Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Usaha Online di Rumah yang Bisa Bikin Kamu Jalan-jalan Terus

Cari yang pas buat kamu!

Usaha online rumahan sekarang makin digemari. Selain kamu tidak perlu menyewa tempat untuk usaha online, kamu juga bisa travelling kapanpun kamu mau. Kira-kira apa aja sih jenis usahanya? Simak terus di sini ya karena sekarang Bob bakal ngasih tahu kamu usaha online apa aja sih yang bisa kamu mulai.

Usaha online kuliner nggak pernah ada matinya

usaha online

Photo by Jason Briscoe on Unsplash

Salah satu usaha yang selalu ada dari zaman dulu hingga sekarang adalah kuliner. Soalnya, orang akan selalu lapar dan mencari makanan untuk dimakan. Apalagi di zaman di mana food delivery sudah mulai menjamur, banyak orang mulai malas untuk memasak. Nah, di sini saatnya kamu masuk.

Untuk memulai usaha online kuliner, ada beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

  • Ketahui makanan apa yang akan kamu jual. Ini bisa diawali dari makanan favorit kamu atau teman-teman kamu.
  • Cari tahu penjual makanan mana yang paling laku sesuai dengan makanan yang ingin kamu jual.
  • Riset bahan-bahan dan barang apa saja yang mereka gunakan dalam usaha online mereka.
  • Lakukan riset pasar.
  • Aplikasikan dalam usaha online kamu dengan sedikit modifikasi.

Jual barang orang lain? Nggak masalah

usaha online

Photo by chuttersnap on Unsplash

7 Kolam Pemandian Air Panas Hits Di Dekat Kota Bandung

Usaha online lain yang paling diminati banyak orang adalah reseller atau drop shipper.

Pada dasarnya, menjalankan usaha online reseller atau drop shipper adalah dengan menjual barang orang lain. Jadi, kamu nggak perlu repot meriset dan mengembangkan produk. Kamu cukup fokus ke marketingnya saja.

Beda reseller dan drop shipper adalah di stok barang. Kalau kamu memilih menjalankan usaha online reseller, kamu perlu menstok barang-barang tersebut.

Di sisi lain, seorang drop shipper tidak perlu menstok barang. Kamu cukup meneruskan pesanan pelanggan kamu ke orang yang menstok barang dengan mengatasnamakan usaha kamu.

Caranya cukup mudah kok. Kamu bisa melakukan hal-hal berikut untuk memulai:

  • Tentukan barang apa yang akan kamu jual
  • Temukan penjual barang yang bagus dan terpercaya
  • Buat sistem penjualan di media sosial atau marketplace
  • Fokus ke marketing

Ubah hobi menulis kamu menjadi uang

usaha online

Menulis bagi sebagian orang adalah hobi. Akan tetapi, bagi beberapa orang menulis bisa menjadi mata pencaharian. Apalagi di era digital seperti ini, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi seorang penulis lepas. Jadi meski diam di rumah, kamu bisa tetap berpenghasilan.

Ada beberapa jenis usaha online sebagai penulis yang bisa kamu lakukan. Berikut di antaranya.

Bloger

Sebagai seorang bloger, fokus kamu adalah mengembangkan situs web kamu sendiri. Kamu bisa menulis apapun sesuai dengan niche dan topik yang kamu nikmati. Biasanya, kamu bisa meraih keuntungan melalui iklan atau affiliate marketing.

SEO writer

Seorang penulis SEO bertugas untuk membuat sebuah tulisan menjadi lebih mudah dicari oleh orang. Meskipun ada aturan yang perlu kamu taati, sentuhan manusia masih berperan besar dari penulisan SEO. Tulisan SEO yang baik akan dipertimbangkan oleh mesin pencari sebagai tulisan yang layak dibaca banyak orang.

Ghost writer

Buat kamu yang belum familiar dengan ghost writer, jangan takut ya. Ini bukan pekerjaan horor kok.

Seorang ghost writer adalah penulis yang menulis karya untuk orang lain. Karya tulis ini kemudian diatasnamakan klien kamu tersebut. Jadi, kamu tidak mendapatkan kredit sebagai penulis buku tersebut. Kamu hanya mendapatkan keuntungan materi dari menjadi seorang ghost writer.

Mahir berbahasa asing? Jadi penerjemah saja

usaha online

Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Masih dari dunia bahasa, usaha online yang bisa kamu kerjakan di rumah ini bisa kamu lakukan kalau kamu pandai berbicara dan menulis dalam dua bahasa.

Target klien kamu bisa bermacam-macam. Kamu bisa menerjemahkan dokumen-dokumen, skripsi atau tesis mahasiswa, novel, buku non fiksi, atau caption Instagram sekalipun.

Kebutuhan akan penerjemah sedang bertumbuh salah satunya karena banyaknya perusahaan asing di Indonesia. Perusahaan asing tersebut seseorang yang mampu menjembatani antara bahasa mereka dan bahasa Indonesia.

Meskipun ada perusahaan yang merekrut penerjemah sebagai pegawai tetap, ada juga yang lebih memilih mencari freelancer. Di sinilah kesempatan kamu. Modal kamu bukanlah uang melainkan kemampuan berbahasa yang sudah kamu latih serta kembangkan baik di institusi ataupun sendiri.

Wisata Romantis Di Bandung Yang Murah Meriah! Ajak Pasanganmu!

Jangan sia-siakan kemampuan videografi kamu

usaha online

Photo by Jakob Owens on Unsplash

Buat kamu yang suka videografi, menjalankan usaha online sebagai video editor mungkin adalah hal yang cocok. Selain kreativitas, modal yang kamu perlukan adalah komputer atau laptop dengan spesifikasi yang mumpuni dan aplikasi untuk mengedit video.

Karena dunia visual memang sedang digemari, kamu tidak akan kesulitan menemukan klien yang membutuhkan jasa ini. Dari mulai klien di dalam hingga di luar negri, kamu bisa temukan.

Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebagai seorang video editor:

  • Perbanyak portofolio
  • Aktif mencari klien di internet
  • Promosikan karya kamu lewat media sosial

Film favorit juga bisa jadi penghasilan

usaha online

Photo by Myke Simon on Unsplash

Jangan jadikan kebiasaan kamu mengomentari film berhenti hanya di kamu. Ubah keahlian kamu itu menjadi usaha online yang bisa kamu kembangkan.

Untuk bisa menjadi pengulas film kamu memerlukan kemampuan membedah dan menganalisis film yang kamu tonton secara mendalam. Kamu tidak bisa mengandalkan perasaan kamu saja saat menonton meskipun itu hal yang juga diperlukan.

Ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk mengulas film. Kamu bisa melakukannya di YouTube atau menuliskannya di blog. Atau mungkin keduanya.

Siapa tahu, kalau ulasan kamu bagus, kamu justru bisa menjadi kritikus film yang didengar banyak orang.

Mengajar yang tidak konvensional

usaha online

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Sayang sekali jika kamu memiliki keahlian namun kamu tidak berbagi dengan orang lain. Meski tidak perlu menjadi guru yang secara fisik harus hadir di kelas, mengajar bisa kamu lakukan secara online. Dan di rumah.

Usaha online ini mengharuskan kamu untuk mengajarkan orang keahlian yang sudah kamu kuasai selama bertahun-tahun. Bentuk yang paling umum adalah melalui video.

Kamu bisa memulai usaha online ini dengan membagikannya secara gratis di YouTube. Setelah kamu mendapatkan audiens yang cukup banyak dan dipercaya orang, kamu bisa membuka kelas online kamu sendiri.

Selain berbagi ilmu, kamu juga bisa belajar banyak dari usaha online yang satu ini.

Jalan-jalan ke mana?

Ingin Coba Hotel Kapsul Tetapi Masih Ragu? Inilah 7 Tips Menginap Di Hotel Kapsul Yang Harus Kamu Ketahui

Wah, ternyata banyak juga ya usaha yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulai dari jualan produk ataupun jasa, semuanya bisa kamu lakukan.

Karena kegiatan kamu banyaknya di rumah, kamu jadi bisa jalan-jalan kapan aja sesuai keinginan kamu. Eh tapi jangan lupakan tanggung jawab ya.

Kalau kamu ingin jalan-jalan tapi nggak ingin ke tempat yang terlalu jauh, mending mampir ke rumah Bob aja. Di Bobobox, kamu bisa merasakan suasana baru dalam menginap di hotel.

Kamarnya didesain seperti pods dari masa depan yang bikin kamu nyaman. Jadi ketika pulang kamu bisa lebih produktif. Usaha online kamu juga jadi lebih lancar. Amin.

Untuk memesan kamar, kamu bisa gunakan aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini ya. Mudah, cepat, dan aman.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox.

You might also like
Comments
Loading...