Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Adakah Kompensasi Jika Kereta Api Antarkota Alami Keterlambatan?

Keterlambatan kereta api

 

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang cukup digemari masyarakat Indonesia, terutama untuk perjalanan antarkota.

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau serta fasilitasnya yang cukup lengkap dan nyaman, tidak heran jika kereta api menjadi primadona di hati masyarakat Indonesia. Selain itu, perjalanan menggunakan kereta api juga bisa menjadi alternatif agar kamu terhindar dari kemacetan.

Namun, pernah terpikir apa yang akan terjadi jika kereta api antarkota yang akan kamu naiki mengalami keterlambatan? Pasti menjengkelkan bukan? Tentunya ini akan menguras waktu kamu, juga mengacaukan jadwal yang sudah kamu rencanakan.

Keterlambatan memang bisa terjadi karena satu dan lain hal seperti gangguan listrik, kereta anjlok, gangguan penggunaan jalur, dan lain-lain. Hal ini tentunya tidak dapat diprediksi. Meski begitu, kamu tetap berhak mendapat kompensasi atas ketidaknyamanan ini.

Nah, di sini Bob akan memberikan informasi tentang kompensasi apa yang akan kamu terima jika kereta api antarkota kamu mengalami keterlambatan, baik dari segi keberangkatan maupun kedatangan atau karena adanya gangguan perjalanan. Apa saja kompensasinya? Simak baik-baik ya!

Mengingat betapa pentingnya sebuah rencana yang sudah disusun sedemikian rupa, kententuan tentang adanya kompensasi ini diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, keterlambatan dibedakan ke dalam tiga kategori, yakni keterlambatan keberangkatan, kedatangan serta karena adanya gangguan perjalanan.

Keberangkatan

Dalam kategori keberangkatan, kompensasi didapat jika kereta api mengalami keterlambatan lebih dari satu jam dan lebih dari tiga jam.

Jika kamu mengalami keterlambatan lebih dari satu jam, maka kamu diperbolehkan untuk membatalkan tiket kereta api kamu dan menerima pengembalian seluruh biaya tiket. Namun, bagi yang memilih untuk tidak membatalkan tiketnya, penumpang akan memperoleh minuman ringan sebagai kompensasi.

Jika terlambat lebih dari tiga jam dan kamu tidak membatalkan tiket kamu, maka kamu berhak mendapatkan minuman ringan serta makanan ringan berat.

Kedatangan

Lalu apa yang terjadi bila kereta mengalami keterlambatan kedatangan? Sedikit berbeda dengan kategori keberangkatan, kategori kedatangan dimulai dari tiga jam dan lima jam.

Jika kereta api mengalami keterlambatan sampai tiga jam, kamu akan memperoleh minuman dan makanan ringan. Selanjutnya, jika keterlambatan terjadi sampai lima jam, kamu akan mendapatkan minuman dan makanan berat.

Dalam kasus ini, dilansir dari akun Kementrian Perhubungan RI di Instagram, kamu dapat memilih melanjutkan perjalanan dengan kereta atau beralih ke moda transportasi lain dan tentunya kamu juga akan mendapatkan pengganti untuk uang karcis kamu.

Gangguan Perjalanan

Sementara itu, ada pula gangguan perjalanan yang menyebabkan kereta tidak bisa melanjutkan perjalanannya sampai stasiun tujuan.

Jika ini terjadi, pihak penyedia kereta api wajib menyediakan angkutan untuk kamu, baik dengan penggunaan kereta lain atau jenis transportasi lainnya yang akan membawa kamu sampai ke stasiun kereta tujuan kamu.

Nah, bagaimana kalau kamu tidak mau mengambil opsi di atas. Tenang saja, pihak kereta api akan memberikan ganti rugi kepada kamu seharga tiket kereta yang sudah kamu beli.

Daripada kamu lelah menunggu, yuk mampir ke Bobobox untuk sejenak menghilangkan kekesalan dan penat kamu. Hotel kapsul yang satu ini menyediakan pengalaman menginap yang unik, tentu dengan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk memastikan kamu tidur dan istirahat dengan nyaman. Untuk pemesanan, kamu bisa mengunduh aplikasi Bobobox di playstore dan apple store.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.