Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bagaikan Istana, Simak Deretan Kuburan Mewah di Dunia Berikut In!

Pembangunannya bisa menghabiskan hingga miliaran dolar

Kuburan identik dengan sepetak tanah dengan bangunan persegi panjang dan batu nisan di atasnya. Tempat peristirahatan terakhir itu umumnya memang dibuat sederhana dan tidak terlalu besar, apalagi jika mengacu pada sejumlah kepercayaan yang tidak menganjurkan adanya kemewahan pada tempat tersebut. Meski begitu, di berbagai tempat di dunia ini, kamu tentu bisa menjumpai kuburan mewah nan megah yang bahkan telah menjadi tempat wisata akibat keindahan dan kemegahannya.

Apa saja sih kuburan mewah yang ada di dunia? Simak ulasannya berikut ini!

Piramida Giza

via histroyextra.com

Piramida Giza merupakan kompleks makam Raja Mesir sekaligus tempat wisata populer di Mesir. Kuburan mewah ini menjadi tempat peristirahatan terakhir Raja Khufu yang terkubur di bawah 6,5 juta ton batu. Raja Khufu ini memerintah Mesir dari tahun 2589 Sebelum Masehi.

Tak hanya mewah, kuburan ini juga menjadi yang terbesar di dunia. Panjang setiap sisinya mencapai 230 meter dengan tinggi sekitar 150 meter. Sampai sekarang, pembangunan piramida masih menjadi misteri. Dengan teknologi saat ini, para ahli memperkirakan biaya untuk konstruksi replika piramida itu bisa mencapai 5 miliar dolar.


Baca Juga: Sakral Dan Penuh Makna, Ini Dia Tradisi Pemakaman Paling Unik Di Dunia


Lembah Para Raja

via roadunraveled.com

Valley of the Kings atau Lembah Para merujuk pada sebuah kawasan kompleks pemakaman para bangsawan. Lokasinya berada di sepanjang tepi Sungai Nil, tepat di seberang Luxor, Mesir. Sejauh ini, peneliti telah menemukan 63 makam di dalamnya.

Keberadaannya sendir mulai menjadi perbincangan setelah ditemukannya makam Raja Tutankhamun atau Raja Tut pada tahun 1992 di kawasan tersebut. Ia diperkirakan meninggal pada tahun 1323 Sebelum Masehi.

Di dalam kuburan mewah tersebut, terdapat ribuan benda seperti barang antik dan artefak. Salah satunya adalah Death Mask of Tutankhamun yang diperkirakan bernilai 2 juta dolar. Sementara itu, nilai konstruksi makam sekaligus timbunan benda berharga di dalamnya bisa mencapai 750 juta dolar. Kuburan mewah ini kabarnya telah mengalami perampokan hingga dua kali sebelum penemuan tersebut. Namun, peti emasnya masih itu.

Kuburan Nintoku

via whc.unesco.org

Kuburan Nintoku merupakan kuburan megalitik berupa pulau buatan yang tampak atas bentuknya menyerupai lubang kunci. Berlokasi di Sakai, Osaka, Jepang, kuburan mewah ini tak hanya menjadi yang terbesar di Jepang, tetapi juga merupakan terbesar ketiga di dunia.

Nintoku merujuk pada kaisar ke-16 yang memerintah Jepang dari tahun 313-399 dan diyakini meninggal di usia 142 tahun. Tubuhnya bersemayam di di tengah-tengah pulau yang dikelilingi tiga buah parit. Kuburan mewah iu kira-kira memiliki panjang 486 meter, lebar 307 meter dan tinggi 35,8 meter.

Pembuatan pulau sebesar itu diperkirakan menghabiskan sekitar 16 tahun dengan 2.000 pekerja setiap harinya. Tanah yang dbutuhkan bisa mencapai 2,7 juta ton dan untuk memperoleh tanah sebanyak itu, kamu memerlukan dana sebesar 135 juta dolar. Jika ditotal secara keseluruhan, pembangunan akan membutuhkan setidaknya 300 juta dolar.


Baca Juga: Hotel Bintang Lima? Bukan, Ini 7 Penjara Paling Mewah Di Dunia!


Pantheon

via frenchmoments.eu

Berlokasi di Prancis, Pantheon merupakan kuburan mewah bagi para bangsawan di negara tersebut. Banguna Pantheon memiliki panjang 110 meter, lebar 85 meter dan tinggi 83 meter.

Pembangunannya dimulai pada tahun 1757 di bawah perintah Raja Louis XV dengan melibatkan arsitek Jacques-Germain Soufflot dan Guillaume Rondelet. Sayangnya, pembangunan terhambat akibat masalah keuangan negara sehingga mereka membutuhkan waktu lebih dari 30 tahun untuk merampungkannya.

Pantheon ini mulanya diperuntukkan sebagai gereja untuk menyimpan relik-relik St. Genevive. Namun, seperti yang bisa kamu lihat, Pantheon ini mengalami banyak perubahan baik dalam konstruksi maupun fungsi. Biaya pembangunan kuburan mewah ini diperkirakan berada di angka 100 juta dolar.

Kuburan Mumtaz Mahal

Kamu tentu sudah sering mendengar bangunan bernama Taj Mahal. Namun, tahukah kamu bahwa tempat wisata populer India ini ternyata merupakan kuburan mewah yang dibangun atas nama cinta?

Kuburan Mumtaz Mahal atau Taj Mahal ini berada di tepi selatan Sungai Yamuna di Agra, India. Shah Jahan, seorang kaisar Mughal, membangun makam tersebut pada tahun 1632 untuk sang istri yang bernama Mumtaz Mahal.

Tubuh Mumtaz bersemayam di bawah bangunan yang berada di tengah-tengah lahan seluas 42 acre (setara 170.000 meter persegi). Makam tersebut sebagian besar terbuat dari marmer putih. Bangunannya berbentuk persegi berhiaskan lengkungan dan kubah besar.

Kala itu, pembangunan secara keseluruhan menghabiskan dana sebesar 32 juta rupe atau setara 1 miliar dolar untuk kurs sekarang. Perkiraan biaya untuk membangun kuburannya saja mencapai 75 juta dolar.

Kuburan Abraham Lincoln

The Lincoln Monument at Oak Ridge Cemetery in Springfield, Ill., houses the tomb of the late president and was erected to preserve his legacy.

Abrahm Lincoln merupakan presiden ke-16 Amerika Serikat yang tewas akibat tragedi penembakan di tahun 1865 saat menghadiri pertunjukan teater. Tubuhnya kemudian bersemayam di Oak Ridge Cemetery di Springfield, Illinois.

Pembangunan kuburan mewah yang berdiri sekarang ini bermula pada tahun 1915 di tengah-tengah lahan seluas 12,5 acre (50.590 meter persegi). Kala itu, pembangunan oleh Situs Bersejarah Illinois menghabiskan sekitar 2,975 juta dolar yang sekarang setara 70 juta dolar.

Di atas dasar berbentuk persegi panjang, berdiri sebuah obelisk setinggi 36 meter dan pintu setengah lingkaran. Di depan pintu masuk tersebut, ada sebuah patung berbentuk  kepala Lincoln.

Hidung patung tampak lebih mengkilat sebab pengunjung makam kerap menggosokkan tangan mereka pada bagian tersebut ketika melewatinya. Mereka meyakini hal itu akan membawa keberuntungan.

Kuburan Humayun

via whc.unesco.org

Tak hanya Taj Mahal, India ternyata memiliki kuburan mewah lainnya yang terletak di Delhi. Kuburan tersebut merupakan tempat persemayaman terakhir Humayun, Kaisar Mughal yang meninggal pada tahun 1556.

Beberapa tahun setelahnya, di tahun 1569, sang anak memulai pembangunan kuburan mewahuntuk Humayun dengan melibatkan seorang arsitek Persia bernama Mirak Mirza Ghivas. Kala itu, konstruksi keseluruhan bangunan menghabiskan sekitar 1,5 juta dolar ata setara 450 juta dolar kur saat ini. Kuburannya saja diperkirakan membutuhkan dana sebesar 50 juta dari dana keseluruhan tersebut.

Sama halnya dengan Taj Mahal, kubah mendominasi bangunan berbentuk persegi tersebut. Kubah utamanya bahkan memiliki tinggi hingga 47 meter.

Bangunan tersebut berdiri di atas lahan seluas 3 acre (12.140 meter persegi). Bahan baku utamanya adalah batu pasir merah dan rubble masonry yang kala itu masih jarang digunakan untuk pembangunan skala besar.

Kuburan utama terletak di dalam sebuah ruangan berlangit-langit tinggi. Selain Humayun, banguna tersebut juga menjadi tempat peristirahatan terahir keturunan Mughal lainnya.


Baca Juga: Rasakan Kehidupan Glamor Ala Drakor “Penthouse” Di 7 Hotel Termewah Di Seoul!


Royal Mausoleum

via royal.uk

Beralih ke Inggris, kamu akan menjumpai kuburan mewah lain bernama Royal Mausoleum yang berdiri di dalam kawasan Frogmore, Windsor, Berkshire, Inggris. Pada dasarnya, Frogmore ini memiliki luas 33 acre (133.546 meter persegi).

Di dalamnya terdapat beberapa taman pribadi, mausoleum (monument makam), serta tanah kuburan mewah. Uniknya, nama Frogmore ini terinspirasi dari kata frog atau katak yang kerap muncul di Sungai Thames.

Royal Mausoleum sendiri merupakan bangunan terbesar yang ada di kawasan Frogmore. Di tempat itulah Ratu Victoria dan Pangeran Albert bersemayam.

Pembangunannya dimulai sejak tahun 1861 dan rampung dalam satu tahun saja. Namun, dekorasinya membutuhkan waktu hingga satu dekade. Salah satunya adalah dekorasi patung sang Ratu dan Pangeran dalam balutan pakaian Saxon hasil pahatan William Theed. Perkiraan pembuatan mausoleum itu saja, termasuk semua dekorasinya, mencapai 20 juta dolar.

Saat hari libur tiba dan bingung harus ke mana, pintu Bobobox terbuka lebar untuk memberi kamu pengalaman menginap yang asyik, menyenangkan dan tentunya terjangkau. Tidak perlu bermewah-mewah, yang penting aman dan nyaman.

Interior pod Bobobox cukup luas dengan kasur empuk yang siap bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga memiliki berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

You might also like