Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Tips Kesehatan Menyiasati Insomnia

Tips kesehatan untuk tidur yang lebih nyenyak

Insomnia bisa mengganggu pola tidur dan kesehatan. Kalau kamu mengalami insomnia, tips kesehatan menyiasati insomnia ini bisa berguna buat kamu. Kira-kira apa saja ya tips kesehatan menyiasati insomnia? Simak terus di sini!

Apa itu insomnia?

Insomnia merupakan kondisi di mana kamu memiliki kesulitan untuk mulai tidur dan tetap tertidur. Biasanya, orang-orang yang mengidap insomnia merasa tidak puas dengan kualitas dan durasi tidur mereka.

Ciri-ciri jika kamu mengalami insomnia adalah di antaranya kelelahan, tidak bertenaga, sulit berkonsentrasi, suasana hati mudah berubah, dan tidak produktif.

Setidaknya ada dua jenis orang yang mengidap insomnia. Yang pertama adalah insomnia akut. Kondisi ini biasanya hanya terjadi sebentar saja dan disebabkan oleh keadaan tertentu seperti gelisah, stres, dan sebagainya.

Di sisi lain, ada juga yang disebut insomnia kronis. Kondisi ini lebih parah jika dibandingkan dengan insomnia akut di mana insomnia kronis terjadi setidaknya tiga kali dalam seminggu. Hal-hal yang menyebabkan insomnia kronis di antaranya adalah perubahan lingkungan, kebiasaan tidur yang tidak sehat, jadwal kerja, dan kondisi medis lainnya.

Ada beberapa tips kesehatan untuk menyiasati insomnia yang bisa diterapkan seperti penanganan behavioral, psikologis, dan medis.

Orang yang mengalami insomnia akut biasanya tidak perlu penanganan serius dan akan hilang dengan sendirinya. Di sisi lain, jika kamu mengalami insomnia kronis, jangan sungkan untuk bertanya pada ahlinya supaya kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips kesehatan 1: Rutinkan bangun pagi setiap harinya

tips kesehatan
Photo by bruce mars on Unsplash

Bangun siang mungkin terdengar sangat menggoda. Terutama saat akhir pekan atau jika kamu tidak memiliki kegiatan. Akan tetapi, jika kamu mengalami insomnia kamu harus berusaha untuk bangun pagi setiap harinya.

Tips kesehatan menyiasati insomnia ini berfungsi untuk melatih badanmu dengan jadwal tidur yang konsisten. Mungkin di awal akan terasa berat namun jika sudah terbiasa kamu akan bisa pergi tidur lebih awal.

Jangan lupa kurangi juga konsumsi kafein. Minum kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya tidaklah dilarang namun batasi asupan dan jamnya. Kafein bisa bertahan selama 24 jam setelah dikonsumi. Maka dari itu, jika kamu mengonsumsi kafein sore atau malam hari bisa saja ini berefek pada pola tidur kamu.

Tips kesehatan 2: Rutin berolahraga

tips kesehatan
Photo by Kolar.io on Unsplash

Tips kesehatan untuk menyiasati insomnia berikutnya adalah rutinkan berolahraga. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Tubuh yang aktif mengharuskan kamu untuk mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga membantu kamu untuk merasa lelah. Rasa lelah ini bisa membantu kamu lebih cepat ingin pergi tidur.

Akan tetapi, hindari berolahraga sesaat sebelum tidur karena berolahraga sebelum tidur dapat menstimulasi tubuh untuk lebih aktif. Alhasil, bukannya lebih cepat tidur, tubuh kamu malah jadi segar kembali. Setidaknya berikan jarak sekitar tiga jam untuk berolahraga sebelum kamu memutuskan untuk pergi tidur.

Tips kesehatan 3: Biarkan otakmu beristirahat

tips kesehatan
Photo by Matheus Vinicius on Unsplash

Supaya kamu bisa pergi tidur lebih cepat tips kesehatan menyiasati insomnia berikutnya yaitu kamu harus membiarkan otakmu beristirahat.

Kurangi aktivitas sebelum tidur seperti bermain telepon genggam atau kegiatan lain yang membutuhkan otak untuk terus bekerja. Jika demikian, sinyal yang diterima oleh otak adalah ia harus tetap aktif dan bukan sebaliknya.

Terlalu banyak pikiran juga mempengaruhi kerja otak sebelum tidur. Terkadang kita memikirkan soal masalah yang belum terselesaikan atau asyiknya kegiatan yang akan dilakukan besok sebelum tidur.

Berkontemplasi sebelum tidur memang hal yang baik namun akan lebih baik jika dilakukan beberapa saat sebelum jam tidur yang sudah kamu tetapkan.

Inti dari tips kesehatan menyiasati insomnia ini adalah untuk meluangkan waktu untuk masalah-masalah tersebut. Jangan bawa pikiran tersebut sesaat setelah kamu memejamkan mata.

Di sisi lain, ada juga kegiatan sebelum tidur yang bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat. Di antaranya adalah membaca buku dan mendengarkan suara yang menenangkan seperti bunyi air, kicau burung, dan lain sebagainya.

Tips kesehatan 4: Buatlah kamar tidurmu senyaman mungkin

tips kesehatan
Photo by Jp Valery on Unsplash

Kamar tidur yang nyaman bisa memberikan ketenangan sehingga kamu bisa tidur lebih cepat. Tips kesehatan menyiasati insomnia ini bisa kamu lakukan dengan cara mengatur temperatur ruangan, pencahayaan, dan bunyi-bunyian.

Mata akan menangkap cahaya dan terus bekerja. Oleh karena itu, usahakan matikan lampu dan buat kamar tidurmu segelap mungkin agar matamu bisa beristirahat. Untuk suhu ruangan, kamar yang sejuk—tidak panas maupun terlalu dingin—bisa membantu tubuh untuk lebih cepat terlelap.

Tips kesehatan 5: Jangan makan atau minum sebelum tidur

tips kesehatan
Photo by Handy Wicaksono on Unsplash

Tiga jam adalah batas waktu yang disarankan antara makan dan tidur. Perhatikan tips kesehatan ini karena jika kamu langsung pergi tidur setelah makan, sistem pencernaan tubuhmu akan terus bekerja sehingga beresiko terkena GERD (gastroesophageal reflux disease).

Keadaan perut yang tidak nyaman bisa membuatmu sulit untuk pergi tidur. Selain itu, minum air terlalu banyak juga bisa membuat kamu untuk pergi ke kamar kecil terlalu sering di tengah-tengah tidur sehingga pola tidur kamu akan terganggu.

Tips kesehatan 6: Coba terapi relaksasi

tips kesehatan
Photo by Konstantin Dyadyun on Unsplash

Tips kesehatan menyiasati insomnia selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah terapi relaksasi. Ada banyak jenis dari terapi ini seperti relaksasi otot dengan suara, teknik pernapasan, penggambaran, meditasi dan biofeedback.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan terapi kognitif. Terapi kognitif adalah program terstruktur yang membantu kamu untuk mengidentifikasi dan membuang pikiran negatif yang menyebabkan pola tidur yang buruk.

Tips kesehatan 7: Buat waktu tidur yang teratur

tips kesehatan
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Pada umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam per hari. Kamu bisa mengatur waktu tidur kamu dengan menyesuaikannya dengan waktu kamu berkegiatan di pagi hari atau waktu produktif kamu.

Beberapa orang ada yang lebih produktif di pagi hari dan ada juga yang lebih produktif di malam hari. Meskipun begitu, cobalah untuk pergi tidur sebelum dini hari. Pukul delapan hingga dua belas malam dinilai merupakan waktu yang pas yang bisa dijadikan acuan untuk tidur.

Setelah itu, cobalah untuk melakukannya dengan rutin dan konsisten. Tips kesehatan menyiasati insomnia ini juga akan berpengaruh kepada tips kesehatan pertama yang disebutkan sebelumnya yaitu mengatur waktu bangun.

Bobobox, hotel kapsul pilihan kamu

bobobox

Salah satu tips kesehatany menyiasati insomnia adalah dengan suasana tidur yang nyaman. Jika kamu tidak bisa menemukannya di rumah, cobain deh sesekali menginap di Bobobox. Desain kamarnya modern dan nyaman untuk digunakan istirahat.

Untuk memesan kamar, kamu bisa melakukannya lewat situs atau aplikasi Bobobox. Aplikasi ini juga berfungsi sebagai kunci kamar berbasis QR code dan pengatur lampu led.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.