Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman

Terkadang hidup memang perlu sedikit tantangan

Roda kehidupan memang terus berputar. Kamu bisa berada di titik tertinggi atau terendah dalam hidupmu. Namun, terkadang kamu juga harus menghadapi kondisi yang stagnan. Kondisi ini bisa berupa tinggal bertahun-tahun di kota kelahiran, atau menduduki posisi jabatan tertentu dalam waktu yang lama.

Bisa jadi kondisi tersebut menjadi zona nyamanmu saat ini. Namun, keluar dari zona nyaman juga sangat diperlukan, lho. Nah, seperti apa tanda-tanda kamu harus keluar dari zona nyaman? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bosan dengan keseharianmu

Pada dasarnya, hidup memang tentang mencari kenyamanan. Kenyamanan tersebut bisa ditemukan dengan tinggal bersama orangtua dalam waktu yang lama, atau menduduki posisi jabatan yang kamu impikan. Namun, ada kalanya kenyamanan tersebut membuatmu bosan.

Lebih parahnya lagi, kebosanan tersebut tak lekas hilang dan semakin menjadi dari hari ke hari. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada bagaimana kamu menjalani rutinitas setiap harinya. Jika ini sudah terjadi, ini pertanda kamu harus keluar dari zona nyaman.

Segeralah ambil sikap dan mulai berbenah untuk keluar dari zona nyaman. Jika ragu, tak perlu langsung mengambil tindakan ekstrem dengan meninggalkan rutinitasmu begitu saja. Kamu bisa memulainya dengan merencanakan tentang hal apa yang bisa membuatmu bersemangat kembali.

Langkah yang perlahan namun tetap konsisten akan membantumu untuk beradaptasi dengan zona baru yang telah kamu pilih. Keluar dari zona nyaman memang tidaklah mudah. Namun, dengan tekad yang kuat kamu akan bisa mencapainya cepat atau lambat.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@e_sykes via Unsplash

Tidak merasa bahagia

Ada di posisi yang nyaman namun merasa tak bahagia. Bukankah itu merupakan tanda kamu harus keluar dari zona nyamanmu? Ya, posisi tersebut memang bagus bagi setiap orang, namun jika tak bahagia menjalaninya, untuk apa?

Jadi, carilah kebahagiaanmu dengan mencari zona nyaman yang lain. Lakukan sesuatu, karena dirimu pantas mendapatkan kebahagiaan tersebut. Percayalah, kamu akan menemukan kebahagiaanmu, sekaligus menjadi dirimu yang baru.

Kamu akan lebih senang dan bersyukur, karena kamu telah sampai di titik yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Dengan begitu, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih dewasa dan kuat dari sebelumnya.

Terlalu sering mengeluh

Kamu sudah harus keluar dari zona nyaman jika sudah terlalu sering mengeluh. Ada perbedaan yang kentara ketika kamu mengeluh karena zona yang tak nyaman, atau terhadap zona yang kelewat nyaman. Nah, jika kamu sering mengeluh karena sering merasa bosan, itulah tanda kamu harus keluar dari zona nyaman.

Keluhan ini menandakan bahwa kamu harus mencari hal baru di luar kebiasaanmu. Jangan ragu, mulailah melangkah untuk mencari fase baru dalam hidupmu. Carilah tempat tantangan yang baru, yang sangat berbeda dengan apa yang telah kamu jalani sebelumnya.

Jangan lupa niatkan segalanya untuk kehidupanmu yang lebih baik. Buat kebiasaan baru ini sebagai ruang baru, sehingga kamu tak punya banyak waktu untuk mengeluh. Saat keluhan itu tak lagi ada, perlahan kamu akan menyadari bahwa kamu ada dalam dirimu yang baru.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@benwhitephotography via Unsplash

Memiliki teman dan kenalan yang itu-itu saja

Hidup merupakan serangkaian repetisi dari yang datang dan yang pergi. Begitu pula teman atau kenalan yang ada dalam hidupmu saat ini. Banyak orang yang nyaman dengan lingkaran pertemanan yang relatif kecil. Namun jika kamu ingin berkembang, lingkaran pertemanan yang kecil tak akan cukup.

Jika kamu mulai merasa bahwa teman dan kenalanmu itu-itu saja, saatnya melangkah dan keluarlah dari zona nyaman. Kamu bisa memulainya dengan bergabung dengan komunitas yang mendukung perkembanganmu.

Setelah itu, jangan sia-siakan kesempatan dan bangunlah relasi yang baik. Kamu akan merasa sangat bersemangat karena kamu tidak sendiri. Ada banyak orang yang mendukung perkembanganmu, serta bisa menemanimu melangkah karena tujuan yang sama.

Sering merasa stuck dan sulit mendapat ide baru

Ide dan inspirasi bisa didapatkan dari mana saja. Namun, jika kamu sudah sering merasa stuck, itu merupakan tanda bahwa kamu harus keluar dari zona nyaman. Carilah udara segar, di mana kamu bisa mendapatkan inspirasimu kembali.

Ini berlaku jika jenis pekerjaan yang sedang kamu jalani memerlukan kreatifitas dan ide segar setiap harinya. Tak ada salahnya jika kamu keluar dari zona nyaman barang sejenak untuk menyegarkan pikiranmu. Ide dan inspirasi bisa kamu temukan begitu kamu melangkah sedikit lebih berani di jalan yang berbeda.

Kamu akan menemukan tantangan baru yang bisa memancing gagasan kreatif dalam pikiranmu. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat ketika kembali ke rutinitasmu yang semula karena pikiranmu mendapatkan stimulasi yang baru.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@punttim via Unsplash

Bakat dan kemampuan yang tidak berkembang

Perlu waktu yang tak sebentar untuk membentuk dan mengasah bakat dan kemampuanmu menjadi seperti sekarang. Sangat disayangkan jika bakat dan kemampuan tersebut tidak berkembang karena pekerjaan atau rutinitas yang tak mendukung.

Karenanya, jangan biarkan bakat dan kemampuanmu semakin berkurang dan mulailah keluar dari zona nyaman. Jangan khawatir, mulailah pelan-pelan dan temukan cara yang bisa membuat bakat dan kemampuan tak terbuang sia-sia.

Kamu bahkan perlu melakukan hal lain yang bisa membantumu untuk mengembangkan bakatmu. Bantu niatmu dengan mempertahankan semangat dan percaya diri, sehingga kamu tak takut untuk melangkah. Ingatlah bahwa bakat dan kemampuanmu sangat berharga.

Melakukan hal yang bertentangan dengan kata hatimu

Kamu mungkin nyaman dengan pekerjaan atau rutinitas yang kamu lakukan saat ini. Namun, apakah pekerjaan tersebut bertentangan dengan kata hatimu? Jika jawabannya iya, berarti sudah saatnya kamu keluar dari zona nyamanmu saat ini.

Pekerjaan yang bertentangan dengan kata hatimu tak selamanya salah. Namun, kamu akan merasa lebih tenang jika kamu melakukan hal yang memang sesuai dengan hati nuranimu. Jadi, pikirkan lagi yuk, apakah apa yang kamu kerjakan ini pas dengan kata hatimu atau tidak.

Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman
@tjump via Unsplash

Itulah 7 tanda bahwa kamu harus mulai keluar dari zona nyaman. Sudah siap keluar dari zona nyamanmu?

Masih butuh hiburan? Staycation di Bobobox saja!

Keluar dari zona nyamanmu pastilah melelahkan. Namun tenang saja, kamu bisa mengistirahatkan badan dan pikiranmu dengan staycation di Bobobox! Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik.

Kamu bisa banget merehatkan badan dan pikiran di Bobobox ketika merasa sumpek di rumah saja. Fasilitas dalam podnya pun beragam, mulai dari warna lampu LED yang bisa kamu atur sendiri, atau audio yang bisa dihubungkan dengan smartphone-mu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Klik di sini untuk memulai virtual tour-nya, ya. Kalau sudah virtual tour, yuk, pesan kamar di aplikasi sekarang!

You might also like