Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Coba 7 Tips Ampuh Berikut untuk Berhenti Merokok

Tidak ada yang mustahil jika kamu mau mencoba!

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dapat membawa berbagai masalah kesehatan bagi tubuh. Sayangnya, berhenti merokok terkadang memang dirasa sangat sulit untuk dilakukan bagi mereka para perokok, terutama perokok berat. Sebab, nikotin di dalamnya mampu memberi efek kecanduan yang cukup kuat. Namun, bukan berarti lepas dari rokok adalah hal yang mustahil! Berikut beberapa tips berhenti merokok yang bisa kamu coba.

1. Buatlah Daftar Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Merokok

Sebelum melakukan sederet tips yang mungkin akan dirasa cukup sulit untuk dilakukan, ada baiknya jika kamu mulai terlebih dahulu dengan tips berhenti merokok yang paling mudah, yakni membuat daftar alasan apa saja yang mengharuskan kamu berhenti merokok sekarang juga.

Tips berhenti merokok

(Photo by @ElijahO’Donnell from Pexels)

Dengan melakukan tips berhenti merokok yang satu ini, kamu tentunya akan lebih merasa yakin dan termotivasi untuk segera menghentikan kebiasaan burukmu tersebut. Ingatlah selalu daftar alasan tersebut kapanpun datang kesempatan untuk merokok. Tak lupa, mulailah untuk menyingkirkan semua barang-barang yang bisa mengingatkanmu pada rokok, misalnya seperti korek dan asbak.

Selain membuat daftar alasannya, perkirakan juga kapan waktu yang tepat untuk segera berhenti merokok. Lakukan sesegera mungkin, dan jangan ditunda lagi!

2. Berolahraga dan Makan Makanan Sehat

Berolahraga merupakan salah satu tips berhenti merokok yang dapat sangat membantu kamu untuk berhenti dari kebiasaan tidak sehat ini. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar. Dengan begitu, tubuhmu akan berusaha menolak jika ada “racun” yang hendak masuk.

Tips berhenti merokok

(Photo by @EllaOlsson from Pexels)

Tak hanya membuat tubuh selalu fit, berolahraga juga ternyata mampu membantu mengurangi kecanduan akan nikotin. Maka dari itu, cobalah untuk mengalihkan keinginan merokokmu pada kegiatan bermanfaat yakni berolahraga. Kamu bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan santai, jogging, dan lain-lain.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang juga merupakan salah satu tips berhenti merokok yang wajib dibarengi dengan olahraga. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa dengan mengonsumsi makanan sehat, maka hasrat untuk kembali merokok dapat diredam.

BACA JUGA: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur Yang Wajib Kamu Lakukan

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat juga dapat membantu mengembalikan selera makan yang terganggu akibat rokok. Bukan rahasia umum jika perokok aktif biasanya kurang berselera makan dan terkadang lebih memilih untuk ngopi dan merokok saja.

Hal tersebut dikarenakan oleh nikotin yang terkandung di dalam rokok ternyata dapat membuat sensitivitas indra penciuman dan indra perasa menjadi berkurang. Untuk itu, konsumsilah selalu makanan sehat dan bergizi seimbang untuk mengembalikan serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang sempat hilang saat kecanduan merokok.

3. Menghindari Pemicu Keinginan untuk Terus Merokok

Selain mengalihkan perhatian untuk merokok dengan berolahraga, menghindari pemicu yang membuatmu ingin terus merokok juga merupakan salah satu tips berhenti merokok yang wajib kamu lakukan. Ada beberapa kebiasaan atau faktor yang biasanya memicu kamu untuk kembali merokok, misalnya seperti meminum minuman beralkohol atau kopi.

BACA JUGA: Suka Meminum Kopi? Hati-Hati! Ini Dia Bahaya Kafein Jika Dikonsumsi Terlalu Sering!

Selain itu, para perokok umumnya akan merasa sangat “perlu” atau ingin merokok setelah makan. Hal tersebut biasanya dipicu oleh faktor kebiasaan yang membuat mereka merasa tidak nyaman di mulut jika tidak merokok setelah makan. Kamu bisa mengganti kebiasaan ini dengan cara lain seperti mengunyah permen karet, menggosok gigi, atau bahkan mengonsumsi camilan.

Tak hanya saat sedang ngopi atau sehabis makan saja, ada pula beberapa perokok yang hobi menghisap rokoknya saat sedang gabut alias nggak ada kegiatan. Oleh karena itu, cobalah sibukkan dirimu dengan berbagai kegiatan bermanfaat. Tips berhenti merokok ini diyakini bisa membantu mengalihkan fokusmu dari rokok.

4. Mengelola Stress

Stress ternyata bisa menjadi salah satu alasan yang memicu seseorang untuk merokok. Para perokok beranggapan bahwa dengan merokok maka pikiran mereka akan bisa menjadi lebih tenang. Sensasi tersebut tentu saja dihasilkan oleh efek relaksasi dari nikotin yang terkandung di dalam rokok.

Namun, ternyata terdapat beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa kecanduan merokok justru akan membuat seseorang lebih mudah stress. Oleh karena itu, mengelola stress merupakan salah satu tips berhenti merokok yang juga wajib kamu lakukan.

Tips berhenti merokok

(Photo by @AndreaPiacquadio from Pexels)

Banyak hal yang bisa kamu mulai lakukan untuk menjalani tips berhenti merokok yang satu ini. Misalnya, kamu bisa melakukan hobi atau kegiatan apapun yang bisa menenangkan pikiranmu, serta membuatmu merasa senang.

Bermain musik, menonton film favorit, atau bahkan melakukan meditasi merupakan beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari stress. Sebisa mungkin, jauhilah segala hal maupun situasi yang bisa memicu stress-mu.

BACA JUGA: 8 Starter Pack Anti Stress Berikut Ini Bantu Pikiranmu Lebih Tenang

Selain itu, stress juga rentan menyerang mereka yang kurang tidur. Maka, sebaiknya jagalah pola tidur teratur dan pastikan kamu beristirahat dengan cukup, yakni dengan tidur minimal 7-8 jam setiap malam. Tips berhenti merokok yang satu ini dijamin ampuh membuat pola hidupmu menjadi lebih sehat.

5. Menjalani Terapi, Hipnoterapi, dan Konseling

Mungkin tips berhenti merokok yang satu ini terbilang jarang dilakukan oleh mereka para pecandu rokok. Namun, jika kamu memang merasa butuh bantuan para ahli untuk dapat menghilangkan kebiasaan buruk satu ini, maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba tips berhenti merokok berikut ini, yaitu menjalani terapi, hipnoterapi, atau konseling.

Biasanya, para perokok berat akan disarankan untuk melakukan terapi pengganti nikotin yang bertujuan untuk mengatasi rasa frustasi dan meredakan efek dari gejala putus nikotin saat tubuh kekurangan nikotin secara drastis ketika tiba-tiba berhenti merokok. Gejala putus nikotin (nicotine withdrawal) ini kerap ditandai dengan rasa nyeri, sakit kepala, mual, batuk-batuk, gelisah, serta emosi tidak stabil. Namun tak perlu khawatir, sebab gejala tersebut akan berangsur menghilang dalam beberapa hari.

Selain terapi pengganti nikotin, kamu juga bisa mencoba tips berhenti merokok lainnya yaitu metode hipnoterapi. Meskipun belum diketahui pasti apakah tips berhenti merokok yang satu ini benar-benar efektif atau tidak, namun nyatanya metode hipnoterapi ini memberikan manfaat dan efek yang nyata bagi sebagian orang.

Terakhir, kamu juga bisa mencoba menjalani konseling dengan psikolog atau konselor. Tips berhenti merokok ini bertujuan untuk menggali lebih jauh serta mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat memicu kebiasaan merokokmu tersebut. Sehingga, akan lebih mudah untuk menentukan solusi dan strategi pengobatan untuk masalah kecanduan rokok tersebut. Bila perlu, dokter juga akan meresepkan sejumlah obat-obatan untuk mendukung berjalannya program berhenti merokok tersebut secara efektif.

6. Hindari Berkumpul dengan Para Perokok

Tips berhenti merokok selanjutnya adalah dengan menghindari berkumpul dengan para perokok. Sebab, berada di lingkungan perokok dikhawatirkan akan dengan mudah meruntuhkan tekad berhenti merokok yang telah susah payah dibangun.

Untuk itu, lakukanlah tips berhenti merokok yang satu ini, terutama jika kamu merupakan orang yang mudah tergoda. Sebaiknya, segera menjauhlah saat orang-orang di sekitarmu mulai merokok.

Selain itu, carilah dukungan dari orang-orang terdekatmu. Beri tahu mereka bahwa kamu sedang berusaha untuk lepas dari rokok dan mintalah bantuan kepada mereka untuk tidak lagi menawarimu rokok serta selalu mendukungmu dalam program ini.

7. Terus Motivasi Diri dan Tanamkan Tekad yang Kuat!

Apalah artinya niat jika tidak dibarengi dengan konsistensi dan tekad yang kuat? Maka dari itu, tips berhenti merokok yang terakhir adalah dengan terus memotivasi diri dan menanamkan tekad yang kuat untuk lepas dari rokok!

Tanamkan juga kedisiplinan dalam diri agar kamu tidak mudah tergiur untuk mencoba merokok kembali. Jangan pernah menyerah hanya untuk kenikmatan sesaat. Tanamkanlah dalam benakmu bahwa tidak ada keuntungan dari merokok, yang ada hanya kerugian, bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Stress merupakan salah satu faktor yang bisa membuatmu kecanduan merokok. Maka dari itu, pengelolaan stress merupakan hal yang sangat penting. Ada berbagai cara asik untuk melepas stress, salah satunya adalah dengan staycation!

Bingung pilih hotel yang seru dan nyaman untuk staycation-mu? Tenang, ada Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

You might also like