via mundomaya.travel

Tak Hanya Puncak, Ini Dia Destinasi Wisata Alam Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

Saat weekend atau libur panjang tiba, Puncak seringkali menjadi pilihan wisata alam Bogor yang ramai dikunjungi. Berlokasi di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, Puncak merupakan daerah wisata pegunungan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur.

Jaraknya yang cukup dekat dengan Jakarta membuat Puncak kerap kali menjadi primadona kala liburan tiba. Namun, hal tersebut tidak jarang membuat jalur menuju Puncak macet parah. Jika ingin menghindari hal itu, kamu bisa mencari alternatif wisata alam Bogor lainnya selain Puncak. Yuk, simak tujuh di antaranya berikut ini.

Curug Leuwi Balong Endah

via nativeindonesia.com

Tike Masuk: Rp 7.500,00 ditambah biaya parkit Rp 5.000,00-10.00,00 (buka pukul 07.00-17.00)

Curug Leuwi Balong Endah seringkali disebut-sebut sebagai salah satu permata tersembunyi di Bogor. Bagaimana tidak, wisata alam Bogor yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini menyuguhkan kolam air jernih sebening kaca. Saking beningnya, kamu bisa dengan mudah melihat bebatuan yang ada di dasar.

Di sekelilingnya, terdapat banyak tebing dan tumbuhan hijau yang semakin menambah kesan asri dan sejuk pada Curug Balong Endah ini. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan di sini? Selain berfoto dan menikmati keindaha alamnya, kamu juga bisa berenang, berendam, snorkeling, bersantai di atas pelampung karet, berfoto di bawah air hingga melakukan susur sungai dengan mengkuti aliran air dari curug.


Baca Juga: Buat Liburanmu Makin Seru Dengan Rekomendasi Watersport Bali Berikut Ini


Curug Leuwi Hejo

via tempatwisata.id

Tiket masuk: Rp 15.000,00 – 25.000,00 (buka pukul 07.00-18.00)

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul. Sesuai dengan namanya, wisata alam Bogor ini menyuguhkan pemandangan air yang tampak hijau saat terkena sinar matahari. Cocok banget buat kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan air. Sebelum mencapai lokasi, kamu perlu berjalan sekitar 20-30 menit dari tempat parkir. Meski begitu, jalurnya tidak terlalu terjal dan terbilang aman untuk anak-anak.

Aliran air Curug Leuwi Hejo terapit oleh beberapa tebing batu pegunungan sehingga membuatnya mendapat julukan Green Canyon Bogor. Selain menikmati pemandangan sekitar, di sini kamu juga bisa bermain air, berenang serta melakukan lompatan dari atas tebing batu ke kolam air sedalam tiga meter.

Bukit Alesano

@igedejayapratama/Instagram

Tiket Masuk: Rp 25.000,00 (24 jam)

Buat kamu yang ingin berwisata alam Bogor sambil menikmati pemandangan lampu perkotaan, Bukit Alesano adalah pilihan yang tepat. Berlokasi di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Bukit Alesano ini merupakan lokasi berkemah hits yang cocok bagi kamu yang ingin menikmati ketinggian tanpa mendaki.

Tak hanya kerlap-kerlip lampu, wisata alam Bogor ini menyuguhkan pemadangan alam 360 derajat. Keindahan Gunung Gede Pangrango, perbukitan hijau, padang ilalang hingga hamparan bintang di langit akan senantiasa memanjakan para pengunjung yang bermalam di sana. Keesokan paginya, pemandangan sunrise yang mengintip dari balik gunung akan menyambut kamu saat kamu membuka mata. Jika ingin suasana yang tidak begitu ramai, sebaiknya datang saat weekdays.

Gunung Batu

via sentul.city

Tiket masuk: Rp 15.000,00 dengan tambahan Rp 5.000,00 untuk pendakian (buka 24  jam)

Jika kamu ingin mendaki gunung tanpa pergi terlalu jauh dari Jakarta, Gunung Batu bisa kamu coba. Gunung Batu ini berlokasi di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Memiliki ketinggian 875 mdpl, wisata alam Bogor satu ini bisa kamu jajal dalam satu hingga dua jam saja.

Meski begitu, jalur pendakiannya terbilang terjal dan didominasi tanah. Karena itu, sebaiknya kamu tidak mendaki saat hujan sebab tanahnya sudah pasti berlumpur dan licin. Selain itu, jalannya juga cukup menanjak dan semakin esktrem saat mendekati puncak. Dengan kemiringan nyaris 90 derajat, kamu harus berpegangan pada tali yang sudah tersedia. Jalurnya juga sempit dan belum memiliki pengaman di kanan kiri yang berhadapan langsung dengan jurang.


Baca Juga: Butuh Healing? Ini Aktivitas Dan Fasilitas Gunung Mas Puncak Bogor!


Curug Ciampea

via travelspromo.com

Tiket masuk: Rp 22.000,00 (buka pukul 07.00-17.00)

Bicara soal air terjun di Bogor memang tidak ada habisnya. Selain Balong Endah dan Leuwi Hejo, kamu juga bisa menyambangi Curug Ciampea yang berlokasi di Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya. Perjalanan ke wisata alam Bogor ini terbilang penuh perjuangan sebab jalanannya masih berbatu dan bisa kamu tempuh selama sekitar 30 menit dengan sepeda motor. Namun, rasa lelah itu tentu akan terbalaskan dengan keindahan curugnya yang memukau.

Air dari curug mengalir ke sebuah kolam yang cukup besar namun dangkal, cocok banget untuk tempat berenang maupun berendam. Air tersebut cukup jernih dengan warna hijau kebiru-biruan sehingga membuatnya mendapatk julukan Green Lagoon-nya Bogor. Di sekelilingnya, terdapat tebing-tebing batu yang basah terkena ciprata air terjun serta tumbuhan hijau khas hutan yang merambat di sela-selanya.

Suaka Elang Loji

via nativeindonesia.com

Tiket masuk: Rp 20.000,00 (buka pukul 008.00-17.00)

Suaka Elang Loji terletak di Kampung Loji, Kecamatan Cigombong dan masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Hanimun Salak. Wisata alam Bogor ini menyuguhkan panorama hutan pinus sekaligus tempat persinggahan sekaligus pengembangbiakkan aneka burung,seperti elang dan alap-alap. Maka dari itu, saat kamu berada di dalam kawasan hutan pinus, kamu sudah pasti akan ditemani dengan suara khas burung predator tersebut.

Mengusung konsep edukasi, Suaka Elang Loji sangat cocok untuk kamu kujungi bersama anak-anak. Tak hanya itu, di dalam wisata alam Bogor ini, juga terdapat Curug Cibadak yang bisa kamu akses dengan berjalan kaki. Namun, kamu perlu menempuh jarak sekitar 800 meter dari suaka atau sekitar 1 jam perjalanan.


Baca Juga: 10 Oleh Oleh Bogor Yang Paling Populer. Jadi Favorit Banyak Wisatawan!


Gunung Pancar

via travel.kompas.com

Tiket masuk: Rp 5.000,00 – 10.000,00 (24 jam)

Buat kamu yang sedang ingin berwisata alam Bogor, Gunung Pancar bisa menjadi pilihan. Berlokasi di Karang tengah, Kecamatan Babakan Madang, Gunung Pancar menyuguhkan wisata pegunungan yang masih asri dan alami. Pepohonan yang menjulang tinggi di sekitarnya sudah pasti membuat kamu betah berlama-lama di sana.

Kawasan wisata alam Bogor ini juga menawarkan berbagai kegiatan yang siap mengusir rasa jenuh dan bosan kamu. Buat kamu yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan, kamu bisa merebahkan diri di fasilitas hammock yang sudah tersedia.

Kamu juga bisa berfoto di spot-spot Instagenic, berjalan santai, mendaki, berkuda, bersepeda, melakukan kegiatan outbond (seperti paint ball dan flying fox) hingga berendam air panas. Bukan itu saja, Gunung Pancar rupanya menyimpan banyak makam tokoh keagamaan yang sudah tersohor seperti Raden Laluwung, Ki Mas Bungsu dan H. Dalem Putih. Kamu bisa berziarah dan berkirm doa di makam-makam tersebut, tentu dengan tetap mengedepankan norma kesopanan.

Bobocabin Kini Ada di Bogor!

Lagi cari tempat staycation baru di kawasan Bogor? Bobocabin Gunung Mas siap menjadi pelarian kamu dari kesibukan dan kepenatan perkotaan. Akomodasi satu ini berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan dan menjanjikan tempat istirahat di tengah alam berbalut teknologi canggih. Kamu juga dimanjakan dengan pemandangan kebun teh di depan mata. Seger banget kan! Tertarik mencoba? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles