Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

4 Acara Event Tahunan di Kota Jember yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

List acara event tahunan di Kota Jember

Acara event di Jember adalah hal yang tidak boleh kamu lewatkan. Selain memiliki pesona alam yang indah, Jember juga terkenal dengan festivalnya. Tak heran banyak orang yang rela jauh-jauh datang ke Jember untuk berwisata. Nah, kali ini Bob akan mengajak kamu untuk melihat acara event tahunan apa aja sih yang bisa kamu kunjungi. Yuk kita lihat sama-sama.

Jember Fashion Carnival

acara event
Foto: merdeka.com

Bicara tentang hal yang mendunia memang selalu menjadi topik yang asyik – artis Indonesia, kuliner Indonesia, karya seni Indonesia dan masih banyak lagi.

Jember enggak mau ketinggalan soal mendunia. Acara event yang digagas oleh Dynand Fariz ini berhasil menarik perhatian dunia internasional dan bersaing dengan karnaval-karnaval seperti Rio de Janeiro di Brasil, Fastnatchkoln di Jerman, dan Mardi Gras di New Orleans, Amerika Serikat.

Selain itu, dari 7 karnaval tahunan internasional yang diselenggarakan di seluruh dunia, acara event yang satu ini berhasil menduduki peringkat ke 3. Sedangkan di Asia, Jember Fashion Carnival berhasil mencuri perhatian dan meraih status terbaik.

Setiap tahun, acara event ini diselenggarakan dengan tema-tema yang berbeda. Tema yang diusung pun bukan hanya sekadar tema. Ada isu-isu sosial baik di Indonesia maupun dunia yang disuarakan melalui karnaval ini. Contohnya, Jember Fashion Carnival pernah mengangkat tema anxiety and spirit of the world pada tahun 2006 atau world unity pada tahun 2009.

Nah, pada bulan Juli-Agustus kemarin, Jember Fashion Carnival datang tema tribal grandeur atau keagungan suku.

Di acara event yang berlangsung selama lima hari itu, delapan macam suku dari berbagai dunia ditampilkan dengan elok. Suku-suku itu terdiri dari Aztec, Meksiko; Mongol, Mongolia; Zulu, Afrika Selatan; Viking, Norwegia; Karen, Thailand; Polynesia; dan Indonesia sebgai tuan rumah yang diwakili oleh Minahasa, Sulawesi Utar dan Hudoq, Kalimantan Timur. Tentu saja semua pakaiannya merupakan karya anak bangsa.

Selain itu, banyak pula artis tanah air yang terlibat dalam acara event ini. Salah satunya adalah Cinta Laura. Sebagai seorang penggemar acara event tersebut, Cinta Laura tampil mengenakan kostum Hudoq khas Kalimantan TImur.

Pokoknya seru banget deh. Sekitar 6.000 orang datang untuk memeriahkan acara event tahunan ini. Meskipun enggak berkesempatan untuk menonton acaranya tahun ini, kamu masih bisa nonton tahun depan lo. Tentunya dengan tema yang berbeda.

Gerak Jalan Tajem

acara event jember
Foto: tentangkotajember.blogspot.com

Setiap daerah pasti punya ciri khasnya saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Berbagai lomba diselenggarakan mulai dari balap makan kerupuk, balap karung, panjat pinang dan masih banyak lagi.

Di Jember, gerak jalan menjadi andalannya. Acara tahunan ini bertajuk Tajem yaitu singkatan dari Tanggul—Jember. Gerak jalan ini ditempuh sejauh 30 kilometer dari Tanggul menuju Jember.

Masyarakat sangat antusias karena acara ini memang sangat ditunggu-tunggu. Bahkan tidak hanya anak muda saja yang mengikuti acara event ini. Di antara ribuan orang yang memenuhi jalanan, masih ada orang tua yang semangat untuk ikut berjalan.

Di tahun 2019, ada yang baru dari acara event ini. Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR. menyediakan layanan pijat gratis untuk para peserta acara event gerak jalan Tajem. Jadi, kamu enggak perlu khawatir pegal-pegal.

Kalau kamu ingin mencoba perayaan kemerdekaan Indonesia yang sedikit berbeda, kamu bisa banget mengikuti gerak jalan Tajem ini. Tapi jangan lupa siapkan fisik yang kuat ya.

8 Daftar Acara Event Tahunan Di Malang Yang Paling Ditunggu

Festival Egrang Tanoker

acara event tahunan jember
Foto: genpi.co

Kalau kamu berkunjung ke Jember dan ingin melihat sesuatu yang berbeda, kamu bisa atur jadwal kamu bertepatan dengan acara event ini. Festival Egrang Tanoker.

Di acara event ini kamu bisa melihat orang-orang berpakaian serba unik. Mereka menyusuri jalan layaknya parade. Namun yang mencuri perhatian adalah alas kaki yang mereka kenakan. Bukan sendal atau sepatu, melainkan egrang.

Permainan tradisional ini memiliki tempatnya sendiri di Jember. Digagas oleh Komunitas Tanoker Ledokombo, acara event ini sudah menginjak tahun yang ke 10 di mana baru saja diselenggarakan pada 21 September 2019. Wah sudah lumayan lama ya.

Acara event ini bukanlah bagian dari perayaan kemerdekaan Indonesia karena momennya sudah terlampau jauh. Tujuan dari diselenggarakannya acara tahunan ini adalah untuk mengenalkan kembali permainan tradisional kepada generasi baru dan melestarikannya.

Karena permainan tradisional ini lebih lekat dengan anak-anak, pesertanya pun semua anak-anak. Tidak hanya dari Jember, di acara event ini berkumpul anak-anak dari berbagai daerah seperti Malang, Jawa Barat, Tangerang, hingga Probolinggo.

Acara event ini diharapkan bisa menjadi tempat untuk anak-anak berkumpul dan berkomunikasi. Selain itu, acara event ini juga menyuarakan perdamaian dunia karena tema dari Festival Egrang Tanoker di tahun 2019 adalah memuliakan desa yang damai.

Penontonnya pun tidak hanya dari Indonesia. Turis mancanegara terlihat menikmati tarian dan nyanyian yang dilakukan oleh para peserta.

Brace Yourself! Inilah 5 Event Semarang 2020 Yang Sayang Dilewatkan!

Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia

acara event
Foto: prioritas.co.id

Jember tak ingin ketinggalan dalam masalah festival. Ada banyak festival yang digelar di kota ini dari mulai Jember Fashion Carnival hingga Festival Egrang Tanoker.

Tapi setiap tahun, festival wajib yang selalu ada adalah perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

Perayaan di Jember selalu meriah. Berbagai atraksi hingga perlombaan bisa kamu nikmati. Ada line dance yang dimeriahkan oleh 500 orang wanita yang berasal dari Persatuan Dharma Wanita Jember yang juga berkolaborasi dengan organisasi lain. Ada juga drama kolosal yang menceritakan tentang perjuangan pahlawan Jember melawan penjajahan Belanda.

Selain karnaval rutin yang diadakan di Alun-alun Jember, di tahun 2019 Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. memberi kejutan baru.

Ciri khas kota Jember yang terbagi dalam empat kategori dikemas dalam karnaval budaya Pandalungan Jember.

Keempat produk unggulan Jember itu adalah kopi, coklat, rokok dan budaya. Keunikan Jember ini ditampilkan oleh para pelaku usahanya langsung seperti tarian memetik kopi, musik yang bertemakan kopi dan, batik bermotif kopi.

Karnaval ini bukan hanya sekadar perayaan tapi juga bentuk komunikasi antara masyarakat dengan pemimpinnya. Diharapkan setelah terselenggaranya acara ini pemimpin dan masyarakat menjadi saling percaya dan tidak ada gap yang memisahkan.

Jadi gimana, sudah siap tujuhbelasan di Jember?

Sebelum ke Jember

Bobobox Paskal; Banyak Fasilitas Dan Tempat Asik Di Sekitarnya!

Wah, acara tahunan yang ada di Jember sangat menarik ya. Semuanya penuh dengan nilai-nilai kebudayaan dan nasionalisme. Festivalnya juga berkelas. Bob, jadi enggak sabar ingin main ke sana.

Kalau kamu gimana? Kapan main ke Jember? Eh, tetapi sebelum ke Jember, kamu mampir dulu deh sebentar ke Bandung. Tahu kan di Bandung ada apa? Di Bandung ada hotel kapsul yang lagi hits lo. Namanya Bobobox.

Di Bobobox kamu bisa merasakan suasana menginap yang nyaman dan modern. Fasilitasnya lengkap dan kekinian. Apa, kamu masih di jalan?

bobobox indonesia pod sky

Tenang, lewat aplikasi Bobobox kamu bisa pesan kamar di mana aja. Cukup unduh aplikasinya lalu pesan kamar yang kamu mau.

Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like
Comments
Loading...