Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wah! Ternyata 7 Tren Kecantikan yang Sempat Viral Ini Berbahaya, Lho!

Yakin masih mau ikut-ikutan tren kecantikan viral tapi berbahaya ini?

Semua wanita tentunya ingin selalu tampil cantik dan menarik setiap hari. Berbagai upaya akan dilakukan agar dapat memiliki penampilan yang sesuai impian.

Demi tampil cantik, tak jarang para wanita malah salah jalan dengan mengikuti tren kecantikan yang sedang viral tanpa tahu konsekuensinya. Supaya tetap terhindar dari hal tersebut, yuk, langsung simak aja 7 tren kecantikan berbahaya yang sudah Bob rangkum untuk kamu.

1. Memakai Krim Pemutih Kulit Abal-Abal

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @RF._.studio via Pexels)

Tren kecantikan berbahaya yang satu ini memang sangat populer di kalangan wanita Asia, salah satunya di Indonesia. Salah satu tren kecantikan berbahaya ini menjadi populer disebabkan oleh adanya stigma yang menganggap wanita berkulit putih lebih cantik dibandingkan wanita berkulit gelap.

Padahal, stigma semacam ini sama sekali tidak valid, lho. Semua wanita cantik dengan ciri khasnya masing-masing. So, tidak perlu memaksakan diri untuk mendapat kulit putih agar dibilang cantik, apalagi jika hal tersebut membahayakan dirimu.

Sebab, menurut para ahli, beberapa krim pemutih kulit biasanya memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Adanya merkuri dalam krim pemutih kulit ini berfungsi sebagai penghambat produksi pigmen melanin kulit.

Banyak risiko yang dapat ditimbulkan jika terlalu sering atau terlalu banyak terpapar merkuri. Contohnya adalah masalah kesehatan yang serius seperti kerusakan ginjal, kerusakan sistem syaraf, hingga terganggunya perkembangan otak pada janin.

Maka, jangan sampai kamu terjebak dalam tren kecantikan berbahaya semacam ini, ya. Apapun warna kulitmu, jadilah diri sendiri dan tetap percaya diri. 😉

2. Memakai Lensa Kontak Big Eyes Effect

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @RomanKoval via Pexels)

Tren kecantikan berbahaya selanjutnya adalah memakai lensa kontak yang memberikan efek big eyes bagi matamu. Mungkin memakai lensa kontak memang merupakan hal biasa dan sangat lumrah. Selain untuk menunjang penampilan, sebagian orang justru memakai lensa kontak sebagai pengganti kacamata.

Lalu, mengapa memakai lensa kontak dengan efek big eyes bisa menjadi salah satu tren kecantikan berbahaya yang sebaiknya kamu hindari? Menurut para ahli, penggunaan lensa kontak yang tidak sesuai seperti lensa kontak dengan efek big eyes dapat menyebabkan masalah penglihatan yang serius.

Risiko yang ditimbulkan di antaranya adalah cedera mata serius, bahkan kebutaan. Oleh karena itu, sebaiknya belilah lensa kontak dengan dibantu oleh dokter mata serta menggunakan resep yang valid.

Sebenarnya, pemakaian lensa kontak dengan efek big eyes belum disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat. Namun, tren kecantikan berbahaya satu ini sudah terlanjur viral dan populer.

3. Suntik Botoks

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @GustavoFring via Pexels)

Bagi para wanita yang sudah memasuki usia paruh baya, suntik botoks merupakan salah satu jalan keluar paling praktis agar selalu terlihat muda. Botoks merupakan bentuk obat toksin botulinum tipe A yang berfungsi untuk melemaskan otot selama beberapa bulan serta mampu memperbaiki kerutan yang ada di wajah.

Namun, siapa sangka bahwa prosedur kecantikan satu ini ternyata masuk dalam daftar tren kecantikan berbahaya yang sebaiknya kamu hindari. Meski pada dasarnya aman, namun efek samping dan komplikasi dari suntik botoks bukan tidak mungkin terjadi. Belum lagi adanya risiko penyebaran toksin ke area tubuh lain.

Pada beberapa kasus, tren kecantikan berbahaya satu ini bisa saja menyebabkan sakit kepala, mual, sakit dan memar di tempat suntikan, lemah otot sementara, hingga kesulitan bernapas dan menelan, bahkan kematian. So, lebih baik pakai cara alami saja, ya, jika ingin tetap terlihat awet muda.

4. Tato

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @BrettSayles via Pexels)

Meski tidak populer di semua segmen, namun tato atau seni rajah sangat digemari bagi sebagian orang. Tidak hanya bernilai estetik, tato juga merupakan identitas yang merepresentasikan jati diri, dan tidak jarang terdapat makna atau histori tersendiri dalam sebuah tato.

Namun, di balik keindahannya, tato juga ternyata merupakan salah satu tren kecantikan berbahaya yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Tren kecantikan berbahaya satu ini kerap dikaitkan dengan risiko penularan penyakit Hepatitis C.

Hepatitis C merupakan penyakit yang disebabkan oleh serangan virus, yang dapat mengakibatkan berbagai penyakit dan peradangan hati seperti sirosis, kanker hati, hingga gagal hati. Pembuatan tato berperan dalam penularan penyakit Hepatitis C disebabkan oleh jarum yang digunakan untuk membuat tato telah terkontaminasi oleh darah orang yang terinfeksi.

Selain itu, tren kecantikan berbahaya satu ini juga berisiko menimbulkan masalah kulit seperti infeksi kulit, kemerahan, bengkak dan nyeri pada kulit, serta ruam juga gatal. Maka dari itu, jika kamu berniat untuk membuat tato, pilihlah studio tato yang aman dan terpercaya untuk menghindari risiko-risiko tersebut.

5. Pelurus Rambut

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @cottonbro via Pexels)

Tren kecantikan memang tidak bisa lepas dari tren atau gaya rambut yang akan terus berkembang dari masa ke masa. Berbagai upaya dan treatment akan dilakukan dilakukan untuk memperoleh model rambut idaman dan penampilan sempurna.

Namun, apa jadinya jika treatment tersebut ternyata merupakan salah satu tren kecantikan berbahaya yang bisa merusak rambut serta berbahaya bagi kesehatan? Contohnya adalah produk pelurus rambut.

Sebagian besar produk pelurus rambut biasanya mengandung zat yang bernama formaldehida. Zat yang memiliki aroma menyengat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan berbagai reaksi dari tubuh yang pastinya tidak diinginkan.

Reaksi yang dapat ditimbulkan oleh produk tren kecantikan berbahaya satu ini diantaranya adalah iritasi pada mata dan hidung, timbul reaksi alergi saat terhirup, muncul ruam dan gatal pada kulit, hingga memicu masalah pernapasan seperti asma.

6. Eyelash Extension Sembarangan

tren kecantikan berbahaya

(Image by @lash.brow.beautybar via Instagram)

Tampilan makeup kamu rasanya tak akan lengkap tanpa bulu mata yang super lentik dan panjang. Banyak cara agar bulu mata menjadi panjang, lebat, dan lentik, seperti menggunakan maskara, bulu mata palsu, hingga yang sedang tren dan viral sekarang ini yaitu eyelash extension atau sambung bulu mata.

Bagi kamu yang ingin praktis dan tidak punya waktu untuk memakai maskara apalagi bulu mata palsu, eyelash extension memang merupakan solusi yang sangat ideal. Namun, tren kecantikan yang sedang populer satu ini ternyata bisa berubah menjadi tren kecantikan berbahaya bagi matamu, jika tidak dikerjakan oleh ahlinya.

Ada berbagai risiko yang dapat ditimbulkan oleh tren kecantikan berbahaya satu ini, contohnya iritasi hingga infeksi serius seperti madarosis jika ada produk lem yang masuk ke dalam kornea mata. Sebab, prosedur kecantikan satu ini menggunakan lem untuk menempelkan helai-helai bulu mata sintetis pada bulu mata asli, sehingga lem tersebut menjadi mudah masuk ke dalam mata.

Oleh karena itu, agar terhindar dari tren kecantikan berbahaya satu ini, pilihlah tempat Eyelash Extension yang terpercaya dan berkualitas baik. Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah tanpa tahu bahan apa saja yang mereka gunakan.

7. Kepang Tenun

tren kecantikan berbahaya

(Photo by @EzekixlAkinnewu via Pexels)

Kepang tenun merupakan salah satu tren model rambut yang sangat populer di komunitas Afrika-Amerika. Meski unik dan populer seperti tren reggae, ternyata model rambut ini berbahaya bagi kesehatan rambutmu, lho.

Tren kecantikan berbahaya satu ini dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah hingga permanen, yang bisa menyebar ke seluruh kulit kepala. Sebab, kebiasaan mengepang rambut atau mengikatnya terlalu kuat dapat membebani dan mengganggu akar rambut, sehingga membuat rambut mudah rontok.

Jika rambutmu tidak terlalu kuat atau kamu tidak terlalu pandai merawat rambut, sebaiknya hindari tren kecantikan berbahaya satu ini, ya. Selain itu, janganlah terlalu sering mengikat atau mengepang rambutmu terlalu kuat. Biarkan saja rambut indahmu tergerai! 😉

Pasti happy menginap di Bobobox!

Selain prosedur kecantikan, banyak cara yang juga bisa bikin kita terlihat cantik dan awet muda, lho. Salah satunya adalah dengan liburan dan menjaga hati kita selalu bahagia.

Kalau kamu bingung harus nginap di mana saat liburan, berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Konsepnya yang unik juga bisa kamu jadikan sebagai spot foto dan selfie yang menarik, lho.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama menginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like