Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Tips Cara Mudah Memulai Bisnis Travel

Mulai aja dulu!

Bisnis travel adalah jenis usaha yang akan terus berkembang. Kehadirannya diburu oleh banyak orang karena kebutuhan akan liburan pun terus meningkat.

Hal ini berlaku baik untuk orang Indonesia maupun luar negeri lho. Bahkan dari tahun ke tahun, daftar wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia saja semakin banyak.

Nah, buat kamu yang mau memulai usaha, bisnis travel bisa menjadi salah satu pilihannya. Nggak sulit kok! Selama kamu mau berusaha, bisnis travel ini bisa kamu realisasikan. Penasaran gimana caranya? Berikut Bob kasih tahu tips untuk memulai bisnis travel dengan mudah.

1. Tentukan jenis bisnis travel yang ingin kamu mulai

bisnis travel
Photo by Deanna Ritchie on Unsplash

Sebelum kamu beranjak ke hal-hal yang lebih teknis, kamu harus tahu dulu jenis bisnis travel apa yang ingin kamu buat. Ada banyak pilihannya dari mulai jualan tiket, transportasi, hingga paket liburan lengkap.

Keputusan ini harus kamu buat berdasarkan apa yang kamu suka dan kemampuan kamu sekarang. Jangan dulu berpikir terlalu jauh. Semua butuh proses.

5 Trik Untuk Memulai Bisnis Tanpa Modal

2. Lakukan riset market dan tentukan niche

bisnis travel
Photo by William Iven on Unsplash

Bisnis travel adalah lautan yang dipenuhi oleh banyak ikan. Jika tidak bisa menemukan kolam yang pas, kamu akan kalah oleh ikan-ikan lain yang lebih besar.

Di sinilah pentingnya riset market. Dengan mengetahui pasar yang ingin kamu tuju, penjualan kamu bisa lebih efektif sehingga bisnis travel kamu bisa lebih ditemukan dan bersaing dengan kompetitor.

Berusalah untuk menentukan target pasar kamu sespesifik mungkin. Semakin mengerucut target pasar kamu, semakin besar peluang kamu bisa untung terutama jika kamu berhadapan dengan competitor yang memiliki modal besar.

Kompetitor seperti itu biasanya mengincar pasar yang lebih luas sehingga banyak masa yang bisa mereka cakup. Akan tetapi, kelemahannya adalah tidak adanya kekhususan. Dan di sinilah kamu bisa masuk.

3. Buat perencanaan bisnis

bisnis travel
Photo by Alvaro Reyes on Unsplash

Jangan pernah meremehkan langkah yang satu ini. Banyak orang melewati langkah ini karena alasan rumit. Padahal, perencanaan bisnis bisa membuat kamu melewati kerumitan lain yang akan datang.

Usahakan buat perencanaan bisnis serinci mungkin, mulai dari ingin jadi seperti apa bisnis travel yang ingin kamu buat. Setelah itu, kamu bisa menjabarkannya ke hal-hal yang lebih spesifik. Perencanaan bisnis bisa termasuk branding, marketing, funding, target lokasi bisnis travel kamu baik itu di luar atau dalam negeri, dan masih banyak lagi.

Misalnya, kamu ingin membuat bisnis travel umroh berbasis online di mana semua keperluan administrasi bisa diselesaikan dari rumah. Dari sini kamu bisa mengetahui bahwa kamu perlu membuat sistem berbasis internet yang baik. Lalu, kamu juga tidak butuh kantor tetap untuk sementara waktu.

4. Buat profil usaha yang unik

bisnis travel
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Profil usaha berguna untuk menarik pelanggan kamu pada pandangan pertama. Jelaskan bisnis travel seperti apa kamu sebenarnya, kenapa orang harus menggunakan jasa kamu, dan apa keunikan jasa yang kamu berikan.

Untuk mediumnya, buat situs resmi agar bisnis travel kamu terlihat lebih profesional. Setelah itu, buat juga media sosial sebagai pemancing agar calon pelanggan kamu mau melihat situs dan menggunakan jasa kamu.

11 Tips Menjalankan Bisnis Online Sambil Jalan-Jalan

5. Kemas produk dengan menarik

bisnis travel
Photo by Frank Vessia on Unsplash

Sekarang saatnya kamu menentukan seperti apa kamu mengemas produk kamu. Karena bisnis travel adalah usaha jasa, yang berarti tidak ada barang jadi, kamu harus bisa membuat produk yang memikat.

Kamu bisa memulainya dari membuat paket liburan. Di paket ini kamu harus menjelaskan mengenai tempat, durasi, harga, dan apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam paket liburan kamu.

Misalnya, kamu ingin membuat liburan 3 hari wisata halal di Jepang. Tentukan tempat apa saja yang akan dikunjungi, berapa pelanggan kamu harus membayar, di mana mereka akan menginap, makanan apa yang akan mereka dapatkan, dan apa saja yang tidak mereka dapatkan.

Dalam bentuk itulah kamu akan menjual produk kamu. Jangan keluar jalur dari niche yang telah kamu tentukan karena kamu sudah memutuskan target market kamu.

6. Konten, konten, konten

bisnis travel
Photo by NeONBRAND on Unsplash

Agar orang-orang bisa tertarik untuk menggunakan jasa yang kamu tawarkan, buatlah konten yang semenarik mungkin. Konten ini bisa berupa gambar, video, atau tulisan.

Topiknya bisa beragam. Misal kamu membuka bisnis travel ke Jepang, kamu bisa membuat konten berupa fakta-fakta terkini mengenai Jepang. Jika niche kamu adalaha wisata halal, kamu bisa membuat konten berupa tempat makan apa saja yang bisa ditemukan di Jepang.

Berusalah agar konsisten dan inovatif saat membuat konten. Selain itu, utamakan manfaat yang bisa kamu berikan pada calon pelanggan kamu agar mereka mendapatkan nilai lebih dari konten yang kamu buat.

Konten tentunya merupakan bagian dari marketing. Maka dari itu, kamu harus bisa mengkonversi konten yang kamu buat menjadi pelanggan bisnis travel kamu.

7. Legalkan bisnis travel kamu

bisnis travel
Photo by Helloquence on Unsplash

Kepercayaan adalah hal yang harus kamu bangun antara pelanggan dan bisnis travel kamu. Semakin orang percaya, semakin besar kemungkinan mereka akan menggunakan jasa bisnis travel kamu.

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan melegalkan usaha kamu. Hal ini penting dilakukan karena di dunia bisnis travel juga banyak penipuan. Harga murah dengan fasilitas mewah tapi pada kenyataannya perusahaan abal-abal.

8. Buat kerja sama bisnis

bisnis travel
Photo by Cytonn Photography on Unsplash

Semakin banyak koneksi yang kamu jalin, semakin besar peluang jasa bisnis travel kamu digunakan banyak orang. Bekerjasamalah dengan pihak ketiga seperti marketplace yang sudah memiliki nama besar.

Menaruh paket liburan kamu di marketplace memudahkan orang untuk mencari dan memesan paket liburan yang kamu tawarkan. Selain bekerja sama dengan marketplace, kamu juga bisa bekerja sama dengan para influencer.

9. Jangan pantang menyerah

bisnis travel
Photo by christopher lemercier on Unsplash

Saat memulai usaha baru kamu pasti akan dihadapkan dengan banyak tantangan. Tenang, itu adalah hal yang wajar. Kamu tidak akan selalu langsung bisa melejit dan bertahan dalam percobaan pertama. Lakukan yang terbaik dan terus berusaha. Jangan lupa untuk berdoa dan meminta restu dari orang-orang yang kamu cintai.

Selamat berbisnis!

7 Manfaat Travelling Untuk Kesehatan Mental

Hotel kapsul yang cocok untuk traveler

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang modern dan canggih. Dari desain kamarnya saja sudah bisa dilihat. Kesan futuristik melekat kuat. Kalau kamu suka melihat film yang berbau masa depan dan luar angkasa, pasti familiar saat masuk ke kamarnya.

Teknologi yang digunakan juga canggih. Kamarnya menggunakan QR code sebagai kunci yang harus kamu pindai saat hendak masuk. Terus, di dalamnya juga ada lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu. Dengan lampu ini, kesan modern dan futuristik semakin melekat.

Untuk bisa menginap di Bobobox, kamu bisa melakukan pemesanan melalui situs resmi atau aplikasi Bobobox. Mudah dan anti ribet.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.