Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Simak daftar Kota yang Memiliki Keunikan yang Luar Biasa Berikut Ini!

Tertarik berkunjung?

Setiap kota memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik terutama bagi para wisatawan. Ada yang tertarik karena arsitekturnya, nilai sejarah dan budayanya, keindahan alamnya, dan masih banyak lagi. Dari semua keunikan yang ada, tentunya ada yang lebih unik dan tidak biasa sehingga membuat tempat-tempat tersebut mendapat julukan kota terunik di dunia.

Penasaran gak sih dengan kota-kota terunik di dunia ini dan apa yang membuatnya begitu unik? Yuk, simak lebih lanjut di bawah ini!

Kota Terunik di Dunia, Amerika Serikat

Monowi

salah satu kota terunik di dunia di amerika
via eater.com

Monowi di Amerika Serikat menjadi salah satu kota terunik di dunia karena hanya memiliki satu penduduk saja. Berdiri pada tahun 1902, populasi Monowi mencapai jumlah tertinggi pada tahun 1930-an dengan 123 penduduk.

Namun, modernisasi pertanian dan penutupan jalur kereta api di tahun 1978 justru memaksa penduduk untuk pindah. Akhirnya, hanya tersisa sepasang suami istri di tahun 2000, yaitu Rudi dan Elsie Eiler.

Sayangnya, Rudi meninggal di tahun 2004 dan menjadikan Elsie satu-satunya warga Monowi. Kini, di usia 80-an, Elsie masih menghidupi dirinya sendiri dengan menjalankan bisnis Monowi Tavern. Tempat tersebut telah menjadi mata pencaharaian ia dan suami sejak mereka membelinya pada tahun 1971.


Baca Juga: Lebih Kecil Dari Jakarta, Ini Dia 7 Negara Terkecil Di Dunia!


Colma, Amerika Serikat

via colma.ca.gov

Kembali ke Amerika, kamu akan menjumpai kota terunik di dunia lainnya bernama Colma. Di kota ini, jumlah mayatnya  melebihi jumlah orang yang masih hidup.

Hal ini merupakan dampak dari keputusan pemerintah untuk merelokasi mayat sekaligus kuburan dari San Fransisco ke Colma yang pertama kali dilakukan di tahun 1900-an. Secara keseluruhan, kota ini memiliki total 17 pemakaman berisikan 1,5 juta kuburan. Sementara itu, jumlah penduduk yang masih hidup hanya mencapai 1.600. Perbandingannya cukup jauh bukan!

Akibatnya, kota ini pun mendapat julukan kota yang dihuni mayat. Mereka bahkan memiliki moto “It’s great to be alive in Colma.” Kota ini mulanya berpenghuni para penggali kubur, penjual bunga dan pembuat memorial. Namun, sejak tahun 1980-an, orang-orang dengan berbagai profesi mulai menetap di kota ini.

Whittier, Amerika Serikat

via cnn.com

Masih di Amerika, tepatnya di Alaska, kamu akan menjumpai kota terunik di dunia lainnya. Kota satu ini berlokasi di dalam sebuah bangunan 14 lantai yang merupakan bekas fasilitas militer. Dengan kata lain, semua penduduk tinggal dalam satu atap di gedung tersebut.

Di dalamnya terdapat banyak toko, sebuah kantor polisi, rumah sakit, pom bensi dan gereja. Tujuannya adalah untuk menghemat penggunaan pemanas sebab cuaca di kota tersebut dingin dan berangin sepanjang tahun.

Populasi penduduknya hanya mencapai 220 orang. Untuk memasuki dan keluar dari kota ini, kamu hanya bisa melalui sebuah terowongan yang terbuka dua kali setiap jamnya. Terowong akan tutup di malam hari dan kembali buka keesokan harinya.

Kota Terunik di Dunia – Rumah Bawah Tanah

Cooper Pedy, Australia

kota terunik di dunia cooper pedy
via homestratosphere.com

Beralih ke Australia, kamu akan menjumpai kota terunik di dunia bernama Cooper Pedy. Kota yang  dikenal sebagai ibu kota opal dunia ini memiliki sekitar 3.500 penduduk yang setengahnya hidup di bawah tanah.

Sejak penemuannya 100 tahun lalu saat seorang remaja menemukan batu opal di sana, Cooper Pedy telah menjadi pusat pertambangan opal. 70% produksi opal dunia bahkan berasal dari kota satu ini.

Namun, tempat satu ini terbilang sangat panas dengan suhu mencapai 43º Celsius. Karena itulah banyak penduduk memilih hidup di bawah tanah dengan suhunya lebih dingin.

Mulanya mereka membangun tempat tinggal di sana agar dekat dengan pertambangan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, mereka mulai mengembangkan pemukiman tersebut dengan membuat sarana umum seperti hotel, gereja, museum, restoran dan bar untuk menarik wisatwan.

Matmata, Tunisia

via theatlantic.com

Kalau di Australia ada Coober Pedy, di Tunisia kamu akan menemukan kota terunik di dunia yang berlokasi lainnya bernama Matmata.. Di kota yang terletak di selatan Tunisia ini, kamu bisa menjumpai banyak pemukiman bawah tanah orang Berber yang masih berpenghuni.

Orang-orang Matmata membangun rumah gua itu dengan menggali lubang besar di tanah. Mereka selanjutnya membuat lorong-lorong yang menyerupai ruangan. Sejumlah lorong saling terhubung sehingga membentuk labirn bawah tanah.

Cara pembuatan rumah dengan menggali tanah tersebut kabarnya sudah lebih dari seribu tahun dipraktikkan oleh orang Berber.  Sebenarnya, pada tahun 1970an, sejumlah rumah di permukaan dibangun.

Namun, banyak penduduk setempat yang lebih memilih tinggal di dalam rumah tradisional mereka. Karena keunikannya, tempat ini pun menjadi destinasi wisata terutama setelah menjadi lokasi dyuting Star Wars yang menampilkan hotel Sidi Driss sebagai rumah Luke Skywalker.

Setenil de las Bodegas, Spanyol

kota terunik di dunia di spanyol
via tourismontheedge.com

Jika ada julukan kota batu, Setenil de las Bodegas tentu layak mendapat predikat itu. Mendapat julukan ‘kota yang terhimpit batu, kota terunik di dunia ini memang dibangun langsung di badan batuan basalt raksasa.

Jika biasanya batuan besar bisa kamu lihat kejauhan seolah berdekatan dengan langit, lain halnya dengan Setenil de las Bodegas. Di jalanan kota ini, kamu bisa melihat dengan jelas batuan besar yang menggantung di atas kepala. Namun, jangan khawatir batuan itu akan menimpa kamu sebab bebatuan itu sudah bertahan selama berabad-abad.

Neft Daşları, Azerbaijan

via sensesatlas.com

Kota terunik di dunia tak hanya bisa kamu temukan di daratan, kamu juga bisa menjumpainya di tengah lautan. Neft Daşları merupakan sebuah kota industri yang di tengah kilang minyak. Kota ini berdiri di atas platform logam di tengah Laut Kaspia dengan tujuh kapal yang tenggelam sebagai fondasinya.

Di masa kejayaannya, Neft Daşları memiliki populasi sekitar 5.000 orang. Namun, seiring dengan penemuan sumber minyak di tempat lain, populasinya telah berkurang hingga seperlimanya saja.


Baca Juga: Jarang Terdengar, Ini Dia 5 Pulau Terpencil Di Dunia


Chefchaouen, Maroko

via travel.earth

Jika kamu pecinta biru, Chefchaouen mungkin bisa masuk daftar kota untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Maroko, kota terunik di dunia ini menyuguhkan pemukiman di ketinggian yang lekat dengan nuansa biru, mulai dari dinding, pintu dan bahkan tangga.

Asal muasal warna biru ini memiliki banyak versi. Ada yang berpendapat biru sebagai perlambang warna laut. Ada juga yang menganggapnya sebagai pengusir nyamuk dan membuat rumah terasa sejuk saat musim panas datang.

Namun, teori paling populer tentang asal muasal warna biru ini berkaitan dengan orang-orang Yahudi. Sebagian orang berpendapat bahwa orang-orang Yahudi yang melarikan diri dari Inkuisisi Spanyol di abad 15. Mereka sengaja mengecat Chefchaouen dengan warna biru yang dinilai sakral.

Longyearbyen, Norwegia

kota terunik di dunia longyearbyen
via svalbardadventures.com

Kota Longyearbyen merupakan bagian dari Svalbard, kepulauan terpencil di Samudra Arktik antara Norwegia daratan dan Kutub Utara. Salah satu yang menjadikannya kota terunik di dunia adalah adanya larangan untuk meninggal.

Alasan di balik larangan ini adalah suhu dingin sepanjang tahun serta keberadaan permafrost yang bisa menghambat proses pembusukan mayat. Kombinasi keduanya mengakibatkan mayat tetap awet dan terkadang terdorong keluar jika tidak dikubur cukup dalam. Untuk mencegah penyebaran penyakit, pihak berwajib pun mengeluarkan larangan untuk tidak meninggal yang berlaku sejak tahun 1950.

Mereka yang dirasa mendekati kematian atau para orang tua yang memasuki usia pensiun harus diterbangkan ke Norwegia daratan untuk menghabiskan sisa hidupnya. Jika ada yang sudah meninggal, tubuhnya juga akan diterbangkan untuk penguburan di Norwegia daratan. Meski begitu, penduduk juga memiliki alternatif untuk dikuburkan di sana namun setelah melalui proses kremasi.


Baca Juga: Terisolasi Sejak 20 Juta Tahun Yang Lalu, Ini Dia Misteri “Pulau Alien” Bernama Socotra


Liburan bisa kamu nikmati di manapun, baik itu di rumah, tempat wisata atau sekadar menyendiri di hotel terdekat. Pilihannya tentu banyak, namun jangan pernah ragu untuk menjadikan Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu.

Tempatnya nyaman dan Instragammable abis. Lokasinya juga strategis dan harganya terjangkau. Hotel kapsul berlogo koala ini bisa kamu jumpai di banyak kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Medan. Yuk, unduh dulu aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like