Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

9 Gunung dengan Padang Rumput yang Paling Indah di Indonesia. Instagrammable Banget, Nih!

Bak lukisan alam nyata

Sebagai negara yang negara yang dikelilingi oleh cincin api, Indonesia dianugerahi dengan ratusan gunung yang tersebar di berbagai pulaunya. Di satu sisi, kehadiran gunung tersebut bisa membawa bencana. Di sisi lain, gunung-gunung tersebut juga menyuguhkan pesona alam yang menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Jalur pendakian yang menantang, udara yang segar, rimbunnya hutan berselimutkan awan putih serta pemandangan matahari terbit dan terbenam merupakan segelintir alasan favorit bagi mereka yang rela mengeluarkan tenaga untuk mendaki gunung. Belum lagi pemandangan padang rumput luas nan indah yang menyambut kedatangan para pendaki. Rasa lelah seolah hilang begitu saja saat dihadapkan dengan lukisan alam nyata yang menyegarkan mata.

Pemandangan padang rumput yang indah itu tentunya bisa kamu saksikan di berbagai gunung yang tersebar di seluruh Indonesia. Kalau kamu penasaran dengan pesona alam yang satu itu, berikut adalah sembilan di antara banyaknya padang rumput gunung paling indah di Indonesia. Yuk simak informasinya!

Gunung Semeru

@novemlawalata via Instagram

Salah satu padang rumput gunung paling indah di Indonesia ada di Gunung Semeru yang berlokasi di Jawa Timur. Warga setempat menyebut padang rumput tersebut Oro-oro Ombo yang memiliki arti padang rumput yang luas.

Hal ini tentu bukan tidak beralasan mengingat Oro-oro Ombo ini memang secara keseluruhan memiliki luas mencapai 100 hektar. Di padang rumput luas tersebut, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan bunga-bunga berwarna ungu yang kerap kali dikira sebagai bunga lavender.

Tanaman berbunga ungu itu sendiri sebenarnya merupakan Verbena Brasiliensis Vel, tumbuhan semak berumur pendek yang bisa tumbuh hingga satu sampai dua meter. Karena sifatnya yang invasif dan menyerap banyak air, bunga ini diperbolehkan untuk dipetik bahkan dibawa pulang sehingga tidak semakin menyebar di daerah tersebut karena justru menjadi hama bagi tanaman asli di lingkup Gunung Semeru.

Jika ingin melihat pemandangan bunga ini, kamu perlu menentukan waktu yang tepat, kira-kira antara bulan April hingga Mei. Jika datang di musim kemarau, pemandangan bunga akan digantikan dengan hamparan padang rumput kering.

Gunung Merbabu

@jalalabdul_ via Instagram

Selain di Semeru, padang rumput gunung paling indah di Indonesia lainnya bisa kamu jumpai di Gunung Merbabu. Jika kamu mendaki melalui basecamp selo, kamu akan dihadapkan dengan dua padang rumput yang akrab disebut sabana I dan sabana II. Kedua sabana tersebut terkenal sebagai pos peristirahatan sekaligus tempat untuk menyaksikan kemegahan alam.

Hamparan padang rumput hijau berlatarkan perbukitan akan menyambut kamu di sana. Jika musim kemarau tiba, sabana tersebut akan berubah gersang dengan warna kecoklatan. Saat pagi menyingsing, kamu juga akan dibuat terpukau dengan kehadiran awan putih yang menyelimuti area sekitarnya dan membuatnya seperti negeri di atas awan.

Gunung Argopuro

@gun_rinjani via Instagram

Padang rumput gunung paling indah di Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan jika hendak mendaki Gunung Argopuro, Jawa Timur. Tempatnya yang cukup luas serta kehadiran sungai kecil di dekatnya menjadikannya tempat favorit untuk berkemah. Warna rumput yang hijau tatkala musim hujan, udara yang sejuk serta air sungai yang menyegarkan adalah segelintir alasan tempat ini menjadi sangat populer.

Selain itu, sumber air tersebut juga ditumbuhi dengan selada air yang seringkali dimanfaatkan oleh para pendaki untuk membuat makanan darurat. Jika kamu beruntung, kamu mungkin bisa menyaksikan kehadiran hewan-hewan liar seperti merak dan ayam hutan.

Gunung Lawu

@afif_chikoq via Instagram

Selanjutnya, ada Gunung Lawu yang juga memiliki padang rumput gunung paling indah di Indonesia bernama Bulak Peperangan. Sesuai dengan namanya, tempat ini dipercaya sebagai lokasi peperangan antara Kerajaan Majapahit dan Demak.

Padang rumput ini merupakan bagian dari hutan gunung tersebut. Karenanya, padang rumput yang satu ini dihiasi dengan kehadiran pepohonan rindang di sekitarnya. Untuk bisa menikmati keindahan Bulak Peperangan, kamu perlu mendaki gunung melalui jalur Candi Cetho. Kalau kamu berkemah di sekitar area ini, kabarnya kamu mungkin akan mendengar suara-suara peperangan.

Gunung Sumbing

@any_constantin07 via Instagram

Padang rumput gunung paling indah di Indonesia lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah padang rumput Gunung Sumbing di Jawa Tengah. Jalur pendakiannya yang cukup menantang akan membawa kamu ke sebuah padang rumput dengan tebing-tebing bebatuan di sekitarnya. Namun, karena terletak di lereng yang miring, sebaiknya kamu cukup mengagumi keindahan tersebut tanpa perlu menuruni lereng untuk sekadar berswafoto.

Gunung Papandayan

@afterfriday_photography via Instagram

Di Gunung Papandayan, kamu bisa menjumpai padang rumput bernama Tegal Panjang serta padang rumput yang ditumbuhi bunga edelweiss yang disebut tegal Alun. Karena statusnya merupakan cagar alam, kawasan Tegal Panjang tidak bisa sembarang dilewati. Kamu akan memerlukan Simaksi (Surat izin masuk kawasan konservasi) dan alasan yang kuat untuk memasuki tempat ini, umumnya alasan penelitian.

Sementara itu, Tegal Alun bisa kamu capai setelah melakukan pendakian melewati Hutan Mati yang merupakan ikon dari Gunung Papandayan. Pemandangan hamparan bunga edelweiss dengan warna putih kekuningannya sudah pasti akan meluruhkan segala lelah kamu.

Gunung Bromo

@idzndr via Instagram

Mendapat julukan Bukit Teletubies, padang rumput gunung paling indah di Indonesia ini bisa kamu temui jika kamu berkunjung ke Bromo. Padang rumput yang juga dikenal dengan nama Lembah Jemplang ini berlokasi di sebuah lembah dengan tebing-tebing menjulang serta perbukitan hijau yang menyerupai bukit di film anak Teletubies di sekelilingnya. Kehadiran perbukitan tersebutlah yang membuat banyak orang menyebutnya Bukit Teletubies.

Selain itu, jika musim hujan tiba, hamparan pada rumput yang didominasi ilalang, pakis, lavender dan rerumputan lainnya akan terlihat begitu hijau layaknya karpet raksasa, seolah memanggil-manggil kamu untuk berbaring di atasnya. Sementara itu, di musim kemarau rerumputan akan mengering dan memberikan kesan eksotis tersendiri dengan warna kecoklatannya.

Gunung Rinjani

@kyy.andrean via Instagram

Sebagai gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Rinjani sudah tentu menyimpan banyak pesona alam yang menakjubkan. Tentu salah satunya berupa padang rumput gunung paling indah di Indonesia yang bisa kamu temui jika mendaki melalui jalur Sembalun.

Terhampar sekitar enam kilometer sejak titik permulaan pendakian, sejauh mata memandang kamu hanya akan menyaksikan hamparan rumput yang tumbuh menjulang hingga satu sampai 1,5 meter.

Gunung Butak

@daffazayyan__ via Instagram

Meski tidak sepopuler gunung-gunung lainnya, Gunung Butak juga menyimpan pesona  padang rumput gunung paling indah di Indonesia. Pemandangan tersebut bisa dijumpai jika kamu mendaki lewat jalur Panderman.

Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, kamu akan disambut dengan hamparan padang rumput dengan beberapa pohon edelweiss setinggi dada di sekitarnya. Di kanan kirinya, kamu juga akan melihat pemandangan bukit hijau yang memanjakan mata. Selain itu, kehadiran sumber mata air yang cukup melimpah menjadikannya tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda.

Ingin berwisata alam namun mendaki gunung terlalu melelahkan buat kamu? Nantikan kehadiran Bobobocabin yang siap menemani kamu merasakan tenangnya alam berbalut teknologi canggih.

Bobocabin ini merupakan layanan terbaru dari Bobobox yang rencananya akan dikembangkan di kawasan Bandung Utara dan Selatan. Kabinnya dirancang dengan konsep futuristik yang dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Teknologi tersebut dapat digunakan untuk pengaturan lampu, pintu, jendela dan Bluetooth speaker. Selain itu, ada juga fasilitas Wi-Fi, kamar mandi bersama, serta api unggun untuk mengusir rasa dingin yang menyusup ke tulang kamu.

Biar selalu up-to-date dengan perkembangan Bobobocabin ini, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store!

You might also like