Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Merawat Ikan Cupang Agar Panjang Umur dan Cantik Ekornya

Jangan bingung! Yuk ikuti tips merawat ikan cupang ini gar kamu tak salah langkah!

Tips merawat ikan cupang berikut inibisa jadi referensi bagi kamu yang baru saja akan memulai merawat ikan cupang sendiri di rumah. Merawat ikan cupang sebenarnya terbilang mudah dan simpel. Namun merawat ikan cupang membutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan agar ikan cupang kamu dapat berumur panjang dan terjaga kecantikannya. Merawat ikan cupang kembali menjadi tren di tengah pandemi Covid-19.

Banyak orang ramai mencari kesibukan dan hobi untuk mengisi kekosangan waktu dan membunuh kebosanan dengan hobi baru. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang tak hanya mudah dirawat tapi juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan tak memakan banyak tempat. Pensaran seperti apa sajakah tips merawat ikan cupang yang tepat? Yuk simak 7 tips merawat ikan cupang berikut ini!

1. Tips Merawat Ikan Cupang: Ganti Air Dua Hari Sekali

Tips merawat ikan cupang yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan air akuarium dengan baik. Tips merawat ikan cupang ini bisa dibilang menjadi hal penting untuk menjaga keindahan ikan cupangmu, lho! Oleh karena itu penting bagi kamu untuk secara rutin mengganti air dalam akuarium beberapa hari sekali. Tips merawat ikan cupang ini dapat kamu lakukan dengan mengganti airnya sebanyak dua hari sekali.

Hal ini dilakukan karena kualitas air sangat memengaruhi kesehatan ekor cupang. Jika kamu ingin buntut dan sirip ikan cupang milik kamu tetap cantik, jangan lupa untuk selalu mengganti airnya setiap beberapa hari sekali. Tips merawat ikan cupang ini bisa kamu terapkan dengan mengganti seluruh atau setengah air yang ada.

2. Tips Merawat Ikan Cupang: Pindahkan Ikan Cupang Tanpa Menyentuhnya

Saat kamu akan mengganti air dalam aquarium ikan cupang kamu harus hati-harti dalam memindahkannya. Hal ini dikarenakan ikan cupang punya fisik yang mudah rusak. Memindahkan ikan cupang bersamaan dengan sedikit air juga akan mengurangi risiko sirip atau ekor yang rusak atau patah saat tersentuh.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Cupang Paling Unik Versi Bob

3. Tips Merawat Ikan Cupang: Beri Pakan Hidup Dibanding Pakan Kering

Faktanya memberikan ikan cupang pakanan hidup seperti jentik nyamuk, ulat, cacing, atau kutu air jauh lebih baik untuk menjaga kesehatannya, lho! Sebagus-bagusnya pelet, tak akan pernah lebih bagus daripada pakan hidup. Kamu tentunya ingin memberi gizi terbaik untuk ikan cupang kesayangan kamu, bukan?

4. Tips Merawat Ikan Cupang: Beri Daun Ketapang Kering Dalam Air Sebagai Antibiotik

Tips Merawat Ikan Cupang

Jika kamu melihat sirip atau ekor ikan cupang milik kamu terluka kamu tak perlu khawatir. Tenang, kamu bisa dengan mudah mengobati sirip atau ekor ikan cupang yang terluka tersebut dengan memberika daun ketapang kering pada airnya. Faktanya daun ketapang adalah antibiotik alami bagi ikan cupang. Tips merawat ikan cupang ini akan membantu ph dalam air akan lebih optimal dan bagus untuk pemulihan ikan cupangmu.

Jangan lupa untuk memberikan daun ketapang kering supaya ikan cupang kamu sehat. Kamu bisa membeli daun ini di toko ikan hias, di komunitas penghobi betta fish. Umumnya, air yang diberi daun ketapang akan menjadi kekuningan. Oleh karena itu kamu tak perlu panik ya. Air kekuningan ini bukan berarti airnya kotor.

Baca Juga: Ingin Pelihara Ikan Cupang? Ikuti Tips Agar Ikan Cupang Selalu Sehat dan Cantik Berikut Ini!

5. Tips Merawat Ikan Cupang: Beri Garam Khusus Ikan Hias Dalam Airnya

Tips merawat ikan cupang berikutnya adalah dengan memberi garam dalam air aquarium ikan cupang. Hati-hati, garam yang dimaksud bukan garam dapur yang biasa kamu gunakan untuk memasak, ya. Garam ini adalah garam khusus untuk ikan hias yang fungsinya untuk menyeimbangkan osmosis dalam tubuh ikan cupang. Tips merawat ikan cupang ini membantu penyembuhan luka dan menstabilkan metabolisme tubuh ikan cupangmu.

Perlu untuk kamu ingat agar tidak terlalu banyak menaburkan garam pada air di aquarium ikan cupangmu! Kamu cukup menaburkan garam sebanyak 0,1% dari keseluruhan air dalam akuarium. Jika pemberian garam ini dimaksudkan hanya untuk sekadar memperbagus sirip, maka kamu hanya memerlukan garam saja cukup kok.

6. Tips Merawat Ikan Cupang: Beri Metil Biru Saat Ekor atau Sirip Ikan Cupang Patah

Patahnya sirip atau ekor ikan cupang pasti membuat kita panik! Tapi tenang saja, kamu bisa membantu proses penumbuhan kembali ekor atau sirip ikan cupangmu jadi lebih cepat, kok! Tips merawat ikan cupang ini bisa kamu lakukan dengan memberikan metil biru secukupnya pada air akuarium. Hasilnya, proses pemulihan ikan cupangmu bisa berlangsung lebih cepat bahkan kurang dari satu minggu tergantung dari tingkat kerusakannya.

7. Tips Merawat Ikan Cupang: Cara Mengobati Ikan Cupang yang Lemas atau Sakit

Jika kamu melihat ikan cupang kamu terlihat lemas dan sakit kamu bisa coba tips merawat ikan cupang yang satu ini. Ikan cupang yang lemas yang tak berenang lincah seperti biasanya bisa jadi menandakan bahwa dia sakit. Untuk mengatasi dan merawatnya kamu cukup memberikan beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, obat tetra clor, dan pomate secukupnya pada air akuarium. Terakhir aduk hingga rata dan masukkan ikan cupang ke dalam air yang sudah diberi obat di atas.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like