Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Nikmati Perjalanan Indah Bagai di Negeri Dongeng Dengan Naik Rute Kereta Terindah di Dunia Berikut Ini

Naik kereta api, tut tut tut

Perjalanan menggunakan kereta, terutama antarkota, masih menjadi favorit bagi pelancong yang hendak berlibur ke luar negeri. Selain tidak perlu dipusingkan dengan kemacetan, perjalanan satu ini juga menawarkan rute-rute dengan pemandangan indah bak negeri dongeng yang membuat liburan terasa romantis. Dari sekian banyak rute, berikut adalah sembilan rute kereta terindah di dunia.

West Highland  Line, Skotlandia

@jack_anstey/Unsplash

Perjalanan dengan West Highland Line menawarkan salah satu rute kereta terindah di dunia. Selain menyuguhkan sisi liar alam Skotlandia, rute kereta terindah ini juga terkenal sebagai jalur kereta Hogwarts Express dalam serial Harry Potter.

Setelah berangkat dari Glasgow, pemandangan khas kota akan segera berubah menjadi lembah-lembah hijau dan lochloch yang begitu tenang. Kereta selanjutnya akan melewati tanah berawa, Rannoch Moor yang menjadi lokasi terhentinya Hogwarts Express oleh para Death Eater.

Petualangan penyihir kamu tentunya belum selesai. West Highland  Line masih akan membawa kamu menyaksikan keindahan Gunung Ben Nevis, kota kecil Fort William lalu melewati jembatan Glenfinnan Viaduct yang kerap muncul dalam Harry Potter.


Baca Juga: Simak Destinasi Wisata Ramah Lingkungan Di Dunia Berikut Ini, Ada Bali Loh!


Rocky Mountaineer, Kanada

via rockymountaineer.com

First Passage to the West merupakan salah satu rute kereta terindah yang ditawarkan oleh perusahan kereta Kanada, Rocky Mountaineer. Rute satu ini akan memanjakan kamu dengan pemandangan menakjubkan British Columbia bagian selatan.

Kamu akan memulai perjalanan dari stasiun di kota pesisir pelabuhan, Vancouver menuju Kamloops. Rocky Mountaineer kemudian akan membawa kamu melewati berbagai pemandangan indah, mulai dari pepohonan hijau hingga Coast Mountains yang berbalut salju serta air jeram Hell’s Gate dan Sungai Thompson.

Setelah bermalam di Kamloops, perjalanan berlanjut menuju Banff yang dijamin membuat kamu terpukau. Rute kereta terindah ini akan membuat kamu merasa kerdil dengan banyaknya pegunungan menjulang yang menyapa di sepanjang perjalanan. Salah satu yang paling ikonis adalah Catsle Mountain, yang tampak seperti kastil di abad pertengahan.

Glacier Express, Swiss

via happyrail.com

Glacier Express akan membawa kamu melewati salah satu rute kereta terindah di Swiss yang menghubungkan kota Zermatt dan St Moritz. Terkenal sebagai kereta ekpres paling lambat di dunia, Glacier Express memang merupakan pilihan tersantai untuk menikmati pemandangan terindah Pegunungan Alpen.

Secara keseluruhan, Glacier Express melewati 91 terowongan dan 291 jembatan sebab rute ini harus melewati padang rumput, danau-danau hingga desa-desa kecil di selatan Swiss yang membuat kamu serasa berada di negeri dongeng.

Oberalp Pass dan Landwasser Viaduct adalah beberapa bagian terbaik dalam perjalanan kereta ini. Saat melewati Oberalp Pass, kamu akan berada di titik tertinggi rute dengan ketinggian 244 meter. Sementara itu, Landwasser Viaduct merupakan landmark terkenal berupa jembatan dengan satu jalur dan enam pilar melengkung di bawahnya.


Baca Juga: Suka Jalan-Jalan Naik Kereta Api? Simak Jalur Kereta Api Paling Ekstrem Di Indonesia Berikut Ini!


TranzAlpine, Selandia Baru

via stuff.co.nz

Bermula dari Christchurch, TranzAlpine akan membawa kamu melewati rute kereta terindah sekaligus dramatis di Selandia Baru. Rute tersebut menyuguhkan pemandangan dataran rendah nan hijau Canterbury Plains, lalu bersisian dengan Sungai Waimakariri sebelum menanjak ke area pegunungan.

Dari sana, kamu akan melewati salah satu jembatan dengan arsitektur fenomenal, Staircase Viaduct. Dengan ketinggian 753 meter, jembatan ini berdiri di atas aliran sungai kecil dan diapit oleh dua terowongan dengan jarak beberapa ratus meter saja. Kereta kemudian meluncur melalui pegunungan Arthur’s Pass National Park, hutan hujan West Coast lalu berhenti di bekas kota penambangan, Greymouth.

Riviera Railway, Prancis ke Italia

via theculturetrip.com

Jika kereta-kereta sebelumnya terbilang santai, beda halnya dengan Riviera Railway. Perjalanan kereta satu ini sangat cocok bagi kamu yang diburu waktu, namun tetap bisa menikmati salah satu rute kereta terindah.

Kamu akan melakukan perjalanan dari Cannes, Prancis menuju Ventimiglia, Italia dalam waktu di bawah dua jam saja. Meski begitu, perjalanan ini akan memanjakan kamu dengan pemandangan khas Mediterania. Promendae des Anglais di Nice dan negara Monako adalah daftar lokasi yang pasti kamu lewati. Saat kereta berhenti di Ventimiglia, situs-situs Romawi dan pantai bermandikan sinar matahari siap menyambut kedatangan kamu.

Trans-Siberian Railway, Rusia

via edition.cnn.com

Trans-Siberian Railway merupakan salah satu rute kereta terindah sekaligus terpanjang dengan jarak mencapai 9.289 km. Perjalanan kereta ini menghabiskan sekitar tujuh hari dengan Moskow sebagai titik awal pemberangkatan dan Vladivostok di timur sebagai titik akhirnya.

Dari sana, kereta akan membawa kamu melewati Pegunungan Ural serta hutan lebat Siberia. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai landmark menarik. Di antaranya adalah jembatan setinggi 984 meter yang melewati Sungai Ob di Novosibirsk (ko ketiga terbesar di Rusia) dan Danau Baikal. Selain terkenal dengan air birunya, Danau Baikal ini juga merupakan danau terdalam di dunia dengan kedalaman 1.600 meter sekaligus danau air tawar terbesar di dunia.


Baca Juga: Insta-Worthy Banget! Yuk Intip 7 Kota Tercantik Di Eropa Berikut!


Trans-Mongolian Express, Rusia-Mongolia-China

via realtimetraveller.com

Tak kalah dari Trans-Siberian, Trans-Mongolian juga menyuguhkan salah satu rute kereta terindah di dunia. Jika Trans-Siberian hanya melewati kota-kota di Rusia, Trans-Mongolian justru menawarkan perjalanan kereta lintas tiga negara.

Karena itu, perjalanan kereta satu ini akan menyuguhkan pemandangan yang lebih beragam. Dari Moskow, kereta akan berangkat menuju Ulan Bator , ibukota Mongolia dengan rute sepanjang 7.621 km. Awal perjalanan ini menyuguhkan pemandangan yang sama dengan rute Trans-Siberian.

Namun, setelah melewati Danau Baikal, kamu akan beralih menuju Ulan Bator yang identik dengan pemandangan tanah merah serta gurun pasir berumput. Memasuki waktu malam, kamu hanya bisa melihat sekilas kilauan air danau dan sungai. Memasuki kawasan Beijing, China, pemandangan Tembok Besar seolah melambai-lambai dari kejauhan. Di rute ini, kamu juga akan ditemani dengan pemandangan lembah curam serta perkebunan yang menurun mendekati sungai.

Reunification Express, Vietnam

via en.vietnamplus.vn

Vietnam juga menawarkan salah satu rute kereta terindah di dunia lewat Reunification Express. Perjalanan kereta ini bermula dari Hanoi dengan penghentian terakhir di Da Nang.

Menawarkan keindahan khas Asia Tenggara, kereta akan membawa kamu melewati bermil-mil kanopi hutan hijau. Keindahan tersebut dilengkapi pemadangan pedesaan serta sekilas sisi tebing Laut China Selatan. Di akhir perjalanan, kota Da Nang sudah menunggu kamu dengan arsitektur khas kolonial Prancis serta pagoda-pagoda tuanya.

Kereta Kandy ke Ella, Sri Lanka

@yvesalarie/Unsplash

Kereta dari Kandy ke Ella terbilang sederhana dan bahkan sangat penuh sesak penumpang. Pemandangannya juga tidak sespektakuler perjalanan dengan kereta-kereta sebelumnya. Meski begitu, banyak wisatawan yang takjub dengan keindahan rute antara Kandy dan Ella. Mengingat ketenaran rute ini di Instagram, tidak sedikit yang menggapnya sebagai salah satu rute kereta terindah di dunia.

Keindahan tersebut bisa kamu nikmati sekitar satu jam setelah berangkat dari Kandy. Pemandangannya akan berubah dari hutan palem menjadi perbukitan curam berselimut kebun teh hijau yang menyegarkan mata.

Uniknya, pintu kereta yang tidak terkunci membuat penumpang leluasa berdiri atau duduk di dekat pintu. Kesempatan ini pun bisa kamu manfaatkan untuk berfoto dengan tubuh sedikit condong keluar untuk mendapatkan view kebun teh dan kereta yang tengah meliuk.

Dengan dibukanya kembali kunjungan ke berbagai negara, kamu akhirnya bisa kembali melakukan perjalanan ke negara-negara impian. Namun, tidak bisa liburan jauh pun tidak masalah. Kamu masih bisa berlibur atau sekadar staycation di berbagai tempat di Indonesia.

Masalah akomodasinya, serahkan saja pada Bobobox! Selain nyaman dan canggih, hotel kapsul satu ini juga Instragammable abis dengan harga yang terjangkau. Jika bosan dengan suasana kota, Bobobox juga punya pilihan glamping berbalut teknologi canggih di tengah alam Indonesia alias Bobocabin. Tinggal pilih saja tempat favorit kamu, mulai dari Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani dan Gunung Mas. Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

You might also like