Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Berikut 8 Tips Backpacker Khusus Pemula. Cobain, Yuk!

Beberapa tips untuk kamu yang ingin memulai liburan cara backpacker!

Backpaker adalah salah satu solusi yang bisa kamu pilih saat ingin liburan dengan lebih hemat. Buang jauh-jauh presepsi bahwa liburan itu harus mengeluarkan uang yang banyak. Dengan berlibur ala backpacker kamu bisa memangkas banyak pegeluaran dan mendapatkan kesempatan lebih untuk berpetualang. Kamu bisa menyelusuri setiap sudut tempat yang kamu kunjungi sambil mencoba untuk hidup seperti warga lokal setempat. Asik banget kan!

Mungkin kamu ingin mencoba berlibur dengan gaya backpacker sejak lama namun bingung harus mulai dari mana. Jangan sampai kamu langsung nekad untuk liburan dengan cara backpacker tanpa mengetahui 8 hal penting mengenai liburan ala backpacker. Apa saja 8 hal penting yang harus kamu ketahui saat liburan ala backpacker? Bob sudah merangkum 8 tips liburan ala backpacker untuk pemula yang patut kamu coba seperti berikut ini!

1. Buatlah Itinerary Liburan yang Matang

Daftar rencana liburan atau itenarary adalah bagian penting yang harus kamu siapkan sebelum kamu memulai perjalanan. Dengan memiliki itenarary Itinerary merupakan bagian hal yang sangat penting dilakukan bagi backpacker sebelum memulai petualangan terutama bagi kamu yang masih pemula. Itenarary ini akan menjadi panduan kamu dan membantu agar alur perjalanan kamu lebih terurut dan tidak berantakan.

Lalu bagaimana cara untuk membuat itenarary? Kamu tinggal tulis beberapa rangkaian jadwal perjalananmu, tempat yang akan kamu kunjungi, durasi waktu saat perjalanan dan saat mengeksplor destinasi yang kamu tuju. Kamu juga bisa tulis  beberapa informasi tambahan yang sekiranya diperlukan. Informasi tambahan tersebut bisa berupa jam operasional tempat wisata yang ingin kamu kunjungi dan jadwal transportasi umum yang akan kau gunakan.

2. Kumpulkan Referensi dengan Lengkap

Hotel-Backpacker-Bandung-yang-Recommended-Untuk-Liburan-Persiapan

Selain membuat itenarary kamu juga harus menulis perkiraan bujet yang harus kamu keluarkan saat berlibur. Pastikan uang tunai kamu pun tersedia sesuai dengan perkiraan bujet jika kamu akan liburan backpacker di tempat yang sekiranya sulit utuk kamu mencari mesin ATM. Bingung saat proses menulis itenarary karena belum pernah mengunjungi destinasi yang akan kamu tuju?

Hidup di zaman teknologi seperti sekarang kamu tidak perlu repot mengumpulkan informasi dengan pergi ke perpustakaan. Smartphone kamu bisa menjadi sumber informasi saat kamu perlu mengumpulkan beberapa referensi yang kamu butuhkan dalam rencana perjalanan kamu. Kamu bisa kunjungi beberapa website atau blog yang menulis beberapa review, panduan, atau tips berlibur ala backpacker seperti Bobobox Blog.

3. Bawa Barang Secukupnya

jalan jalan di bandung

Lakukan proses sortir barang apa saja yang kamu perlu bawa saat liburan. Liburan dengan cara backpacker tentu akan menjadi jauh lebih mudah jika kamu membawa barang seperlunya. Kamu bisa membawa satu buah ransel berukuran sedang hingga besar dan sebuah tas selempang kecil yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang barang penting.

Gak mau kan jika barang bawaanmu malah hilang atau lupa tertinggal saking terlalu banyaknya barang yang kamu bawa? Kamu jadi harus lebih waspada dan menjaga barang-barang bawaan kamu yang banyak dengan penuh perhatian.  Hal ini tentunya membuat kamu jadi melewati momen-momen perjalanan yang seharusnya kamu bisa nikmati dengan leluasa.

4. Pilih Transportasi Umum atau Berjalan Kaki

Tips-Traveling-Ke-Bandung-Naik-Kereta-Ala-Backpackper-Hemat2

Agar liburan ala backpacker kamu menjadi lebih adventurous sekaligus lebih hemat sebaiknya kamu memilih moda transportasi umum. Lakukan riset terlebih dahulu opsi transposrtasi umum apa saja yang bisa kamu gunakan di destinasi yang kamu akan tuju. Kamu bisa memilih moda transportasi umum seperti kereta dan bus.

Jika memang tempat yang akan kamu tempuh tidak begitu jauh kamu bisa berjalan kaki. Selain menyehatkan tentunya berjalan kaki membuat kamu lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Keuntungan lainnya dari berjalan kaki adalah kamu bisa menjadi orang yang beruntung yang menemukan hal unik tersembunyi di sekitar tempat tersebut.

5. Urutkan Prioritas Kamu

Rekomendasi Tempat Coffe ShopSelama perjalanan kamu pasti akan banyak menemukan pemandangan unik juga barang-barang unik. Hati-hati jangan boros! Penting untuk kamu memahami skala prioritas kamu saat berlibur ala backpacker. Jangan sampai itenarary liburan yang telah kamu susun menjadi sia-sia karea bujet liburan untuk beberapa hari ke depan sudah habis digunakan belanja. Wah kalau sudah seperti ini sih kacau! Rencana berlibur kamu menjadi super berantakan dan tidak sesuai rencana!

Stop! Kamu harus tahan keinginan kamu dan berpikir dengan kepala dingin untuk kembali mengingat tujuan awal kamu liburan ala backpacker. Tentu liburan dengan cara backpacker bukanlah untuk mencari kemewahan. Jadi menghambur-hamburkan uang di luar kendali dengan berbelanja atau mengunjungi terlalu banyak tempat bukanlah esensi dari liburan gaya backpacker. Tahan keinginan kamu dan disiplinlah!

6. Bersosialsisasi dengan Warga Sekitar

8 Tips Backpacker Untuk Pemula Yang Patut di CobaMasih bingung bagaimana caranya mengeksplor destinasi liburan kamu meskipun sudah mendapatkan banyak referensi sebelum pergi liburan. Jangan putus asa! Kamu bisa memanfaatkan warga sekitar untuk dijadikan sumber informasi mengenai tempat di sana. Mulailah dengan senyum ramah, jabat tangan, lalu berbincanglah dengan hangat.

Jangan kaget jika dari obrolan singkat atau basi-basi itu kamu akhirnya bisa mendapatkan informasi mengenai opsi tempat yang lebih menarik untuk kamu kunjungi. Bisa jadi penduduk sana menawarkan kamu untuk tinggal bersama mereka selama kamu berlibur atau menawarkan untuk mengantarkan kamu sampai ke tempat yang ingn kamu tuju.

7. Pilih Destinasi Liburan yang Backpacker Friendly

Penting untuk kamu memeprtimbangkan destinasi liburan yang backpacker atau travel friendly. Destinasi liburan yang ramah wisawatan atau backpacker akan membuat kamu menjadi lebih tenang dan aman saat mengeksplor tempat-tempat unik yang ada di sana.

Beberapa destinasi liburan mungkin saja merupakan tempat yang rawan kejahatan seperti pencopetan. Hal ini tentu akan membuat kamu tidak leluasa dalam mengeksplor tiap sudut tempat tersebut. Perasaan takut dan was-was akan menyelimuti kamu sepanjang perjalanan. Tentu hal ini membuatmu tidak nyaman. Oleh karena itu pastikan tempat yang kamu tuju itu travel dan backpacker friendly ya!

8. Update Tiket Promo Transportasi dan Penginapan

Terakhir dan terpenting adalah selalu update dengan infromasi promo transportasi juga penginapan saat liburan. Tentu harga yang murah menjadi buruan para backpacker. Oleh karena itu kamu harus pintar mencari promo yang bisa kamu gunakan untuk transportasi seperti tiket pesawat juga penginapan.

Kamu bisa mengunduh beberapa aplikasi yang memberitahu promo yang bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga menarik. Aplikasi Bobobox adalah salah satu aplikasi yang akan memberitahu informasi promo yang bisa digunakan saat menginap di kapsul hotel kekinian.

Itulah beberapa tips untuk kamu backpacker pemula agar bisa menikmati liburan dengan maksimal dan tetap hemat. Ayo segara buat rencana perjalanan kamu dan unduh aplikasi Bobobox sekarang untuk mendaparkan informasi terkini mengenai promo yang sayang untuk kamu lewatkan! Semoga informasi ini bermanfaat ya. Selamat liburan!

bobobox-indonesia-banner

You might also like