satu ini sepertinya sangat layak untuk menyandang predikat “Air Terjun Terindah di Pulau Bali”. Bagaimana tidak, destinasi wisata favorit terbaru di pulau Dewata ini akan menyuguhkanmu dengan keindahan dan keunikan pemandangan air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu.

Sebelum mencapai Air Terjun Tukad Cepung, para pengunjung harus menyelinap di antara tebing-tebing yang bentuknya menyerupai sebuah goa. Tak hanya itu, sebelumnya para wisatawan juga akan disambut oleh beberapa pemuda yang akan melakukan upacara Mesirat dengan memercikkan air suci sebelum memasuki lokasi wisata. Tujuan dari upacara Mesirat ini adalah untuk pembersihan diri.

Tidak ada tarif khusus untuk dapat masuk ke kawasan air terjun Bali satu ini. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang donasi serelanya saja untuk biaya pengelolaan objek wisata ini. Jarak yang mesti ditempuh jika kamu berangkat dari kota Denpasar pun tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 39 kilometer.

5. Air Terjun Peguyangan

wisata air terjun Bali

(Photo by: pinterest.com)

Tempat terakhir yang nggak boleh ketinggalan di list wisata air terjun Bali kamu adalah Air Terjun Peguyangan. Air terjun yang berlokasi di Nusa Penida Bali ini sangat cocok untuk kamu yang gemar memacu adrenalin, karena air terjun Bali satu ini berada di tebing tinggi yang menjorok ke laut.

Air dari Air Terjun Peguyangan ini langsung terjun ke laut lepas. Di sekitar kawasan air terjun ini juga terdapat mata air yang sangat jernih dan menyegarkan. Mata air ini dianggap suci oleh penduduk setempat. Meski begitu, kamu boleh meminumnya, atau mencuci muka dengan mata air tersebut.

Di bawah mata air terdapat sebuah pura milik penduduk setempat yang sering digunakan untuk sembahyang dan upacara adat atau keagamaan. Maka dari itu, perempuan yang sedang haid dilarang untuk mendekati mata air tersebut demi menghormati tempat ibadah yang ada di bawahnya.

Ada pula kolam alami yang berada di dekat tebing dan langsung berbatasan dengan ujung tebing, sehingga kamu bisa langsung menikmati view laut lepas dari kolam ini.

Untuk mencapai tempat wisata air terjun Bali yang indah ini, kamu harus menempuh perjalanan dengan cara menyebrang ke Nusa Penida dengan menggunakan speed boat. Harga sewa speed boat yang harus kamu bayar adalah sebesar 100 ribu rupiah per orangnya. Masih cukup terjangkau, ya?

Bobobox! Pilihan tepat untuk liburan kamu.

Cari penginapan untuk istirahat setelah puas menikmati tempat-tempat wisata air terjun Bali yang memukau? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy Holiday!

hotel kapsul bobobo

You might also like