Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan

Tips menghindari jerawat saat memakai masker ini mudah kok.

Pandemi COVID-19 akibat virus corona masih belum usai. Memakai masker saat keluar rumah adalah salah satu kewajiban di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Sayangnya, penggunaan masker justru rentan menimbulkan permasalahan baru pada kulit wajah. Jika tidak diantisipasi, kulit wajah akan mengalami bruntusan, jerawatan, bahkan bisa sampai iritasi, lho.

Oleh karenanya, Bob akan membagikan tips mudah untuk menghindari jerawat karena terlalu sering memakai masker. Simak tipsnya di bawah ini, ya.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto dari nettcyber.com

Gunakan bahan masker yang tepat

Ada banyak jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus corona, di antaranya adalah masker bedah dan masker kain. Bahan yang digunakan pada masker bedah dinilai cukup aman untuk kulit wajah. Hal ini disebabkan karena bahan masker bedah yang tipis, sehingga memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Namun, bagaimana dengan masker kain nonmedis? Para dermatolog menganjurkan untuk menggunakan masker kain yang terbuat dari bahan katun 100 persen. Bahan katun memang dikenal sebagai bahan yang ramah untuk kulit, mudah menyerap keringat, dan memiliki serat yang cukup lembut.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto oleh Bára Buri dari Unsplash

Dengan spesifikasi tersebut, bahan katun merupakan material yang cocok dan memungkinkan kulit untuk bernapas. Jadi, tak perlu khawatir jika kulit akan mudah berjerawat saat memakai masker kain berbahan katun.

Kamu juga masih bisa melapisi masker kain dengan kertas tisu kok. Lapisan tipis dan lembut pada kertas tisu ini tidak akan membahayakan kulit wajah dan masih efektif jika dijadikan pelapis masker kain.

Istirahatkan kulit wajah saat memakai masker

Ketika kamu memakai masker dalam waktu yang cukup lama, kamu perlu melepas masker untuk mengistirahatkan sementara wajahmu. Ingat, jangan lepaskan masker di tempat yang ramai, ya. Usahakan untuk mencari tempat yang cukup sepi untuk meminimalisir penularan virus.

Lepaslah maskermu setiap 2 jam sekali agar kulit wajahmu bisa mendapat udara segar dan melepaskan udara dalam masker. Selain itu, melepaskan masker juga bertujuan untuk mencegah penyumbatan pori-pori oleh keringat dan minyak di wajahmu.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto oleh Pille-Riin Priske dari Unsplash

Lepaskan masker minimal 5 menit untuk menyegarkan kembali kulit wajahmu. Sebelum membuka masker, biasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer terlebih dahulu, ya. Mencuci tangan berfungsi untuk membersihkan virus penyakit serta bakteri penyebab jerawat yang mungkin menempel di tanganmu tanpa disadari.

Bersihkan wajah lebih sering dari biasanya

Profesor Karen Ousey, seorang ahli perawatan kulit, mengatakan bahwa jika terlalu sering memakai masker, maka akan berakibat pada meningkatnya jumlah keringat dan minyak di area wajah. Tak hanya itu, udara yang hangat di dalam area masker juga menyebabkan pori-pori wajah mudah terbuka.

Jika sering tertutup masker, keringat dan minyak ini berpotensi menyumbat pori-pori pada wajah. Tentu saja, hal tersebut akan menyebabkan kulit rentan berjerawat. Untuk mencegah tumbuhnya jerawat, rajin membersihkan wajah bisa menjadi solusi.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto dari Shutterstock

Kamu bisa mencuci wajahmu dengan menggunakan sabun wajah 3 sampai 5 kali dalam sehari. Namun jika kamu memiliki kulit yang sensitif dan tidak bisa mencuci muka terlalu sering, kamu bisa menggunakan krim pembersih dan toner-nya, atau micellar water.

Pilihlah pemberih yang ramah dengan kulit sensitif atau yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Jika tidak, tentu saja masalah kulit akan tidak akan selesai karena terlalu sering menggunakan masker, ditambah tidak cocok dengan produk pembersih wajah.

Langkah ini juga bisa kamu aplikasikan saat kamu sedang mengistirahatkan wajahmu dengan melepas masker. Jadi, selain memberikan waktu untuk wajah agar bisa bernapas, wajah juga sudah dalam kondisi yang bersih dan segar.

Perhatikan waktu penggunaan masker

Ketika kamu harus memakai masker dalam jangka waktu yang lama, sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihan masker. Masker yang bersih tentu akan mencegah kotoran untuk masuk ke area wajah.

Namun, tahukah kamu bahwa masker memiliki batasan waktu penggunaannya? Dr. Candrice Heath, seorang asisten profesor dermatologi di Sekolah Kedokteran Lewis Katz, Amerika Serikat, berkata, “Kamu perlu memperlakukan masker seperti pakaian dalam. Artinya, kamu harus menjaga kebersihannya dengan sering mencucinya.”

“Kamu pasti tak ingin semua minyak, keringat, dan kotoran tetap ada di sana, kemudian kamu memakai maskernya kembali di wajahmu terus-menerus,” tambahnya lagi.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto oleh Macau Photo Agency dari Unsplash

Supaya fungsinya tetap efektif, masker bedah bisa dipakai maksimal selama 8 jam. Sedangkan, masker kain lebih singkat lagi, yakni hanya selama 4 hingga 5 jam saja. Namun, kamu pun harus menggantinya jika kamu merasa maskermu sudah kotor, meskipun masih dalam rentang waktu yang diperbolehkan.

Selain itu, kebersihan masker juga akan berpengaruh saat dipakai di tempat yang berbeda. Jika kamu sering berada di tempat umum atau tempat ramai, kamu harus lebih sering mengganti maskermu.

Tempat umum lebih rentan terhadap bakteri dan kotoran, sehingga sering mengganti masker sangat diperlukan agar wajahmu terhindar dari masalah jerawat. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker, ya.

Hindari memakai banyak rangkaian skin care dan make up

Wajah memang memerlukan perawatan agar tetap bersih dan sehat. Namun, ketika sering memakai masker, justru kamu perlu memangkas beberapa langkah dalam perawatan kulit wajahmu.

Saat harus memakai masker di siang hari, hanya memakai pembersih wajah yang lembut dan pelembab ringan saja sudah cukup. Namun, kamu juga bisa meminimalisir menggunakan skin care dengan memilih produk yang memiliki beberapa fungsi. Misalnya, pembersih wajah yang mengandung bahan aktif untuk menenangkan kulit sensitif atau pelembab yang juga mengandung SPF.

Sering Memakai Masker? Lakukan Hal Ini Agar Wajahmu Tidak Jerawatan
Foto oleh Septian Simon dari Unsplash

Penggunaan skin care dilakukan minimal 30 menit sebelum memakai masker, ya. Tujuannya untuk memberikan waktu agar produk skin care bisa meresap sempurna. Jangan khawatir, kamu masih bisa melakukan rutinitas perawatan kulit lainnya pada malam hari kok.

Kamu juga harus menghindari pemakaian make up ketika sering memakai masker. Make up yang becampur dengan keringat dan minyak akan memperparah penyumbatan kotoran di pori-pori wajah. Bisa-bisa, jerawatnya malah semakin menyebar dan susah hilang, lho.

Sekilas, merawat wajah saat sedang sering memakai masker memang terlihat gampang gampang susah, ya. Namun, dengan cara di atas dijamin jerawat akan jauh-jauh dari wajahmu.

Menggunakan masker memang sangat penting dilakukan di situasi seperti sekarang ini. Namun, menjaga kebersihan juga tak kalah pentingnya, lo.

 

Menjaga kebersihan juga sudah diterapkan oleh salah satu hotel kapsul yang sedang kekinian, yakni Bobobox. Hotel ini selalu memperhatikan kebersihan demi keamanan dan kenyamanan para tamunya. Mulai dari pembersihan menyeluruh, sampai dengan penyemprotan disinfektan tak pernah terlewat untuk dilakukan.

Selain itu, para tamu juga akan mendapatkan pengalam baru yang seru dan menyenangkan karena pod Bobobox dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern nan canggih, seperti akses dengan smartphone pribadi, pengaturan lampu LED sesuai dengan mood, hingga audio musik.

Penasaran dengan Bobobox? Langsung pesan kamar, yuk! Klik di sini untuk mengunduh aplikasi Bobobox.