Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

8 Tips Menginap Murah Tapi Tidak Murahan

Tips menginap murah tapi tidak murahan

Ingin jalan-jalan senang tanpa mengeluarkan banyak uang? Ingin menginap di tempat murah tapi tidak murahan? Yakin?

Tenang, kamu enggak berkhayal kok. Semua itu mungkin asal kamu menerapkan rencana yang matang. Kali ini Bob bakal ngasih kamu tips-tips bagaimana sih supaya pengalaman menginap kamu enggak cuma menyenangkan, tapi juga bikin dompet tenang.

Tentukan standar

Photo by Frederick Tubiermont on Unsplash

Sebelum kamu mulai mencari penginapan, tentukan dulu standar kamu. Seperti apa sih yang kamu sebut tidak “murahan”.

Pertama, tentukan harga. Murah atau mahalnya sesuatu tentu saja tergantung dari biaya yang ingin kamu keluarkan. Kamu perlu mengalokasikan dulu dana yang kamu ingin keluarkan untuk penginapan. Setelah itu, tentukan di angka berapa kamu menganggap itu murah.

Kedua, dari fasilitasnya. Dengan biaya yang kamu punya, apa sih yang kamu harapkan ada di dalam kamar tempat kamu menginap? Jika kamu menginap di hotel, pada umumnya fasilitas standar yang akan kamu temukan adalah kasur (kalau itu sih sudah pasti), televisi, pendingin ruangan, dan kamar mandi.

Nah, setelah itu kamu bisa cocokkan fasilitas yang ada dengan dana yang kamu punya. Kalau kamu mengeluarkan biaya yang menurut kamu murah dan kamu mendapatkan fasilitas tersebut, jangan ragu untuk kamu ambil. Tapi kalau dari harga yang kamu tetapkan ternyata kamu tidak mendapatkan fasilitas tadi, lebih baik pertimbangkan lagi.

Ketiga, dari desainnya. Dari segi fasilitas mungkin ada beberapa yang di bawah standar. Akan tetapi, desain interiornya mampu membuat kamu terkagum-kagum. Ini jelas tempat menginap yang tidak murahan. Desain interior sebuah kamar sangat menentukan seberapa nyaman kamu tinggal di dalam kamar tersebut.

Keempat, dari pelayanannya. Mungkin jika dari segi pelayanan kamu baru bisa menilainya setelah kamu menginap di tempat tersebut. Tapi enggak ada salahnya kok kamu bertanya terlebih dahulu sebelum memesan tempat. Jika kamu sudah cocok dengan pelayanan yang ditawarkan dan sesuai dengan biaya yang akan kamu keluarkan, tunggu apa lagi?

Pilih lokasi yang strategis

Photo by Mohamed Ali on Unsplash

Tempat menginap di lokasi yang strategis seperti pinggir pantai biasanya memiliki harga yang mahal. Namun jika kamu teliti, ada cukup banyak tempat menginap yang murah di lokasi yang strategis.

Lokasi menginap yang strategis ini bisa jadi penolong jika bangunan dan fasilitasnya tidak begitu baik. Misalnya ketika kamu membuka pintu, kamu akan disambut dengan deru ombak dan senja yang indah.

Meskipun murah dari segi harga dan memiliki fasilitas di bawah standar, tempat menginap seperti ini jelas tidak murahan karena kamu akan mendapatkan pemandangan yang sangat mahal.

Tips Memilih Penginapan Di Bandung Yang Murah

Patungan lebih asyik

Photo by Duy Pham on Unsplash

Ini nih cara paling efektif untuk menekan biaya kalau kamu pergi berramai-ramai. Salah satu keuntungan dari patungan adalah kamu bisa sedikit menaikkan standar kamu.

Dengan harga yang sama saat kamu menginap sendirian, kamu bisa mendapatkan tempat dengan fasilitas yang lebih baik. Kalau awalnya kamu mau menginap di kamar model asrama, kamu bisa tidur di hotel setidaknya bintang 3. Selain itu, kamu juga enggak akan kesepian selama perjalanan.

Manfaatkan promo dan diskon

Photo by Claudio Schwarz on Unsplash

Kamu bisa mendapatkan promo dan diskon lewat berbagai macam cara. Biasanya di hari-hari tertentu, tempat-tempat penginapan akan memberlakukan diskon khusus. Cari tahu kapan hari-hari tersebut lalu sesuaikan dengan jadwal liburan kamu.

Selain itu kamu bisa mendapatkan diskon lewat aplikasi atau situs web. Jika tempat menginap incaran kamu memiliki aplikasi atau berafiliasi dengan situs web tertenu, kamu bisa mendapatkan potongan harga misalnya dari pemesanan pertama.

Oh iya, kamu juga bisa menemukan prmo-promo di media sosial. Ada yang mengharuskan kamu untuk melakukan hal-hal tertentu di media sosial tempat menginap yang kamu tuju supaya kamu bisa mendapatkan diskon. Ada juga yang memberlakukan giveaway sebagai bentuk promo mereka.

Gunakan jasa layanan perjalanan

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Penyedia jasa layanan perjalanan atau travel agent biasanya mempunyai jatah khusus dari penginapan yang bekerja sama dengan mereka. Nah, kamu bisa cari jasa layanan perjalanan mana yang sesuai dengan tujuan liburan kamu dan menawarkan penginapan yang kamu inginkan.

Meski termasuk biaya lain-lain, jika dihitung harga penginapannya saja cenderung akan lebih murah dibandingkan dengan harga jika kamu pesan terpisah.

Selain itu, menggunakan travel agent juga akan memudahkan kamu dalam mengurus hal-hal kecil yang mungkin kamu anggap sepele tapi menyusahkan. Kalau kamu bergabung dengan program yang disediakan travel agent, kamu cukup nikmati saja liburan kamu. Sisanya biar mereka yang urus.

Tips Memilih Hotel Di Jakarta Selatan Yang Murah Namun Tetap Nyaman

Kenali musim-musim liburan

Photo by Chris Lawton on Unsplash

Penginapan biasanya menerapkan sistem low, mid, dan high season. Jika kamu memilih menginap di saat low season, harga penginapan sedang murah-murahnya. Beralih ke mid season, harga akan semakin naik.

Begitu pula dengan high season. Harga penginapan sedang tinggi-tingginya. Maka dari itu kamu harus tahu kapan musim-musim ini diberlakukan di penginapan yang ingin kamu pesan.

Menginap di penginapan yang bagus di saat yang tepat tidak akan bikin kamu kecewa.

Pesan jauh-jauh hari

Photo by bruce mars on Unsplash

Semakin mepet waktu kamu memesan tempat menginap biasanya akan semakin mahal. Maka dari itu rencanakan keberangkatan kamu jauh-jauh hari. Setelah itu pesan kamar penginapan saat itu juga.

Akan lebih baik jika penginapan yang kamu pesan memiliki fasilitas bayar di tempat. Fasilitas ini memungkinkan kamu untuk membayar di tempat setelah kamu tiba.

Fasilitas ini sangat membantu kamu kalau-kalau kamu harus membatalkan pesanan kamu.

Manfaatkan jaringan

Photo by Wil Stewart on Unsplash

Kalau yang satu ini sih jarang-jarang bisa diterapkan apalagi kalau kamu orangnya pemalu.

Untuk mendapatkan tempat menginap yang murah dan tidak murahan tidak harus selalu menyewa lo. Kalau kamu punya kenalan yang bisa menampung kamu di rumah mereka, kenapa tidak? Kamu juga punya kesempatan menghemat biaya makan lo kalau mereka mau traktir kamu makan.

Lebih bagus lagi kalau kamu punya kenalan yang bekerja di hotel atau tempat penginapan lain. Biasanya mereka punya diskon khusus untuk pegawai. Jangan malu-malu untuk minta bantuan mereka. Kalau kamu beruntung, kamu bisa menghemat biaya yang sangat lumayan, lho.

Hotel murah tapi tidak murahan di Bandung

Hostel Bandung Harga Termurah

Kamu enggak perlu jauh-jauh cari tempat menginap murah tapi berkualitas. Di Bandung juga ada kok. Selain murah dan berkualitas, tempat menginap yang satu ini juga unik.

Udah tahu kan Bob ngomongin apa? Bener banget. Bobobox! Dengan harga yang bersahabat, kamar yang ada di Bobobox jauh dari kesan murahan.

Suasananya modern. Kamarnya dilengkapi fitur-fitur yang unik dan kekinian seperti smart check-in menggunakan telepon pintar kamu atau lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu.

Bobobox juga ada aplikasinya, lho. Dengan aplikasi ini kamu bisa memesan kapan dan di mana saja. Ribet transaksi? Enggak usah khawatir, lewat aplikasi juga bisa.

Penasaran? Jangan diem aja. Yuk menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.