Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Alergi Kambuh? Ini Pertolongan Pertama Alergi yang Bisa Kamu Lakukan

Pertolongan pertama alergi ini sangat mudah untuk kamu praktekkan sendiri.

Pertolongan pertama alergi berikut ini akan sangat memudahkan kamu saat kamu mengalami serangan alergi secara tiba-tiba yang tak terduga. Dengan mengetahui pertolongan pertama ini maka kamu tak perlu panik saat hal tersebut terjadi. Meskipun alergi terlhat sepele dan tidak berbahaya namun hal ini tentunya akan sangat tidak menyenangkan dan menganggu kamu dalam beraktivitas. Oleh karena itu yuk simak informasinya di bawah ini!

1. Pertolongan Pertama Alergi: Tetap Tenang

Pertolongan pertama alergi yang pertama adalah dengan mencoba untuk tetap tenang. Cobalah untuk tetap tenang atau menenangkan orang yang menderita alergi tersebut. Hal ini merupakan salah satu langkah penting, karena kecemasan dapat memperparah kondisi alergi.

2. Pertolongan Pertama Alergi: Identifikasi Reaksi Alergi

Denara Akmal via Cookpad

Pertolongan pertama alergi selanjutnya adalah dengan mnegidentifikasi baik-baik reaksi alergi yang muncul pada tubuh kamu. Faktanya setiap reaksi yang ditimbulkan alergi akan sangat bergantung pada alergi dan kondisi kesehatan seseorang. Saat kamu mengalami alergi yang bersumber dari makanan, gejala alergi yang akan muncul umumnya adalah seperti diare, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Oleh karena itu sebelum menentukan pengobatan kamu bisa segera perhatikan gejala-gejala yang menyertainya.

3. Pertolongan Pertama Alergi: Usahakan Tidak Menggaruknya

Pertolongan pertama alergi berikutnya adalah denagn menahan diri untuk tidak menggaruk area yang gatal karena alergi. Gatal merupakan salah satu gejala yang muncul akibat alergi. Untuk itu, usahakan tidak menggaruk area tubuh yang gatal tersebut. Sebab, hal tersebut dapat membuat alergi bertambah buruk, bahkan menyebabkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Baca Juga: Perbedaan Alergi dan Infeksi Virus Corona yang Harus Kamu Ketahui!

4. Pertolongan Pertama Alergi: Konsumsi Antihistamin dan Decongestan

Selain pertolongan pertama alergi di atas, kamu juga bisa mencoba mengonsumsi obat seperti antiistamin dan decongestan sebagai pertolongan pertama alergi. Kedua jenis obat ini umumnya akan membantu kamu menangani reaksi alergi berupa masalah pernapasan. Pertolongan pertama alergi ini akan membantu kamu dalam mengurangi hidung tersumbat.

5. Pertolongan Pertama Alergi: Kompres Es

Saat beberapa pertolongan pertama alergi di atas tak begitu banyak membantu mengurangi reaksi alergi yang kamu rasakan kamu bisa mencoba pertolongan pertama alergi dengan kompres es. Pertolongan pertama alergi ini akan membantu reaksi alergi yang sudah semakin memburuk seperti munculnya pembengkakan, kemerahan, serta gatal-gatal. Dengan melakukan Lakukan pertolongan pertama alergi ini di bagian tubuh yang muncul gejala alergi hingga rasa sakit mulai benar-benar menghilang.

6. Pertolongan Pertama Alergi: Gunakan Salep atau Krim Pereda Alergi

Selain mengonsumsi obat oral di atas, kamu juga bisa mengoleskan salep maupun krim pereda alergi di kulit yang terasa gatal karena alergi. Beberapa kjenis salep atau krim yang bisa kamu pilih dan gunakan adalah produk dengan kandungan hidrokortison atau calamine yang dipercaya dapat meredakan atau mengurangi gatal yang muncul akibat alergi.

7. Pertolongan Pertama Alergi: Gunakan Pakaian yang Longgar dan Lembut

Penggunaan pakaian yang ketat faktanya dapat memperburuk kondisi alergi yang kamu alami. Saat kulit mengalami alergi, bahan pakaian yang ketat dan tidak nyaman hanya akan memperparah rasa gatal pada kulit yang kamu rasakan karena adanya gesekan pakaian. Oleh karena itu pastikan untuk menghindari pakaian ketat dan jenis pakaian dengan bahan wol karena dapat memperparah gatal jika kamu cenderung mudah mengalami reaksi alergi pada bagian kulit.

8. Pertolongan Pertama Alergi: Mengenali dan Menghindari Pemicunya

Penting bagi kamu untuk mengetahui apa pemicu timbulnya alergi yang timbul agar kamu bisa segera menghindari pemicunya. Dengan menghindari pemicunya sesegera mungkin maka kamu dapat terhindar dari gejala alergi yang semakin parah, Jika salah satu pemicu alergi kamu adalah sesuatu karena suatu hal kamu hirup maka segeralah menjauh dari tempat tersebut dan pindahlah ke lokasi lain dengan sirkulasi udara yang baik.

Jika pemicu alergi kamu adalah salah satu bahan makanan atau minuman yang kamu konsumsi maka kamu bisa segera hentikan konsumsi makanan atau minuman pemicu alergi tersebut. Setelah itu amati reaksi yang muncul pada tubuh untuk mengetahui penanganan yang bisa kamu lakukan selanjutnya.

9. Pertolongan Pertama Alergi: Menggunakan Obat yang Tersedia

Pertolongan pertama alergi satu ini pun tak kalah efektif dengan pertolongan pertama alergi di atas. Reaksi alergi ringan biasanya dapat berkurang dengan pengaplikasian obat yang tersedia. Beberapa jenis obat alergi ini ada yang dapat kamu beli secara bebas maupun dengan resep. Cara penggunaan obat alergi pun berbeda-beda seperti obat yang dapat diminum langsung, dioleskan pada kulit, diteteskan ke mata, dan lain-lain.

Pertolongan Pertama Alergi

Seringkali gejala alergi kulit yang ringan seperti munculnya ruam dan gatal-gatal bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Namun alergi pun terkadang dapat berubah menjadi semakin parah saat tidak ditangani dengan cara yang tepat. Tak hanya obat minum, oles, dan tetes mata, beberapa penderita alergi terkadang juga membutuhkan obat semprot hidung yang akan sangat membantu untuk melegakan hidung tersumbat, hidung berair, serta bersin-bersin dan gatal.

Meksipun beberapa obat alergi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di apotek tanpa resep dokter, sangat penting untuk kamu mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan obat dan tidak memakainya secara berlebihan.

Baca Juga: Kamu Mudah Merasa Lelah? Mungkin Ini Penyebabnya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like