Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Jalan-Jalan Seru dan Hemat di Jakarta? Simak 7 Tipsnya berikut ini

Ingin jalan-jalan di Jakarta tapi dengan budget yang minim? Bisa kok! Kamu tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk merasakan jalan-jalan yang seru sebab Jakarta punya banyak wisata menarik yang ramah di kantong. Nah, untuk kamu yang akan menghabiskan akhir pekan dengan jalan-jalan di Jakarta, simak yuk tips jalan-jalan di Jakarta dari Bob berikut ini agar jalan-jalan kamu tetap seru meskipun dengan biaya yang terbatas!

1. Pilih destinasi wisata yang murah

Meskipun dikenal sebagai ‘kota seribu mal’ dengan gaya hidup kaum jetset-nya, ternyata Jakarta juga punya tempat-tempat wisata menarik yang murah, lho! Selain mal, Jakarta punya beberapa spot wisata patut kamu kunjungi berikut ini:

Monumen Nasional

Siapa sih yang tak kenal dengan landscape yang satu ini? Monumen Nasional atau yang biasa disebut dengan Monas merupakan salah satu monumen simbolis yang paling dikenal di Indonesia. Monas dibangun dengan tinggi 132 meter dan didirikan untuk mengenang perlawanan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari kolonial Belanda. Itulah mengapa banyak orang yang memanfaatkan Monas sebagai wisata sejarah dan edukasi.

Terdapat beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi selama berada di Monas. Dibagian dasar Monas misalnya, kamu bisa melihat 51 diorama sejarah Indonesia dari mulai zaman pra-sejarah kerajaan Sriwijaya hingga Indonesia merdeka di Museum Sejarah Nasional Indonesia. Spot lain yang bisa kamu datangi adalah Ruang Kemerdekaan yang berada di bagian dalam cawan monumen. Semua simbol kenegaraan bisa dengan mudah kamu temui di ruangan ini, mulai dari naskah proklamasi, bendera merah putih dan lain sebagainya. Sedangkan, bagian puncak pelataran Monas selalu memiliki antrian yang cukup panjang diantara spot lainnya, sebab di puncak ini, kamu bisa melihat landscape kota Jakarta dari ketinggian dengan menggunakan teropong yang telah disediakan.

Selain dalam Tugu Monas, wilayah disekitaran Monas juga bisa jadi tempat jalan-jalan asyik selanjutnya. Taman yang hijau bisa menjadi tempat singgah yang sejuk saat kamu merasa kelelahan setelah jalan-jalan. Sempatkan untuk ke Monas pada malam hari ya, jika kamu ingin melihat air mancur warna-warni yang menghiasi Tugu.

Kawasan Kota Tua

Bagi wisatawan, Kota Tua adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat datang ke Jakarta. Kota Tua atau yang dikenal dengan sebutan “Old Batavia” merupakan kawasan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih kokoh berdiri dengan suasana khas Jakarta tempo dulu sebelum kota ini berubah menjadi metropolitan yang dihiasi gedung-gedung modern pencakar langit.

Saat berada di kawasan ini, kamu bisa melihat beberapa tempat yang menjadi saksi sejarah dan peradaban kota Jakarta. Ada Museum Fatahillah yang dulunya adalah Balai Kota Batavia, Museum Bank Indonesia yang pada awalnya bernama De Javasche Bank, hingga Pelabuhan Sunda Kelapa yang dulu merupakan pusat perdagangan Batavia. Agar suasana vintage-nya semakin terasa, kamu bisa menggunakan sepeda onthel saat berkeliling yang disewakan di sekitar kawasan.

Taman Mini Indonesia Indah

Setelah berdiri hampir setengah abad, Taman Mini Indonesia Indah nampaknya masih menjadi destinasi wisata favorit di Jakarta. Tidak hanya sekadar untuk rekreasi, pengunjung juga bisa menambah wawasan nusantara mulai dari adat istiadat, budaya, flora dan fauna, dan masih banyak lagi.

Di Taman Mini Indonesia Indah, kamu bisa melihat miniatur gugusan pulau-pulau di Indonesia. Tempat ini juga punya 36 anjungan rumah adat dari seluruh wilayah Indonesia, bangunan-bangunan keagamaan, 10 taman yang berisi flora dan fauna khas Indonesia, dan 16 museum yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menambah wawasan nusantaramu. Selain itu, jangan lupa untuk menikmati film edukasi 4D di Teater IMAX Keong Mas-nya yang terkenal ya!

3. Naik transportasi umum

Menggunakan kendaraan pribadi memang tak ada salahnya saat berjalan-jalan di Jakarta, namun mengingat Jakarta selalu macet, waktumu tidak akan efektif kalau hanya dihabiskan untuk bermacet-macetan saja. Oleh karena itu, Bob merekomendasikan kamu untuk lebih baik menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Jika kamu berpikir bahwa kendaraan umum tidak nyaman untuk bepergian, kamu salah besar. Saat ini kendaraan umum sengaja didesain sedemikian rupa untuk menunjang kenyamanan penumpang. Nah, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan saat jalan-jalan di Jakarta, lho!

Transjakarta

Hanya dnegan membayar Rp3.500 kamu sudah bisa menggunakan sarana transportasi anti macet ini. Kamu bisa keliling seluruh kota Jakarta dengan menggunakan busway, lho! Yups, Transjakarta menyediakan koridor bus ke berbagai wilayah di Ibu Kota. Kalau kamu takut nyasar, tinggal tanya saja petugas halte yang siap membantumu.

Kereta Api Commuter Line

KA Commuter Line wajib dijadikan sebagai sarana trasnportasi buat kamu, terutama untuk kamu yang tinggal di kota-kota sekitaran Jakarta. Kamu bisa menikmati fasilitas KA Commuter Line untuk berkeliling kota Jakarta bahkan sampai ke Bogor dengan harga yang murah.

Moda Raya Transportasi (MRT)

Sarana trasnportasi yang baru diresmikan pada tanggal 24 Maret 2019 ini langsung mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Bagaimana tidak, transportasi ini memberikan mobilitas yang tinggi bagi warganya sehingga pergi kemanapun akan lebih efisien. Nah, agar jalan-jalan kamu bebas dari macet, pilihlah MRT sebagai sarana trasnportasinya. Selain hemat dalam hal waktu dan uang, MRT juga sangat nyaman.

Bajaj

Berkeliling kota Jakarta dengan menaiki transportasi tradisional khas ini sayang sekali untuk dilewatkan. Berkendara dengan bajaj akan memberikan kesan tersendiri dalam perjalananmu. Bentuknya yang unik layaknya gabungan antara mobil dan motor menjadi ciri khas trasnportasi ini. Tak heran jika bajaj masih menjadi alternative kendaraan umum masyarakat dan masih terpajang dihampir semua sudut kota Jakarta.

3. Pakai baju yang nyaman

Penampilan memang sangat penting untuk diperhatikan saat berjalan-jalan, terutama untuk kamu yang hobi foto pasti ingin mendapatkan hasil foto yang bagus dengan baju a la outfit of the day (OOTD) yang bagus pula. Tetapi, yang harus diperhatikan juga kenyamanan yang kamu dapat saat memakai baju. Pastikan baju yang kamu kenakan selain kece tetapi juga nyaman dikenakan ya!

4. Membawa kipas

Selain macet, Jakarta terkenal dengan udaranya yang panas. Warga ibu kota pasti sudah tak asing dengan hawa panas Jakarta. Nah, untuk kamu yang tidak bermukim di kota ini dan belum terbiasa dengan suasananya. Udara yang panas jangan sampai mengurungkan niat jalan-jalan kamu ya karena kamu bisa mengakalinya dengan membawa kipas kecil atau kipas elektronik berukuran kecil yang saat ini sedang tren dipakai kaum milenial. Nah, dengan bantuan kipas tersebut, aktivitas jalan-jalanmu tak akan terganggu akibat udara yang panas deh.

5. Membawa uang secukupnya

Salah satu cara menyiasati jalan-jalan hemat adalah dengan membawa uang secukupnya. Kamu tidak perlu membawa uang terlalu banyak, apalagi dalam pecahan yang besar. Cukup mencadangkan anggaran untuk tiket wisata, makan, dan kendaraan saja atau jika kamu ingin membeli oleh-oleh kamu juga bisa menambahkan anggaran lebih.

6. Berwisata kuliner khas Jakarta yang murah

Jalan-jalan di Jakarta kurang lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya. Selain kafe dan restoran bintang lima, Jakarta juga merupakan rumah bagi kuliner murah yang memiliki cita rasa yang tak kalah enaknya dengan makanan yang mahal. Berikut ini adalah tempat makan murah yang bisa kamu coba:

Ketoprak Ciragil

Berbicara mengenai kuliner Jakarta, ketoprak wajib menjadi salah satu bucket list kamu. Salah satu ketoprak yang harus kamu coba adalah Ketoprak Ciragil. Ketoprak ini diebut-sebut menjadi salah satu warung makan legendaris di Jakata. Dipatok dengan harga mulai dari 18 ribuan – 25 ribuan, kamu sudah bisa menikmati cita rasa terbaik kuliner Jakarta yang satu ini.

Gado-gado Bon-Bin

Selain ketoprak, gado-gado juga merupakan makanan khas Jakarta lainnya yang banyak digandrungi. Dari sekian banyak pilihan yang ada, gado-gado Bon-Bin adalah juaranya. Saking enaknya cita rasa gado-gado ini, banyak orang yang menjadi pelanggan setianya, konon katanya Alm. Presiden Gus Dur adalah salah satu pelanggan setianya lho! Warung gado-gado yang berlokasi di Jl. Cikini IV no. 5 ini wajib sekali kamu kunjungi saat berada di Jakarta.

Soto Betawi H. Ma’ruf

Terletak di Jalan Cikini Raya No. 73, soto Betawi H. Ma’ruf merupakan tempat makan yang cukup legendaris dikalangan pecinta kuliner Jakarta. Rasa sotonya yang cukup lezat mampu menghipnotis banyak orang. Selain soto, menu andalan lain yang bisa kamu coba adlah laksa dan sate Betawi yang dibanderol dengan kisaran harga 30 ribu sampai dengan 50 ribuan.

7. Dokumentasikan perjalanan

Buat kamu yang hobi mengambil foto dan membagikannya di media social seperti instagram, jalan-jalan ke Jakarta kali ini juga patut diabadikan. Dokumentasikanlah perjalanan kamu saat jalan-jalan di Jakarta dan bagikan keseruannya di media sosial.

Nah itulah beberapa tips jalan-jalan di Jakarta agar liburan kamu seru tetapi super hemat. Sekarang sudah tahu kan, Jakarta bukan hanya ‘kota seribu mal’ saja. Banyak sudut-sudut kota Jakarta yang bisa kamu jelajahi, meski dengan budget yang minim dengan mengikuti tips yang diberikan oleh Bob!

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...